Sebutkan Langkah Langkah Musikalisasi Puisi yang Benar!

Sebutkan Langkah Langkah Musikalisasi Puisi yang Benar

Sebutkan langkah langkah musikalisasi puisi yang benar! Musikalisasi adalah sebuah tehnik membacakan puisi yang diiringi oleh musik. Dalam proses pembuatannya tidak bisa dilakukan secara asal-asalan.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membua musikalisasi puisi. Kamu akan temukan langkah-langkah dan penjeasan lengkapnya di artikel ini.

Apa Itu Musikalisasi Puisi?

Sebelum beranjak memahami langkah-langkah musikalisasi puisi alangkah baiknya kita memahami musikalisasi itu apa.

Musikalisasi puisi merupakan proses mengubah puisi menjadi lagu, dan menjadikan puisi dalam bentuk musik yang sesuai dengan jiwa puisi demikian antara musik dan puisi haruslah memiliki kesatuan dan keselarasan.

Sehingga apa yang terkandung dalam puisi tetap utuh namun dalam mengubah puisi menjadi sebuah musik harus memperhatikan suasana yang terkandung dalam puisi tersebut.

Agar lebih paham mari kita simak penjelasan musikalisasi secara umum atau ahli di bawah ini.

1. Pengertian Musikalisasi Puisi Secara Umum

Secara umum musikalisasi puisi adalah sarana mengkomunikasikan puisi kepada apresian, melalui persembahan musik (nada, irama, lagu atau nyanyian).

Atau bisa dikatakan musikalisasi puisi merupakan upaya memusikan puisi atau menggabungkan antara seni baca puisi dan seni musik.

2. Pengertian Musikalisasi Puisi Menurut Para Ahli

Adapun berikut ini pengertian musikalisasi menurut para ahli, diantaranya adalah:

2.1. Menurut Hamdy Salad

Musikalisasi puisi adalah upaya untuk menyampaikan pesan-pesan puisi kepada audiens melalui musik.

2.2. Menurut Mukh Doyin

Musikalisasi puisi dapat dikatakan sebagai bentuk memusikan atau melagukan puisi.

2.3. Menurut Danardana

Mengemukakan pendapatnya sebagai berikut: musikalisasi puisi pada hakikatnya adalah kolaborasi apresiasi seni , antara musik, puisi, dan pentas.

Melalui musikalisasi puisi, seseorang tidak hanya mendapat kesempatan mengapresiasi puisi dan musik. Tetapi juga mendapat kesempatan mengekpresikan apresiasinya itu di depan khalayak.

Baca juga: Perbedaan Syair dan Seloka

Langkah Langkah Musikalisasi Puisi yang Baik & Benar

Setelah mengetahui dan memahami pengertian musikalisasi puisi baik secara umum maupun para ahli berikut langkah-langkah musikalisasi puisi yang baik dan benar. Diantaranya adalah:

1. Pemilihan Puisi

Puisi menjadi unsur utama yang paling penting dalam musikalisasi puisi. Tentukan puisi yang akan dibawakan dengan memperhatikan tema, judul, lirik serta iringan musik yang akan di pakai.

Pemilihan puisi yang tepat akan membantu proses musikalisasi puisi agar berjalan lancar dan hasil yang baik.

2. Penentuan Bentuk Musikalisasi Puisi

Setelah memilih puisi selanjutnya menentukan musikalisasi puisi dan pastikan tidak merubah makna yang terkandung dalam puisi itu sendiri.

3. Penafsiran Puisi

Selanjutnya langkah-langkah musikalisasi adalah penafsiran puisi. Penafsiran ini berfungsi agar lebih menjiwai dan penjiwaannya saat musikalisasi puisi. Hal tersebut tentunya harus memaknai dan memahami makna yang terkandung dalam puisi terlebih dahulu.

4. Penentuan Irama atau Iringan Musik

Langkah terakhir adalah penentuan irama atau iringan musik setelah menafsirkan isi puisi. Tentukanlah irama dan iringan musiknya. Hal ini juga termasuk juga menentukan alat musik dan tempo dalam membawakan puisi nantinya.

Baca juga: Langkah-Langkah Menulis Puisi yang Baik & Benar

Unsur-Unsur Musikalisasi Puisi

Adapun unsur-unsur musikalisasi puisi terdiri dari sebagai berikut:

1. Nada

Dalam musikalisasi unsur penting pertama adalah nada. Nada menjadi unsur pertama yang sangat penting. Karena puisi harus dibacakan sesuai nada iringan musik yang digunakan.

2. Irama

Selanjutnya unsur yang penting lainnya adalah irama. Irama dalam pembacaan musikalisasi puisi dilakukan untuk menjiwai isi puisi yang dibawakan.

Penentuan irama dan temponya ditentukan dari tema puisi. Seperti tema semangat kemerdekaan cocok dengan tempo musik yang cepat dan semangat.

3. Pelafalan

Sama halnya seperti membaca puisi biasa musikalisasi puisi juga memiliki unsur pelafalan di dalamnya. Pelafalan dari bacaan puisi harus jelas agar pendengar dapat memahami dan menjiwai puisi tersebut

4. Harmoni

Berikutnya hal penting dari unsur musikalisasi puisi adalah harmoni. Artinya keseluruhan unsur musikalisasi puisi haruslah saling berkesinambungan dan harmonis.

Mulai dari nada, iringan musik, pelafalan hingga pembawaannya semua harus harmoni dan selaras juga serasi.

5. Ekspresi

Terakhir unsur dari musikalisasi puisi adalah ekspresi. Saat membaca puisi ekspresi merupakan hal terpenting begitu pula dengan musikalisasi puisi.

Ekspresi wajah dan gerak gerik tubuh harus diperhatikan dengan baik karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap performa kita nantinya.

Bentuk Musikalisasi Puisi yang Benar

Berikut empat musikalisasi puisi yang benar yaitu:

1. Musikalisasi Total

Bentuk musikalisasi ini membuat sesuai isi puisi diubah dan diterjemahkan ke dalam bentuk instrumen musik.

2. Musikalisasi Iringan

Pada musikalisasi ini puisi di bawakan dengan iringan alat musik, seperti piano, gitar atau alat musik lainnya dengan pembacaan puisi biasa dengan tambahan iringan musik.

3. Musikalisasi Lagu

Selanjutnya bentuk musikalisasi lagu bentuk ini membuat semua isi puisi di ubah menjadi bentuk lagu. Lirik lagu menjadi berasal dari puisi dinyanyikan bersama iringan musik.

4. Musikalisasi Campuran

Dan berikutnya musikalisasi puisi campuran. Puisi ini dibawakan dengan membaca puisi sambil diiringi lagu dan dinyanyikan. Bentuk ini merupakan perpaduan dari musikalisasi lagu dan iringan.

Baca juga: Pembahasan Guguritan Lengkap

Akhir Kata

Dan, itu dia langkah-langkah membuat musikalisasi yang baik dan benar menurut versi aku. Jika dirasa informasi ini bermanfaat ayo klik share artikel ini ke media sosial kamu.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: