Apa Itu Aupair? Kenali lebih dekat program Kerja di Jerman

Pernahkah anda mendengar kalimat kalimat apa itu aupair? Kata kata ini sering anda temui bagi yang berminat untuk bekerja di Jerman.

Bagi mereka yang sering berselancar membaca artikel artikel mengenai jerman pasti akan menemukan kosakata-kosakata bernama apa itu aupair.

Selain aupair juga akan ditemui beberapa kosakata lain seperti misalnya ausbildung dan juga jenis jenis sertifikat bahasa jerman atau lembaga kursus khusus bahasa jerman bernama Goethe institute.

Apa Itu Aupair?

Apakah ada perbedaan utamanya dengan ausbildung atau apakah ada persamaannya dengan fs soziale?

Tentu saja ketiga hal ini berbeda dan memiliki sistem serta struktur yang tidak sama.

Jika FS social merupakan program sosial dan lebih kepada komunitas-komunitas internasional.

Sementara ausbildung adalah program magang di industri di jerman.

Sementara aupair sendiri adalah program khusus dari kementerian jerman untuk warga negara asing yang ingin melakukan homestay di jerman.

Bagaimana Sistem Homestay Aupair?Samakah Indonesia?

Tentu saja berbeda dalam beberapa hal. Jika anda mengetahui sistem homestay di Indonesia cenderung bersifat rekreasi atau bermain-main.

Biasanya homestay di desa wisata atau bergabung dengan keluarga tertentu untuk merayakan liburan.

Sementara homestay dalam program aupair lebih bersifat edukatif dan kebudayaan.

Apa itu aupair dalam program pemerintah jerman adalah semacam homestay kebudayaan bagi warga negara asing yang ingin tinggal di sebuah keluarga jerman untuk belajar bahasa jerman lebih mendalam dan mengenal kebudayaan jerman secara lebih mendetail.

Tentu saja tidak hanya itu, aupair sendiri juga akan membuka peluang pesertanya untuk mendapat uang saku dari membantu bekerja homestay nya.

Eits jangan berpikiran negatif dulu, memang kesannya jadi seperti pembantu rumah tangga, tetapi aupair bukanlah program bekerja.

Peserta aupair memang bisa mendapatkan uang saku dari homestay nya karena membantu bekerja seperti memasak, membersihkan rumah, menjaga kakek dan nenek atau mengasuh anak.

Tetapi perlu diperhatikan ini bukanlah kerja resmi, karena jerman adalah negara dengan aturan yang sangat amat ketat.

Peserta aupair hanya diperbolehkan membantu bekerja di rumah di bawah enam jam sehari, jika lebih maka homestay nya bisa terkena denda peraturan.

Karena mempekerjakan peserta aupair adalah tindakan yang ilegal, pekerja asing di jerman harus menggunakan visa kerja.

Sementara visa aupair biasanya visa pendidikan atau visa wisata dan kebudayaan.

Jadi anda tidak perlu khawatir karena program aupair murni program edukasi kebudayaan dan wisata.

Bagaimana mendaftar aupair ke negara jerman? Apakah harus melalui sistem kementerian tenaga kerja jerman atau kementerian kebudayaan jerman? Saat ini apa itu aupair sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Selain sebagai program edukasi kebudayaan, aupair juga menjadi batu loncatan untuk memperdalam bahasa jerman sebelum bekerja secara resmi atau melanjutkan sekolah di negara jerman.

Jadi mendaftar aupair saat ini tidak harus melalui kementerian jerman, cukup mendaftar melalui konsultan-konsultan pendidikan yang melayani jasa pengurusan aupair ke jerman.

Pendaftaran ini jauh lebih mudah, karena anda tinggal menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan dan kemudian tinggal mengikuti instruksi yang diberikan.

Satu hal yang mesti diperhatikan bahwa syarat-syarat mengikuti aupair cukup ketat, salah satunya syarat sertifikat bahasa jerman, jadi pastikan sertifikat bahasa jerman anda memenuhi sebelum mendaftar.

Apakah bisa mendaftar aupair sekalian dengan ausbildung? Pada prinsipnya anda harus memilih salah satu karena kedua program tersebut berbeda.

Anda bisa konsultasikan dengan konsultan pendidikan yang berpengalaman dalam menangani siswa siswa yang ingin mengikuti program kerjasama ke jerman salah satunya ada di Virtu Education.

Tinggalkan komentar