Apakah Hipnotis Itu Ada? Ini Adalah 7 Faktanya!

Apakah hipnotis itu ada? Pertanyaan tersebut seringlah dilontarkan oleh sebagian orang, apakah Anda termasuk? Acara hipnotis seringkali diayangkan di televisi.

Subjek biasanya akan dapat langsung tertidur dan mengikuti semua yang disugestikan oleh instruktur.

Ada pula yang mengajak berbicara dibawah alam bawa sadar sehingga semua rahasia bisa dikeluarkan dengan mudah. Lalu apakah benar hipnotis itu ada?

Apa Itu Hipnotis?

Dilansir dari halaman Guesehat.com, dikatakan bahwa hipnotis itu adalah suatu teknik terapi yang dilakukan oleh seorang tenaga ahli atau psikolog untuk membuat seseorang berada dalam keadaan rileks dan tenang.

Teknik hipnotis ini berguna agar orang tersebut bisa lebih fokus dengan pikirannya sendiri dan merespons sugesti yang diberikan.

Apakah Hipnotis Itu Ada?

Apakah hipnotis itu ada? YA tentu ada. Bahkan hipnotis itu dikatakan sebagai salah satu metode terapi kejiawaan yang bisa digunakan oleh seseorang untuk bantu masalah orang lain.

Banyak juga kok klinik atau tempat-tempat tertentu yang membuka praktek untuk atasi masalah terkait hal ini. Dalam dunia medis sendiri, hipnotis itu digunakan untuk terapi.

Hipnotis ini memiliki banyak manfaat, di antaranya yaitu:

  • Untuk kesehatan
  • Menampilkan kemampuan seseorang
  • Untuk keamanan atau di bidang kepolisian
  • Mengetahui fenomena
  • Menyembuhkan gangguan mental
  • Menangani emosi
  • Mengelola pikiran bawah sadar
  • Sebagai hiburan
  • Meminta orang lain melakukan kebaikan
  • Menghilangkan kebiasaan buruk
  • Menghilangkan kecanduan, rasa lapar, dsb
  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi
  • Menyembuhkan amnesia
  • Menghilangkan pikiran negatif, trauma, dsb
  • Menghilangkan stress
  • Menyembuhkan Schizophrenia, dan
  • Lain-lain

Fakta Tentang Hipnotis

Sedangkan beberapa fakta tentang hipnotis, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Konsentrasi Adalah Poin Utama Hipnotis

Selama ini tak sedikit yang berasumsi bahwa orang dengan pikiran lemah serta kacau bisa dengan mudah menjadi korban hipnotis.

Perlu Anda ketahui bahwa hipnotis justru hanya akan dialami bila Anda terlalu berkonsentrasi dengan benda spesifik karena semua konsentrasi tercurahkan ke benda atau sesuatu tersebut.

2. Hipnotis Bukan Tidur

Jika Anda melihat di televisi orang yang terhipnotis seperti dalam keadaan tidur. Kondisi mata yang terpejam dan tubuh yang lemas.

Dalam kondisi terhipnotis aka tubuh Anda memang dalam keadaan yang begitu rileks.

Akan tetapi semua organ tubuh sebenarnya terjaga. Bisa Dikatakan bahwa Anda bisa menyadari semua yang terjadi. Ada kemungkinan pula saat Anda kelelahan dihipnotis maka akan tertidur.

3. Hipnotis Tidak Mengambil Seluruh Kesadaran

Hipnotis yang sering digambarkan dalam film-fil atau novel begitu sangat mengerikan. Pasalnya orang lain dapat mengontrol diri Anda layaknya zombie.

Jika orang yang menghipnotis adalah jahat maka harta benda akan terkuras habis bila orang tersebut menginginkannya.

Perlu Anda ketahui bahwa hipnotis akan sempurna bila ada kerjasama yang baik antara penghipnotis dengan subjek.

4. Imajinasi Bisa Mencapai Level Maksimal Saat Terhipnotis

Setelah mengetahui 3 fakta diatas apakah Anda masih bertanya apakah hipnotis itu ada? Masih ada fakta lainnya tentang hipnotis yaitu saat Anda terhipnotis maka Anda akan mencapai level maksimal berimajinasi.

Hal tersebut tak heran karena sugesti akan mengambil peran. Bila instruktur mensugesti Anda berada dalam suatu tempat tentu saja Anda akan bisa membayangkan tempat tersebut.

5. Hipnotis Bukan Takaran Kebenaran

Jika dilihat dari segi psikologi medis, ilmu hipnotis merupakan suatu teknik yang dapat membantu seseorang untuk menggali lebih dalam tentang pengalaman hidup seperti masa lalu dari pasien.

Bagaimana dengan perasaannya serta bagaimana pendapat dengan masa lalunya tersebut. Akan tetapi pengalaman tersebut murni subjektif yang dapat benar ataupun salah.

6. Hipnotis Tak Selalu Digunakan Orang Jahat

Diluar hiburan yang ada di televisi seringkali hipnotis ini dikaitkan dengan kejahatan oleh oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan dari korbannya.

Sebenarnya tanpa disadari bahwa sehari-hari Anda sering dalam keadaan terhipnotis yang menurut para ahli keadaan tersebut disebut dengan selfhypnosis seperti meditasi. Tak hanya itu, hipnotis ini biasa dilakukan untuk psikolog.

7. Semua Orang Bisa Terhipnotis

Fakta selanjutnya tentang hipnotis adalah semua orang bisa terhipnotis. Tak hanya orang yang sedang memiliki pikiran kacau dan lemah mental saja melainkan semua orang bahkan orang dengan IQ tinggi pun bisa mengalaminya.

Hal tersebut tentu saja kembali ke fakta awal bahwa selagi orang bisa dengan fokus terhadap sesuatu hal maka akan memudahkan seseorang tersebut terhipnotis.

Penutup Kata

Itulah 7 fakta tentang hipnotis. Perlu Anda pahami dan luruskan bahwa hipnotis tak semuanya dilakukan untuk kejahatan.

Karena ada banyak juga yang menggunakan hipnotis ini untuk hal positif untuk membantu menyembuhkan berbagai masalah atau gangguan psikis seseorang.

Setelah mengetahui fakta-fakta diatas semoga pertanyaan apakah hipnotis itu ada bisa terjawab dengan jelas.

Tinggalkan komentar