Buku Laskar Pelangi: Identitas, Sinopsis & Harga [Lengkap]

Siapa yang tidak tahu buku laskar pelangi, buku karya Andrea Hirata berhasil diadopsi menjadi sebuah film. Bahkan sountrack lagu Nidji “Laskar Pelangi” menjadi salah satu lagu terbaik kala itu.

Selain memiliki alur cerita yang menarik, pesan moral yang disampaikan dalam buku ini begitu sangat dalam. Bahkan konon katanya, cerita dalam buku ini diambil dari cerita nyata.

Setelah baca artikel ini kamu akan makin tahu isi dari cerita dalam buku ini. Silahkan kamu baca artikel ini sampai selesai, dan temukan cerita menarik di balik buku ini.

Identitas Buku Laskar Pelangi

Berikut ini adalah identitas lengkap buku Laskar Pelangi:

Judul NovelLaskar Pelangi
PenulisAndrea Hirata
PenerbitBentang Pustaka, Yogyakarta
KategoriFiksi Populer
Tahun Terbit2005

Isi Buku Laskar Pelangi

Buku Laskar Pelangi merupakan hasil karya pertama dari Andrean Hirata, Andrea Hirata lahir pada tahun 1957 di belitung sulawesi selatan beliau merupakan sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia.

Buku yang berjudul Laskar Pelangi ini merupakan buku international best seller yang di terjemahkan ke 40 bahasa asing. Di terbitkan ke dalam 22 bahasa di edarkan di lebih 130 negara.

Beliau merilis novel ini pada tahun 2005, yang menarik pada novel ini yaitu mengisahkan kisah beliau sewaktu kecil di Belitung. Dan penggarapan novel ini berkisar selama 6 bulan.

Novel ini menggambarkan sebuah ironi tentang kurangnya akses pendidikan bagi anak-anak di bagian pulau terkaya di dunia.

Sinopsis Buku Laskar Pelangi

Secara garis besar novel laskar pelangi ini menceritakan kisah anak-anak di SD Muhammadiyah Belitung di Provinsi Bangka Belitung.

Rencana penutupan SD Muhammadiyah di Gantung Belitung timur menjadi awal mula kisah laskar pelangi.

Sebagai syarat perizinan kegiatan KBM atau belajar mengajar harus minimal 10 orang siswa angkatan tahun tersebut.

Di menit-menit terakhir pendaftaran semua merasa tegang karena pendaftar kurang dari 10. Namun, munculah Harun yang menggenapkan jumlah siswa sehingga SD tersebut tidak jadi di tutup.

Banyak sekali rintangan dan hambatan yang mereka hadapi ketika bersekolah. Banyak kisah inspiratif yang di sajikan dalam kisah-kisah setiap tokohnya.

Tokoh-tokoh tersebut adalah: Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani dan Harun.

Mendidik bukan hanya sekedar memberi komando atau perintah, mendidik adalah memberikan tindakan memberikan hati kepada siswa. Karena setiap anak memiliki potensi yang berbeda-beda.

Potensi tersebut akan bersinar jika di berikan kesempatan dan keteladanan yang baik dari seseorang yang bernama guru.

Baca juga: Contoh Resensi Novel Laskar Pelangi Andrea Hirata

Harga Buku Laskar Pelangi

Harga buku Laskar Pelangi pada tanggal Juni 2022 yaitu berkisar pada Rp75.650- Rp89.000 di seluruh toko online maupun online di seluruh Indonesia.

Kelebihan & Kekurangan Buku Laskar Pelangi

Beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh buku Laskar Pelangi, di antaranya yaitu:

1. Kelebihan Buku Laskar Pelangi

Novel Laskar Pelangi ini menjadi best seller sejak pertama dirilis novel tersebut banyak menarik perhatian orang dengan kisah inspiratif, selain itu banyak pesan-pesan moral yang terkandung dalam novel tersebut. Sehingga di angkat menjadi sebuah film.

2. Kekurangan Buku Laskar Pelangi

Kekurangan yang ada pada novel tersebut yaitu penggunaan bahasa daerah yang tidak banyak dimengerti dalam beberapa dialog meski ada glosarium di belakang namun mengganggu aktifitas pembaca jika sedang membaca novel tersebut.

Analisa Buku Laskar Pelangi

Analisa buku laskar pelangi menurut saya buku laskar pelangi ini mengajarkan kita tentang pentingnya sebuah mimpi dalam belajar, tekat, semangat, dan perjuangan.

Meskipun dengan segala keterbatasan kemiskinan tidak menjadikan alasan untuk tidak belajar dan menggapai impian.

Kisah para tokoh dalam novel tersebut sangat menginsprasi, mengorbankan rasa perjuangan dan kegigihan dalam menggapai cita-citanya.

meski banyak bahasa daerah yang tidak banyak di mengerti namun keseluruhan isi novel ini sangat menginspirasi pembaca dan cocok untuk di baca di semua kalangan.

Unsur Intrinsik Buku Laskar Pelangi

Berikut ini adalah beberapa unsur intrinsik buku Laskar Pelangi:

1. Bahasa Novel

Novel laskar pelangi ini merupakan novel angkatan 2000 dimana pada angkatan ini novel memiliki ciri-ciri pilihan kata yang diambil dari bahsa yang digunakan sehari-hari.

2. Tema

Tema dalam novel laskar pelangi adalah pendidikan. dan uniknya pada cerita tema pendidikan ini diselingi oleh persahabatan yang erat dan penuh makna.

3. Alur atau Plot

Alur maju dan mundur atau gabungan

4. Latar tempat

Yaitu sebuah sekolah SD Muahamadiyah di sulawesi selatan dengan latar waktu pada tahun 1974. Suasana dalam novel laskar pelangi ini memiliki berbagai suasana yaitu susah, senang, cemas.

5. Penokohan

Tokoh yang ada dalam cerita laskar pelangi yaitu, lintang, ikal, mahar, kiong, sahara, syahdan, kucai, borek, tripani dan harun. Dan tukuh tambahan ibu halimah sebagai guru dan pak harfan sebagai kepala sekolah.

6. Sudut pandang

Sudut pandang dalam novel laskar pelangi yaitu menggnakan orang pertama yakni aku.

Baca juga: Latar Belakang Novel Laskar Pelangi

Unsur Ekstrinsik Buku Laskar Pelangi

Berikut adalah unsur ekstrinsik novel Laskar Pelangi:

1. Unsur sosial budaya

Novel alskar pelangi ini memiliki unsur sosial budaya yaitu banyaknya prbedaan setatus masyarakat beliotong antara komunitas buruh dengan komunitas pengusaha di pisahkan oleh tembok yang menjulang namun mereka saling membutuhkan.

2. Unsur keagamaan

Banyak di selipkannya tentang keislaman dalam beberapa penggalan cerita di laskar pelangi.

3. Unsur tempat tinggal

Lingkungan tempat tinggal pengarang cerita merupakan adaptasi dari tempat tinggal asli dari pengarang tersebut.

4. Unsur ekonomi

Sebagian masyarakat Belitong menjadi buruh tambang. Padahal Belitong merupakan pulau terkaya akan sumber daya alamnya. Namun, tidak semua masyarakat Belitong bisa menikmati hasil bumi mereka.

Akhir Kata

Buku Laskar Pelangi termasuk jajaran buku best seller dengan nilai penjualan yang fantastis. Tidak hanya bukunya, filmnya juga bernasib sama.

Baca saja novel Laskar Pelangi, kamu akan temukan pesan dan alur cerita yang menarik.

Tinggalkan komentar