Cara Membuat Artikel Kesehatan yang Benar

By

Cara membuat artikel kesehatan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Artikel kesehatan tidak bisa dibuat oleh sembarang orang. Bukan tanpa alasan, artikel kesehatan berhubungan erat dengan nyawa dan kesehatan orang lain.

Jika sampai salah informasi, maka akan membahayakan kesehatan orang lain. Bahkan pada tingkat lebih lanjut, informasi yang kamu buat bisa membahayakan nyawa orang lain.

Penulis artikel kesehatan harus memiliki pemahaman lebih lanjut terkait dengan artikel yang ia tulis. Sejalan dengan itu, Google yang merupakan mesin telusur nomor satu pun memberikan perlakuan khusus pada artikel kesehatan.

Hal ini untuk menyaring informasi yang valid dan tidak menyesatkan orang yang membaca informasinya. Jika kamu seorang Blogger yang bahas tentang dunia medis dan kesehatan, pasti terasa sekali dampaknya di SERP (Search Engine Result page).

Google hanya akan tampilkan informasi kesehatan yang valid dan bisa dipercaya dan layak untuk dijadikan sebagai bahan bacaan dan referensi.

Cara Membuat Artikel Kesehatan

Membuat artikel kesehatan tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Karena berhubungan dengan kesehatan orang lain bahkan pada tingkat lanjut, nyawa orang bisa jadi taruhannya.

Setidaknya, kamu ikuti langkah-langkah cara membuat artikel kesehatan seperti berikut:

1. Tentukan Topik

Untuk membuat artikel kesehatan, langkah pertamanya kita mesti menentukan topik yang akan kita bahas.

Topik atau tema ini perlu kita tentukan sebelum mulai menulis. Karena nantinya kita akan tahu langkah demi langkah yang akan kita tempuh ketika menulis artikelnya.

Topik ini juga akan bantu mempermudah kamu mencari bahan yang akan kita gunakan untuk menulis artikel. Kalo menurut Google Trends (27 Mei 2021) beberapa topik kesehatan yang populer dan banyak dicari orang di internet, yaitu:

  • Protokol kesehatan
  • Pandemik
  • Kesehatan tulang
  • Asap
  • Pencernaan
  • Pernafasan
  • Organ

Kamu mungkin bisa menentukan topik lain sesuai dengan konteks yang akan kamu tulis.

2. Buat Judul Artikel yang Menarik

Judul merupakan gambaran jelas tulisan kamu. Ketika kamu akan menulis artikel kesehatan, maka pastikan kamu membuat judul dengan baik.

Judul adalah gambaran sederhana isi dari artikel yang akan kamu tulis. Tulis judul yang mencakup isi dari artikel yang akan kamu tulis nantinya.

Ini penting dan harus dilakukan sebelum kamu mulai menulis. Kenapa demikian? Agar memudahkan kamu menulis antar kalimat dan paragraf dalam artikel.

Sehingga kamu akan mudah menulis artikelnya. Adapun syarat penting dalam menulis judul, yaitu:

  • Singkat, padat dan jelas
  • Mewakili keseluruhan isi artikel
  • Memiliki benefit yang akan didapatkan pembaca
  • Mengundang klik

Buatlah judul yang menarik agar bisa mendatangkan pembaca dengan mudah. Ini berlaku untuk penulisan artikel kesehatan di blog ataupun media lain.

3. Kumpulkan Data Referensi

Langkah cara membuat artikel kesehatan berikutnya adalah mengumpulkan data dan referensi.

Artikel kesehatan merupakan artikel yang harus ditulis berdasarkan fakta-fakta. Maka dari itu, sebelum mulai menulis artikelnya, kamu kumpulkan data dan referensi yang akan kamu gunakan.

Data referensi ini harus valid dan akurat, sehingga bisa melahirkan artikel keshatan yang bagus, relevan dan bisa dipercaya.

  • Buku tentang kesehatan sesuai dengan topik
  • Media informasi dari web yang relevan dan kredibel
  • Informasi dari dokter secara langsung atau melalui kanal YouTube

4. Buat Kerangka Artikel

Selanjutnya, kamu buat kerangka artikelnya. Kerangka artikel ini berisi beberapa hal terkait yang akan kita bahas, seperti:

  • Sub judul artikel
  • Poin-poin penting bahasa
  • Teknik pengumpulan data
  • Sumber dan media yang akan digunakan

Kerangka artikel akan mempermudah kita menuliskan artikel. Sebenarnya hal ini tidak melulu harus digunakan pada artikel kesehatan saja. Tapi, jika kamu menulis artikel jenis lain juga penting untuk menulis dan membuat kerangka artikel sebelum mulai menulis.

5. Lakukan Pengamatan Langsung

Salah satu langkah cara membuat artikel kesehatan paling penting dilakukan yaitu melakukan pengamatan langsung. Ini bertujuan menentukan validitas data dan kebenaran dari artiekl yang dibuat.

Tapi ini tergantung dari konteks artikel yang kamu tulis. Jika artikel kamu merupakan artikel yang mengharuskan pengamatan, maka lakukan hal tersebut.

  • Lihat subjek yang akan kita jadikan artikel
  • Lihat fakta lapangan terkait topik yang kita uraikan
  • Pastikan kebenaran data yang kita gunakan

6. Tulis Artikel Secara Singkat, Jelas dan Lengkap

Jika langkah 1-5 sudah kamu lakukan dengan baik, artinya semua data yang kamu butuh kan untuk membuat artikel kesehatan sudah siap kamu tulis.

Langkah ke enam adalah mulai menulis artikelnya. Jika langkah 1-5 sudah kamu lakukan dengan baik, maka cara membuat artikel kesehatan akan jadi lebih mudah.

  • Tulis paragraf pertama dengan baik, jelas dan singkat
  • Tulis paragraf kedua sebagai penegasan dan membuat orang lebih tertarik dengan artikel yang kamu buat
  • Uraikan semua materi dengan baik dan jelas serta lengkap
  • Sampaikan sesuai dengan data yang kamu miliki dari berbagai sumbre dan referensi
  • Tulis secara runtut dan jelas setiap paragrafnya

7. Baca Kembali Artikel

Setelah selesai dibuat, jangan lupa untuk dibaca ulang artikelnya. Karena bisa jadi ada kalimat yang salah tulis atau sala penempatan kata dalam artikel yang justru menjadi diksi berbahaya.

Maka pastikan kamu baca kembali artikel kamu mulai dari paragraf pertama hingga paragraf terakhir.

  • Cek ejaan
  • Cek penggunaan bahasa
  • Pastikan data ditulis dengan benar dan valid
  • Pastikan tidak ada kalimat atau informasi tidak benar

8. Publikasikan

Jika semua sudah selesai dilakukan, maka langkah cara membuat artikel kesehatan terakhir tinggal kamu publikasikan. Sapai di sini artikel kesehatan yang kamu buat sudah selesai kamu lakukan.

Bagikan kepada banyak orang tulisan kamu ini agar ada banyak orang yang mendapatkan informasi bermanfaat.

Syarat Artikel Kesehatan

Artikel kesehatan adalah artikel penting yang harus dibuat dengan baik. Dalam proses pembuatannya ada beberapa syarat yang harus kamu perhatikan dengan baik, yaitu:

1. Memiliki Sumber Kredibel

Pastikan sumber yang kmau gunakan dalam menulis artikel kesehatan berasal dari sumber terpercaya dan kredibel.

Saran terbaik untuk pengambilan sumber artikel kesehatan yang bagus adalah dari WHO (World Health Organization) ataupun dari lembaga dan situs kesehatan resmi.

2. Bersifat Fakta

Artikel kesehatan harus dibuat dengan baik dan bersifat fakta. Jangan dibuat dengan opini yang menggiring pada hal-hal yang bersifat menduga-duga.

Karena masalah kesehatan adalah masalah serius dan tidak bisa main-main apalagi hanya dijadikan opini. Terlebih, orang bisa menduga-duga pada hal yang tidak seharusnya.

3. Dilengkapi Data yang Valid

Artikel kesehatan harus dilengkapi dengan data valid. Tidak boleh hanya mengungkapkan argumen personal. Terkecuali jika memiliki wewenang dan pemahaman serta memiliki lisensi yang resmi.

Data yang ditulis akan membuktikan bahwa artikel kesehatan yang dibuat ini dapat diukur dengan baik dan pasti.

4. Informasinya Jelas

Syarat penting cara membuat artikel kesehatan yang baik adalah memberikan informasi yang jelas dan tidak mengada-ada.

Informasi disampaikan dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami dengan baik oleh pembaca.

5. Penulis Adalah Ahli dan Paham dengan yang Ditulisnya

Penulis artikel kesehatan adalah orang yang benar-benar paham dengan apa yang mereka tulis. Harusnya, orang yang menulis artikel kesehatan adalah dokter atau orang yang memiliki keilmuan yang cukup terkait materi yang ditulis.

Contoh Artikel Kesehatan

Agar kamu lebih paham cara membuat artikel kesehatan, berikut saya berikan beberapa contoh artikel kesehatan yang bisa kamu tiru sesuai dengan topik yang akan kamu tulis.

1. Contoh Artikel Kesehatan 1:

Cara Membuat Artikel Kesehatan yang Benar

2. Contoh Artikel Kesehatan 2:

cara membuat artikel kesehatan

Tinggalkan komentar