Cara Membuat Biografi Singkat Diri Sendiri [Lengkap]

Bagaimana cara membuat biografi singkat tentang diri sendiri? Apakah bisa ditulis dengan singkat tahu harus panjang? Itulah pertanyaan yang sering kali ditemukan di banyak platform tanya jawab di internet.

Saya akan coba jawab dengan singkat dan sederhana di artikel ini. Semoga bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan singkat.

Apakah Bisa Menulis Biografi Diri Sendiri?

Tentu saja bisa. Kamu punya kebebasan untuk menuliskan tentang diri kamu sendiri secara bebas. Namun harus berbasis fakta dan apa adanya. Kamu bisa gunakan berbagai platform untuk membuat  biografi diri kamu.

Di Wikipedia sendiri ada banyak sekali biografi orang-orang ternama. Kamu juga jika memang punya prestasi yang menarik, kamu bisa buat biografi kamu sendiri di platform tersebut.

Apa Itu Autobiografi Diri Sendiri?

Secara definitif, Autobiografi merupakan tulisan yang menceritakan tentang pengalaman, riwayat atau perjalanan hidup seseorang mulai dari masa kecil hingga keadaannya sekarang yang ditulis oleh dirinya sendiri.

Jadi secara bahasa ilmiahnya, biografi sendiri itu disebut dengan istilah autobiografi. Karena ditulis oleh diri sendiri. Jika cerita dan pengalaman kamu ini di tulis orang lain barulah disebut dengan istilah biografi.

Baca Juga: Cara Menulis Buku Tentang Kisah Hidup

Apa Saja Isi Dari Sebuah Biografi?

Dalam biografi itu terdapat beberapa bagian yang wajib ada, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Latar belakang keluarga tokoh, cerita masa kecil mulai dari dilahirkan dan latar belakang keluarganya
  • Riwayat pendidikan tokoh semasa sekolah mulai dari TK hingga perguruan tinggi lengkap dengan gelar yang didapatkannya
  • Riwayat pekerjaan tokoh dari pertama kerja hingga pekerjaan terakhir
  • Prestasi tokoh baik dalam dunia pendidikan, industri ataupun pekerjaan dan lain hal
  • Informasi lain yang mendukung biografi tokoh

Baca Juga: Cara Menulis Cerita yang Menarik

Langkah-Langkah Membuat Biografi Diri Sendiri

Cara membuat biografi singkat tentang diri sendiri itu sangat mudah. Kamu bisa mulai menuliskannya hanya dalam 1-3 halaman saja. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Tulis Asal-Usul

Pertama, kamu harus mulai menuliskan identitas kamu itu dari data kelahiran, daerah asal dan juga asal keluarga. Jelaskan secara singkat saja latar belakang kamu tersebut.

2. Tuliskan Riwayat Pendidikan

Kamu juga perlu menuliskan riwayat pendidikan kamu secara singkat. Riwayat pendidikan yang harus kamu tuliskan itu mulai dari pendidikan paling dasar hingga pendidikan terakhir.

Kamu harus menuliskan lembaga pendidikan, tingkatan, tahun masuk hingga tahun lulusnya secara detail dan jelas.

3. Tulis Perjalanan Kehidupan

Jangan terlewat juga, kamu harus menuliskan perjalanan kamu sejak kamu kecil hingga kamu dewasa. Dalam perjalanan itu, kamu akan melewati berbagai rintangan dan cobaan, kamu ceritakan semua bagian perjalanan tersebut.

Di sini kamu juga perlu menceritakan konflik dari kisah hidup kamu tersebut agar terasa lebih menarik.

Tuliskan semuanya secara singkat, padat dan jelas agar pembaca tidak merasa bingung dengan cerita yang kamu buat.

Baca Juga: Contoh Novel Kisah Sendiri

4. Tulis Kegiatan dan Prestasi

Setelah itu jangan lupa untuk menuliskan apa saja kegiatan yang pernah kamu lakukan dulu hingga saat ini yang sedang berjalan.

Di setiap kegiatan yang kamu lakukan itu, pasti kamu pernah memiliki prestasi, nah tuliskan semua prestasi kamu tersebut mulai dari yang terbaru hingga yang terlama.

5. Tulis Hal-Hal Terbaik yang Bisa Jadi Teladan

Pada bagian terakhir, kamu perlu menuliskan juga hal-hal menarik yang ada di diri kamu. Hal-hal menarik yang bisa orang teladani dari diri kamu.

Ini menjadi bagian terakhir dari biografi singkat yang kamu buat. Di sini orang akan mengenal karakter kamu yang sesungguhnya dan mereka bisa saja kagum dengan kamu yang sebelumnya belum pernah mereka ketahui.

Baca Juga: Cara Menulis Biografi Seorang Tokoh

Nah itulah proses cara membuat biografi singkat (autobiografi) yang bisa kamu lakukan. Jika kamu ingin menuliskan bagian lain dari diri kamu ke dalam biografi, tentu diperbolehkan.

Ini hanya bagian singkat saja dari biografi yang seharusnya kamu buat. Jika kamu masih punya hal menarik lain selain 5 hal ini, kamu bisa tuliskan sendiri pada biografi yang kamu buat tersebut.

Namun saya sarankan jangan kurang dari 5 poin penting ini. Karena ini adalah bagian yang paling penting dan memang seharusnya ada dalam biografi.

Tinggalkan komentar