Cara Membuat WordPress Beserta Kelebihan & Kekurangannya

Cara Membuat WordPress Beserta Kelebihan & Kekurangannya

WordPress merupakan sebuah platform yang memudahkan siapa saja untuk membuat website hanya dalam hitungan menit saja. Bagi kamu yang belum mengetahui cara membuat WordPress.

Sebaiknya kamu simak artikel ini sampai selesai akan dijelaskan caranya secara lengkap dengan mudah kamu bisa mengikutinya. Yang terpenting adalah kamu mengetahui langkah-langkah pembuatanya.

Apa Itu WordPress?

Sebelum beranjak ke cara membuat WordPress sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu apa sih wordpress itu? Jadi, WordPress ini merupakan salah satu platform content management system yang bersifat open-source.

Artinya semua pengembang bisa memodifikasi platform WordPress tersebut dan dapat digunakan secara gratis. WordPress sendiri terbagi menjadi 2 yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

Meskipun memiliki nama yang sama sebenarnya kedua WordPress ini berbeda. WordPress.com adalah platform pembuat website yang sekaligus memberikan hosting dan domain.

Sedangkan WordPress.org adalah penyedia platform CSM WordPress yang bisa diunduh dan di instal secara gratis untuk menggunakan layanan ini pengguna harus berlangganan hosting dan mendapatkan domain di penyedia lain.

Cara Membuat WordPress Dengan Mudah

Setelah mengetahui apa itu WordPress berikutnya kita akan bahas mengenai cara membuat WordPress dengan mudah. Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut di bawah ini:

1. Siapkan Hosting

Langkah pertama kamu tentunya perlu menyiapkan hosting terlebih dahulu. Hosting adalah tempat penyimpanan segala kebutuhan website WordPress.

Termasuk file atau data penting berupa video, email, script, aplikasi dan database agar website bisa di akses melalui internet.

Kamu perlu memilih layanan web hosting yang terpercaya dan pilih kelas hosting yang sesuai dengan tujuan kamu bisa memilih untuk hosting pemula.

2. Menentukan Audiens

Selanjutnya setelah kamu menyiapkan hosting. Kamu juga perlu menentukan audiens website WordPress kamu. Kenapa? Karena dengan menentukan audiens kamu bisa menentukan format dan gaya serta nada penulisan di WordPress nantinya.

3. Tentukan Nama Domain

Langkah selanjutnya ini tak kalah penting banyak orang di kenal karena sebuah nama yang unik dan mempresentasikan dirimu dan nama yang kamu angkat nantinya.

Dan tentukan secara cermat dan matang. Dan satu lagi nama domain ini harus mudah diingat ya agar kamu mudah di kenal dan tidak susah di sebutkan.

3. Instal Platform WordPress

Kamu bisa instal platform WordPress pada perangkat komputer yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan layanan hosting WordPress kamu tidak usah lagi menginstall WordPress secara manual. Karena, CSM tersebut sudah langsung terpasang.

Berikut Cara Instal Wordpres di Windows:

  • Silahkan buka wordpress.org setelah itu unduh, kemudian silahkan pindahkan filenya ke document root dari Wampserver
  • Secara default ada di direktori www di dalam direktori wam64
  • Direktori tersebut beralamatkan di C:wamp64/www/
  • Kemudian ekstrak file tersebut ke dalam www.
  • Dan akses link localhost/wordpree/
  • Dan kamu akan melihat layar instalasi WordPress di sini
  • Kemudian kamu bsia pilih bahas yang ingin kamu gunakan dan lanjutkan ke langkah pengisian formulir seperti database name, username, password, database host dan table prefix
  • Dan klik submit

4. Buka Dashboard

Setelah kamu menginstal platform yang akan kamu gunakan bisa membuat dashboard halaman dari platform yang kamu gunakan disanalah kamu mulai pilih dan memasang tema yang kamu sukai.

5. Instal Plagin

Setelah memasang tema kamu perlu instal plugin. Plugin ini akan bermanfaat untuk menambah fungsi website seperti membuat SEO, membuat membership, menambah fitur toko online dan lain sebagainya.

6. Modifikasi WordPress

Dan jika kamu ingin tampilan WordPress yang lebih profesional kamu bisa modifikasi tampilannya kamu baik meminta orang ahli atau kau ubah sendiri.

7. Membuat Postingan Awal

Cara membuat WordPress telah selesai kamu sudah bisa memposting postingan awal kamu gunakan toolbar yang ada di platform secara acak agar kamu semakin tahu fungsi dari semua toolnya dan selamat berkreasi.

8. Publish dan Optimasi Performa Website

Dan terakhir kamu bisa publish tulisan kamu dan lakukan secara konsisten. Dan lihat perkembangannya jangan lupa terus setelah berhasil cara membuat WordPress kamu tetap harus optimasi wordPress agar terus berkembang.

Kelebihan Menggunakan Platform WordPress

Selain mengetahui cara membuat WordPress kamu juga perlu mengetahui beberapa kelebihan yang dari platform ini, diantaranya adalah:

  1. WordPress lebih SEO Friendly sehingga memudahkan kamu untuk mampu bersaing dengan mesin pencari seperti Google dan Bing
  2. Selani itu Plugin yang melimpah dan itu dapat menunjang fungsi dari program utamanya WordPress
  3. Dan selanjutnya kelebihan dari WordPress adalah platform ini gratis pengguna hanya perlu menggunakan layanan hosting serta membeli sebuah domain agar WordPress bisa berjalan sempurna
  4. Dan terakhir platform WordPress ini memiliki aneka banyak pilihan tema yang bisa kamu pilih. Kamu bisa memilih tema versi gratis atau versi berbayar

Kekurangan Platform WordPress

Meskipun WordPress adalah platform yang populer dan banyak digunakan untuk membuat dan mengelola situs web, tetap ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan:

1. Kompleksitas

Meskipun WordPress telah berkembang menjadi platform yang lebih mudah digunakan, bagi pemula atau pengguna yang tidak memiliki pengetahuan teknis, mungkin ada kurva belajar yang curam.

Konfigurasi dan pengaturan yang kompleks mungkin memerlukan pemahaman tentang pengkodean dan penggunaan plugin.

2. Keamanan

Karena popularitasnya, WordPress menjadi target yang menarik bagi para peretas. Jika tidak diperbarui secara teratur atau jika penggunaan plugin yang tidak aman, situs web WordPress dapat rentan terhadap serangan keamanan.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa WordPress dan plugin Anda selalu diperbarui ke versi terbaru dan mengambil langkah-langkah keamanan yang diperlukan.

3. Ketergantungan pada plugin

Meskipun ekosistem plugin WordPress sangat kuat dan bermanfaat, terlalu banyak mengandalkan plugin dapat memperlambat situs web dan menyebabkan masalah kompatibilitas di masa depan.

Selain itu, tidak semua plugin diperbarui secara teratur atau memiliki kualitas yang baik, sehingga perlu dipilih dengan hati-hati.

4. Skalabilitas

Sementara WordPress dapat menangani situs web yang kecil hingga menengah dengan baik, mungkin mengalami tantangan dalam skala yang lebih besar.

Situs web dengan lalu lintas tinggi atau fitur yang kompleks mungkin memerlukan pengaturan dan konfigurasi yang lebih canggih untuk menjaga kinerja situs yang optimal.

5. Pemeliharaan

Mengelola situs web WordPress memerlukan pembaruan rutin, baik dari segi keamanan maupun fungsionalitas. Selain itu, perlu memantau plugin yang digunakan dan memastikan kompatibilitas yang baik.

Pemeliharaan yang tidak tepat dapat menyebabkan kerentanan keamanan atau masalah kinerja.

6. Ketergantungan pada tema

Banyak pengguna WordPress menggunakan tema pra-dibangun untuk mempermudah proses desain dan tata letak situs web.

Namun, ini bisa berarti bahwa situs web Anda tidak unik atau terlihat sama dengan banyak situs web lain yang menggunakan tema yang sama.

Jika Anda ingin situs web yang lebih unik, mungkin memerlukan penyesuaian tema atau desain khusus.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara membuat WordPress mulai dari pengertian hingga kelebihan dari platform WordPress ini. semoga artikel ini dapat bermanfaat ya, selamat mencoba!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: