Cara Menjual Buku Karya Sendiri Dijamin Laku Keras [100%]

Sebelumnya saya pernah bahas tentang cara menerbitkan buku sendiri di penerbit Indie hingga mayor. Jika kamu sudah paham, maka berikutnya kamu harus tahu cara menjual buku karya sendiri.

Karena akan percuma sekali jika buku kamu yang sudah dicetak, numpuk tapi tidak bisa kamu jual.

Menawarkan buku sendiri sebenarnya sangat mudah. Tidak beda jauh dengan kamu berjualan produk lainnya. Hanya saja ini adalah buku yang sudah pasti punya market sendiri.

Cara Menjual Buku Karya Sendiri

Buat kamu yang masih merasa bingung dan kesulitan menjual buku karya sendiri, berikut ini saya tuliskan beberapa teknik dan strategi promosi buku sendiri dengan mudah.

1. Promosikan Melalui Akun Media Sosial

Media sosial punya power yang cukup kuat sekarang ini. Bahkan dengan search engine pun, media sosial tidak akan kalah jumlah penggunanya.

Banyak orang yang memanfaatkan media sosial untuk memenuhi hajat hidupnya, termasuk mencari buku.

Jika kamu punya akun media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya, kamu bisa manfaatkan akun medsos kamu tersebut untuk promosikan buku kamu sendiri.

2. Tawarkan ke Grup Literasi

Baik di media sosial ataupun berbasis web grup, ada banyak sekali grup literasi yang bisa kamu jumpai. Jika kamu punya buku dengan kualitas yang bagus, kenapa tidak kamu promosikan di sana.

Menurut saya, grup literasi itu adalah tempat terbaik untuk menawarkan menawarkan buku. Apalagi yang kita buat sendiri, pasti akan banyak orang yang peduli.

3. Promosikan Melalui Radio

Radio adalah salah satu media yang sangat bagus digunakan untuk promosikan produk apa pun, termasuk buku karya tulis kamu sendiri.

Cuma biasanya kalo pasang iklan di radio itu harganya lebih mahal dari pada media lain. Namun tergantung jangkauan dan popularitas radionya juga sih.

4. Minta Review dari Para Blogger

Jangan salah, dalam dunia tulis menulis, Blogger itu punya andil yang cukup besar lho.

Wajar karena profesinya juga tidak jauh berbeda. Hanya platform yang digunakan saja bedanya.

Blogger menggunakan blognya sendiri untuk terbitkan semua tulisan dan ceritanya. Sedangkan penulis novel manfaatkan pihak ketiga hingga cetak manual.

Kamu bisa minta para Blogger untuk review buku yang sudah kamu buat untuk promosikan atau hanya sekedar berbagai informasi tentang buku kamu.

Dengan demikian

5. Jual Melalui Marketplace

Sekarang ini Tokopedia, Shopee dan lainnya sudah support ke penjualan buku hingga ebook lho.

Ini bisa menjadi salah satu kesempatan yang bagus bagi kamu yang cetak buku sendiri. Karena kamu juga bisa publikasikan dan tawarkan buku kamu di marketpalce sekarang.

Cara menjual buku karya sendiri di Marketplace adalah salah satu strategi yang tepat. Karena di sana ada banyak pencarinya.

6. Iklankan di Media Sosial

Selain promosi dengan menggunakan akun media sosial, salah satu cara menjual buku karya sendiri agar cepat laku adalah dengan beriklan di medsos.

Facebook, Instagram, Tiktok dan Twitter menjadi 4 media sosial yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan buku kamu.

Namun, cara ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Selain itu, berisiko boncos. Karena sama-sama belum tentu ada peluang penjualan jika kamu tidak jago closing produknya.

7. Buat Toko Buku Online Sendiri

Cara terbaik yang paling bagus dan efektif untuk menjual buku karya sendiri adalah dengan menjualnya melalui toko online sendiri.

Cara ini sangat bagus untuk jangka panjang. Kamu bisa menjual berbagai jenis buku tulisan sendiri melalui toko Online buku yang kamu buat sendiri.

Kamu bisa buat toko buku sendiri dengan menggunakan bahasa pemrograman sendiri ataupun dengan menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress, Blogger ataupun Joomla.

8. Gunakan SEO untuk Promo di Google

Jika kamu sudah bangun toko buku online sendiri, maka wajib banget kamu gunakan SEO untuk memaksimalkan penjualan produknya di internet.

Teknik SEO (Search Engine Optimization) akan bantu promosikan buku kamu ke jutaan orang yang ada di internet secara gratis.

Namun cara ini juga butuh waktu yang tidak sebentar dan tidak instan.

9. Manfaatkan Platform Baca Novel

Platform baca novel seperti Wattpad dan sejenisnya, merupakan tempat terbaik yang bisa kamu manfaatkan untuk promosikan buku kamu.

Kamu bisa komentar di wall penulis lain dan promosikan buku hasil karya kamu sendiri.

Selain wattpad, kamu juga bisa manfaatkan platform lainnya dan lakukan promosi dengan cara yang sama.

10. Tawarkan Langsung (Redirect Sales)

Jika kamu punya keberanian lebih, salah satu cara menjual buku karya sendiri yaitu dengan redirect sales atau jemput bola.

Kamu bisa tawarkan langsung kepada orang yang memang membutuhkan atau orang yang suka baca novel.

Biasanya di kampus ataupun sekolah-sekolah, anak-anaknya pada suka dengan novel.

Kamu bisa coba promosikan di sana saja, tawarkan novel yang sudah kamu cetak tersebut.

Nah itu saja beberapa cara menjual buku karya sendiri yang bisa saya tuliskan di kesempatan ini. Semoga bisa membantu dan jadi sumber referensi bermanfaat buat yang butuh.

Tinggalkan komentar