Cara Menutup Aplikasi Latar Belakang HP OPPO Reno (Mudah)

Cara Menutup Aplikasi Latar Belakang HP OPPO Reno (Mudah)

Pernahkah mengalami masalah dengan aplikasi yang berjalan di latar belakang pada HP OPPO Reno? Saat berjalan di latar belakang, aplikasi tersebut dapat mengonsumsi daya baterai dan mempengaruhi kinerja HP.

Untungnya, HP OPPO Reno dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan kamu untuk dengan mudah menutup aplikasi latar belakang dan mengoptimalkan pengalaman penggunaan yang lebih baik.

Dalam artikel ini, akan saya jelaskan bagaimana cara menutup aplikasi latar belakang HP OPPO Reno dengan mudah. Bagi kamu yang belum tahu, silahkan baca sampai selesai.

Apa itu Aplikasi Latar Belakang?

Sebelum kita membahas cara menutup aplikasi latar belakang pada HP OPPO Reno, penting untuk memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan “aplikasi latar belakang”.

Aplikasi latar belakang adalah aplikasi yang tetap berjalan di perangkat kamu meskipun kamu tidak sedang menggunakannya secara aktif.

Misalnya, aplikasi media sosial seperti Facebook atau Instagram sering kali tetap berjalan di latar belakang untuk memberi kamu pemberitahuan tentang pesan atau pembaruan.

Namun, jika terlalu banyak aplikasi berjalan di latar belakang, hal ini dapat mengakibatkan penggunaan daya baterai yang lebih tinggi dan memperlambat kinerja handphone kamu.

Oleh karena itu, menutup aplikasi latar belakang yang tidak diperlukan sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja HP OPPO Reno kamu.

Cara Menutup Aplikasi Latar Belakang di HP OPPO Reno

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk menutup aplikasi latar belakang pada HP OPPO Reno:

1. Buka Menu Pengaturan

Langkah pertama adalah membuka menu pengaturan pada HP OPPO Reno kamu. Kamu dapat melakukannya dengan menggesek layar ke atas dari laman beranda dan mencari ikon “Pengaturan”. Ketuk ikon ini untuk membuka menu pengaturan.

2. Cari dan Ketuk “Aplikasi dan Pemberitahuan”

Setelah masuk ke menu pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi yang bertuliskan “Aplikasi dan Pemberitahuan”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

3. Pilih “Aplikasi Aktif”

Di dalam menu “Aplikasi dan Pemberitahuan”, kamu akan menemukan beberapa opsi. Pilih opsi yang bertuliskan “Aplikasi Aktif”. Di sini, kamu akan melihat daftar semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang pada HP OPPO Reno kamu.

4. Tutup Aplikasi Latar Belakang

Sekarang, pada daftar aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang, cari aplikasi yang ingin kamu tutup. Ketuk aplikasi tersebut untuk membukanya, dan kamu akan melihat beberapa opsi.

Salah satu opsi yang dapat kamu temukan adalah “Tutup”.### Langkah 5: Memilih Opsi “Tutup”

Setelah kamu menemukan opsi “Tutup” pada aplikasi yang ingin Anda tutup, ketuk opsi tersebut. Ini akan menghentikan aplikasi tersebut dari berjalan di latar belakang pada HP OPPO Reno Anda.

6. Konfirmasi Penutupan Aplikasi

Setelah kamu memilih opsi “Tutup”, kamu mungkin akan melihat pesan konfirmasi yang meminta kamu untuk mengonfirmasi penutupan aplikasi. Konfirmasikan penutupan dengan menekan tombol “OK” atau “Tutup” jika diminta.

7. Ulangi Langkah 4-6 untuk Aplikasi Lainnya

Jika kamu ingin menutup lebih dari satu aplikasi latar belakang pada HP OPPO Reno, ulangi langkah 4 hingga 6 untuk setiap aplikasi yang ingin kamu tutup. Dengan cara ini, kamu dapat menutup semua aplikasi yang tidak diperlukan dan mengoptimalkan kinerja perangkat kamu.

Cara Menutup Aplikasi Latar Belakang dengan Cepat

Selain langkah-langkah di atas, HP OPPO Reno juga menawarkan metode cepat untuk menutup semua aplikasi latar belakang sekaligus. Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Tekan tombol “Perangkat Terbaru” dua kali.
  2. Kamu akan melihat tampilan daftar aplikasi terakhir yang kamu gunakan.
  3. Ketuk ikon “Tutup Semua” yang biasanya berada di bagian bawah layar.
  4. Ini akan menutup semua aplikasi latar belakang secara sekaligus.

Dengan metode ini, kamu dapat dengan cepat menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa perlu menutup satu per satu.

Mengoptimalkan Pengaturan Aplikasi Latar Belakang

Selain menutup aplikasi latar belakang, ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk mengoptimalkan pengaturan aplikasi latar belakang pada HP OPPO Reno kamu. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda:

1. Batasi Pemberitahuan Aplikasi

Pilih dengan bijak aplikasi mana yang diizinkan untuk memberikan pemberitahuan. Kamu dapat mengakses pengaturan pemberitahuan aplikasi melalui menu “Aplikasi dan Pemberitahuan” pada pengaturan perangkat kamu.

2. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Jika ada aplikasi yang jarang kamu gunakan, pertimbangkan untuk menonaktifkannya atau menghapusnya sepenuhnya dari perangkat kamu. Ini akan mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang.

3. Gunakan Mode Hemat Baterai

HP OPPO Reno menawarkan mode hemat baterai yang dapat membantu mengoptimalkan penggunaan daya baterai dan mengurangi aktivitas aplikasi latar belakang. Aktifkan mode hemat baterai melalui pengaturan perangkat kamu.

4. Perbarui Aplikasi Secara Teratur

Pastikan selalu memperbarui aplikasi di HP kamu ke versi terbaru. Dengan demikian, semua aplikasi akan berjalan dengan baik. Kinerjanya akan sesuai dengan rancangan program yang dibuat serta selaras dengan kebutuhan ponsel. 

Akhir Kata

Itulah beberapa langkah cara menutup aplikasi latar belakang HP OPPO Reno. Mudah sekali bukan? Jika kamu masih belum paham boleh tanyakan ke kontak admin.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial kamu agar makin banyak orang yang tahu apa yang kamu tahu.

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Artikel Menarik Lainnya: