Cara Menulis Biografi Seorang Tokoh Bagi Pemula [Komplit]

Biografi merupakan tulisan yang menjelaskan tentang seorang tokoh mengenai perjalanan hidupnya, mulai dari riwayat masa kecil, remaja, dewasa hingga wafat. Cara menulis biografi seorang tokoh tidak bisa disamakan dengan menulis cerpen atau novel. Baik dari format penulisan hingga penguraian materi harus dilakukan dengan baik.

Buku biografi merupakan buku ilmiah yang ditulis berdasarkan data dan fakta. Setiap data yang ditulis harus berdasarkan data valid dari tokoh yang ditulis agar tidak menyesatkan.

Jika kamu ingin menulis biografi seorang tokoh, maka kamu harus punya semua data orang tersebut. Data-data yang dibutuhkan untuk menulis biografi seorang tokoh di antaranya:

  • Riwayat data diri mulai dari dilahirkan
  • Riwayat perjalanan masa kecil hingga remaja
  • Riwayat pendidikan tokoh
  • Riwayat karier tokoh
  • Riwayat percintaan dan keluarga tokoh

Jika semua data ini sudah kamu kumpulkan, maka kamu sudah bisa mulai menulis biografi tokoh tersebut dengan baik dan lengkap.

Baca Juga: Cara Menulis Buku Tentang Kisah Hidup

Isi Biografi Seorang Tokoh

Isi biografi beda dengan novel, cerpen ataupun sejenisnya. Biografi ditulis harus menuliskan beberapa hal berikut:

1. Latar Belakang

Dalam buku biografi pasti akan terdapat latar belakang. Karena buku ini termasuk jenis buku ilmiah yang harus ditulis berdasarkan fakta.

Selain itu, latar belakang juga akan menjadi pengantar siapa tokoh yang ditulis. Di bagian latar belakang ini akan dijelaskan siapa tokoh tersebut, kapan ia dilahirkan serta siapa saja keluarganya.

2. Riwayat Pendidikan

Selain itu, dalam buku biografi juga akan dijelaskan riwayat pendidikan sang tokoh. Mulai dari proses pendidikan sekolah dasar (SD), hingga perguruan tinggi dan atau pendidikan khusus.

Intinya, dalam biografi itu harus menjelaskan bagian penting dari riwayat pendidikan sang tokoh yang ditulis dan itu harus valid berdasarkan fakta.

3. Riwayat Pekerjaan

Selain pendidikan, riwayat pekerjaan dan karier juga menjadi salah satu bagian yang wajib ada dalam buku biografi.

Bagaimana perjalanan karier sang tokoh semasa muda hingga ia wafat. Semua dijelaskan secara runtut dan jelas.

4. Prestasi Tokoh

Tokoh yang diceritakan tentu merupakan sosok yang berprestasi pastinya. Dalam biografi, prestasi sang tokoh harus diceritakan.

Mulai dari prestasi terkecil hingga prestasi yang besar dan bisa diperhitungkan. Apalagi jika biografi yang ditulis ini adalah biografi tokoh pahlawan.

5. Informasi Lain yang Mendukung

Selain ke empat hal di atas, dalam buku nonfiksi juga terdapat berbagai informasi penting lainnya. Mulai dari kisah keluarga hingga kisah percintaan kadang di masukkan ke dalam biografi.

Baca Juga: Panduan Menulis Novel Bagi Pemula

Langkah Cara Menulis Biografi Seorang Tokoh

Cara menulis biografi seorang tokoh bisa dimulai dari pengumpulan data tentang tokohnya terlebih dahulu. Kemudian disusun hingga menjadi sebuah biografi yang runtut dan menarik.

Adapun langkah-langkah menulis biografi tokoh adalah sebagai berikut:

1. Pilih dan Tentukan Tokoh

Pertama, kamu harus menentukan dulu siapa tokoh yang akan kamu buatkan biografi. Ini adalah langkah awal dalam pembuatan biografi.

Tokoh harus memiliki pengaruh yang cukup baik di lingkungannya. Ini penting, karena akan menentukan seberapa populer biografi yang kamu tulis nantinya.

2. Cari Data Lengkap Tokoh

Untuk menulis biografi, kamu butuh data lengkap terkait tokoh yang akan kamu tulis. Maka langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencari data terkait dengan tokoh tersebut.

Data-data yang diperlukan ini di antaranya adalah:

  • Data tentang latar belakang tokoh
  • Data pendidikan tokoh
  • Data riwayat karier
  • Data prestasi
  • Dan data pendukung lain yang dibutuhkan

Pastikan semua data ini lengkap sebelum kamu mulai menulis biografi tokoh tersebut. Pastikan data ini valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

3. Minta Izin Kepada Tokoh atau Keluarganya

Pastikan pihak tokoh yang kamu buat biografi tidak keberatan, kamu harus minta izin langsung ke pada tokoh jika masih hidup jika tidak kamu bisa minta izin kepada keluarga tokoh.

Hal ini dimungkinkan agar tidak ada data yang salah dan tidak  ada kesalahpahaman setelah biografi diterbitkan dan jadi konsumsi publik.

4. Temukan Fakta Menarik Tentang Tokoh

Biografi harus mencitrakan hal-hal baik tentang tokoh. Untuk menambah kesan positif terhadap tokoh, kamu harus menemukan fakta-fakta menarik tentang tokoh tersebut.

Pasti ada banyak hal menarik dari tokoh tersebut, kumpulkan semua fakta tersebut. Ini juga berfungsi agar biografi lebih menarik jadi bahan bacaan.

Baca Juga: Cara Membuat Biografi Singkat

5. Temukan Cerita Paling Menarik dari Tokoh

Selain fakta, kamu juga harus tahu cerita menarik dari tokoh yang ditulis. Biasanya hal ini akan datang dar orang-orang terdekat tokoh.

Baik teman, sahabatnya atau bahkan keluarganya. Mereka pasti punya cerita menarik selama kenal dengan tokoh.

6. Mulai Tulis Biografi Tokoh

Jika semua data sudah lengkap, silahkan mulai tulis biografi tokoh tersebut. Dimulai dari data latar belakang tokoh, kapan tokoh dilahirkan, tempatnya dan latar belakang keluarganya.

Kemudian lanjut tuliskan riwayat pendidikan, riwayat karier dan lainnya sampai ke bagian penutup secara lengkap dan runtut.

7. Tunjukan Data Biografi yang Sudah Ditulis Kepada Tokoh atau Keluarganya

Apabila sudah selesai ditulis, jangan lupa tunjukkan data biografi itu kepada tokoh atau pihak keluarga sebagai verifikasi data apakah ada yang salah atau tidak.

Ini menjadi bagian penting dalam penulisan biografi. Karena akan jadi hal yang sangat penting bagi tokoh yang jadi objek penulisan biografi.

8. Terbitkan Biografi Tokoh

Jangan lupa sebarkan tulisan kamu ini ke publik dengan menggunakan penerbit mayor agar lebih bagus hasilnya.

Pilih salah satu dari banyak daftar penerbit buku mayor yang ada di Indonesia. Ada banyak kok penerbit yang terima pencetakan biografi.

8 Hal yang Harus Ditulis Dalam Biografi Tokoh Pahlawan

Dalam biografi ada 8 hal yang wajib ada dan ditulis di dalamnya. Adapun 8 hal yang perlu ada dalam biografi di antaranya:

1. Nama Lengkap Tokoh

Nama yang ditulis harus lengkap dan benar. Ini kerap kali menjadi salah satu kesalahan yang sering dilakukan penulis biografi.

Jika kamu menuliskan gelar, pastikan format penulisannya itu benar sesuai dengan aturan penulisan gelar.

2. Riwayat Perjalanan

Dalam biografi, kamu juga perlu menuliskan riwayat perjalanan sang tokoh. Perjalanan yang ditulis ini dimulai dari ia lahir hingga ia dewasa dan sampai saat ini.

3. Karier atau Profesi Tokoh

Dalam biografi juga harus ada dan dituliskan profesi dan perjalanan karier sang tokoh. Ini jadi bagian penting karena akan menggambarkan siapa tokoh yang ditulis.

4. Tempat dan Tanggal Lahir

Tempat dan tanggal lahir juga perlu banget ditulis. Biasanya bagian ini ditulis pada bagian latar belakang paling depan dari buku biografi.

5. Kelebihan dan Keistimewaan Tokoh

Dalam biografi juga perlu menuliskan kelebihan dan keistimewaan tokoh. Namun dalam biografi tidak perlu menuliskan kekurangan tokoh.

Karena biografi ini bertujuan untuk menceritakan citra positif akan tokoh yang ditulis.

Baca Juga: Contoh Novel Kisah Sendiri

6. Nama Orang Tua Tokoh

Nama orang tua juga dituliskan, biasanya ada pada bagian latar belakang keluarga sang tokoh.

Nama orang tua tokoh ini merupakan bagian penting dari perjalanan sang tokoh selama hidupnya, mulai dari awal kehidupan hingga berakhir.

7. Riwayat Berkeluarga (Istri atau Suami dan Anaknya)

Selain masalah percintaannya, bagian penting dari biografi yang harus ditulis adalah riwayat keluarga. Ceritakan, bagaimana sang tokoh memulai hidup berkeluarga serta berapa jumlah anak yang dia miliki.

8. Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan jadi bagian penting yang harus ada dalam biografi. Siapa pun tokohnya, wajib dituliskan riwayat pendidikan mereka.

Nah itulah proses dan langkah-langkah cara menulis biografi seorang tokoh. Perhatikan semua bagian yang harus ada dalam biografi agar tidak salah ketika membuatnya.

Tinggalkan komentar