[13] Macam Macam Buku Nonfiksi, Kelebihan, Ciri & Contohnya

By

Buku nonfiksi adalah sebuah buku atau karangan yang ditulis berdasarkan fakta dan kejadian nyata yang benar-benar terjadi dalam kehidupan yang sebenarnya. Buku ini diangkat dari kisah nyata dan diceritakan kembali kedalam bentuk tulisan. Macam macam buku nonfiksi ini ada banyak, mulai dari biografi hingga literatur.

Sedangkan buku fiksi merupakan sebuah buku yang dibuat berdasarkan imajinasi, khayalan dan tidak benar-benar terjadi secara nyata. Buku fiksi ditulis dengan tujuan untuk hiburan bagi para pembaca buku saja.

Perbedaan Buku Fiksi dan Non Fiksi

Walaupun sama-sama merupakan sebuah tulisan yang dituangkan kedalam kertas, buku fiksi dan nonfiksi merupakan 2 hal yang berbeda.

Baik dilihat secara definitif ataupun secara isi, keduanya memiliki banyak sekali perbedaan. Adapun beberapa hal yang membedakan antara buku fiksi dan nonfiksi ini diantaranya adalah sebagai berikut:

Perbedaan Buku Fiksi

Pada dasarnya, buku fiksi ini merujuk pada sebuah buku yang isinya adalah fiktif, karangan, rekaan, imajinasi atau khayalan penulisnya. Walau objek atau karakter yang disuguhkan dalam ceritanya sama dengan yang ada di dunia nyata, namun buku fiktif tidaklah nyata.

Secara spesifik beberapa perbedaan yang ada pada buku fiksi ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Hanya berisi karangan dan tidak benar-benar nyata
  • Bertujuan untuk menghibur pembaca
  • Isi bukunya imajinatif

Perbedaan Buku Nonfiksi

Buku nonfiksi merupakan buku yang diambil dan ditulis dari kejadian nyata atau fakta yang benar-benar terjadi di dunia nyata. Isi dari buku nonfiksi ini dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Buku nonfiksi tidak bisa dibuat secara sembarangan dan tidak boleh asal-asalan karena isinya harus diambil dari data yang sebenarnya. Adapun beberapa perbedaan buku nonfiksi secara detail adalah:

  • Berupa cerita kisah nyata seseorang
  • Ada fakta sejarahnya
  • Memiliki dukungan data yang lengkap
  • Menyajikan data detail dan terperinci
  • Dapat dipertanggungjawabkan secara yuridis
  • Bersifat faktual

Kekurangan Buku Non Fiksi

Walaupun merupakan buku yang diambil dari cerita nyata, buku nonfiksi memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan. Adapun beberapa kekurangan yang dimiliki oleh buku nonfiksi ini diantaranya adalah sebagai berikut:

Penguasaan Ilmu

Seorang penulis buku nonfiksi harus memiliki pemahaman yang bagus, karena buku nonfiksi ditulis berdasarkan kajian keilmuan, kecuali buku biografi.

Hal ini menunjukkan bahwa buku nonfiksi menuntut profesionalisme penulisnya. Seorang penulis buku nonfiksi harus memiliki kemampuan atau ilmu yang cukup akan buku yang ditulisnya tersebut.

Kenapa demikian? Hal ini bertujuan untuk menghindari penyesatan keilmuan atau terjadi kesalahan konsep dalam bidang keilmuan.

Batasan Waktu Menulis

Buku nonfiksi adalah buku yang banyak sekali dicari oleh para penerbit. Bukan tanpa alasan, penulis buku nonfiksi memang dipercaya dengan baik oleh pihak penerbit bahwa mereka bisa bekerja dengan cepat, teliti dan memiliki ilmu yang cukup.

Tidak jarang pihak penerbit memberikan tenggat waktu yang sangat mepet dan memaksa penulis harus benar-benar mengerahkan pikirannya.

Seorang penulis buku nonfiksi memang diyakini memiliki kemampuan menulis, analisa dan keilmuan yang cukup tinggi di mata penerbit. Sehingga mereka selalu memberikan waktu deadline yang amat cepat bagi penulisnya.

Menjaga Konsistensi

Salah satu hal yang paling sulit dari proses membuat buku nonfiksi ini adalah masalah konsistensi. Buku nonfiksi memiliki format dan gaya tulisan yang baku dan harus tetap di jaga konsistensinya.

Hal yang terjadi di lapangan adalah penulis kadang kesulitan menjaga konsistensi tulisannya. Kadang pada awal menulis saja naskah disusun dengan baik. Lambat laun semangat dan kualitasnya akan menurun.

Agak Sulit Dipahami Pembaca

Bukan hanya bagi penulis, bagi pembacanya, buku nonfiksi ini juga memiliki beberapa kekurangan salah satunya adalah sulitnya memahami beberapa kata atau tulisan dalam buku.

Buku nonfiksi ditulis dengan menggunakan bahasa ilmiah. Sedangkan beberapa orang pembaca tidak memiliki pemahaman sampai sejauh itu.

Dalam hal ini, pembaca membutuhkan banyak referensi untuk bisa memahami isi dari keseluruhan buku yang ditulis.

Menggunakan Bahasa Baku dan Ilmiah

Buku nonfiksi merupakan buku yang ditulis berdasarkan kajian ilmiah atau fakta yang sebenarnya. Dalam penulisannya menggunakan bahasa-bahasa ilmiah yang kadang hanya dipahami oleh beberapa orang saja.

Tidak semua orang bisa memahami semua jenis istilah dan bahasa ilmiah. Ini kadang menjadi salah satu kesulitan yang didapatkan pembaca ketika mereka ingin memahami isi dari buku nonfiksi.

Kelebihan Buku Nonfiksi

Selain memiliki beberapa kekurangan, buku nonfiksi juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis buku lainnya. Dari macam macam buku nonfiksi, setiap jenisnya memiliki kelebihan tersendiri. Adapun beberapa kelebihan buku nonfiksi ini adalah:

Isinya Dapat Dipertanggungjawabkan

Buku nonfiksi adalah buku ilmiah yang isinya merupakan kisah nyata yang diceritakan kembali dalam bentuk tulisan dalam buku.

Buku ini didukung dengan berbagai data ilmiah untuk menjamin keaslian atau originalitas dari cerita yang ada dalam buku nonfiksi tersebut.

Buku nonfiksi dapat dipertanggungjawabkan secara hukum akan kebenaran dari cerita yang ditulisnya. Penulis buku nonfiksi juga bukan orang sembarangan, melainkan orang yang memiliki keilmuan yang cukup dibidang yang ditulisnya.

Bersifat Nyata atau Asli

Buku nonfiksi ditulis dari kejadian sebenarnya yang benar-benar terjadi dan ada di dunia nyata. Cerita dalam bukunya dapat dibuktikan dengan pasti berdasarkan keilmuan.

Cerita didalamnya dapat dibuktikan secara ilmiah bahkan kadang masih ada saksi hidupnya dari cerita yang ada pada buku nonfiksi tersebut.

Dapat Menambah Wawasan

Bagi pembaca, buku nonfiksi bisa memberikan tambahan ilmu pengetahuan yang lebih dalam. Karena buku ini merupakan jenis buku yang ditulis berdasarkan kajian keilmuan.

Dari macam macam buku yang ada, buku nonfiksi merupakan jenis buku paling bagus dalam memberikan pengetahuan. Buku nonfiksi adalah jenis buku yang dapat mengedukasi pembacanya dengan baik.

Bisa Menjadi Sumber Referensi Ilmiah

Buku nonfiksi adalah buku ilmiah yang kadang bisa dijadikan sebagai salah satu rujukan ilmu atau referensi dalam membuat karya ilmiah lainnya.

Buku nonfiksi dibuat berdasarkan fakta dan kejadian nyata dan ditulis berdasarkan kajian ilmu khusus tertentu.

Macam Macam Buku Nonfiksi

Dilihat dari tata cara penulisannya, buku nonfiksi ini memiliki beberapa macam. Setiap jenis buku nonfiksi ini memiliki format dan cara penulisan yang berbeda-beda. Bahkan tujuan penulisannya juga berbeda. Adapun jenis-jenis buku nonfiksi tersebut diantaranya adalah:

Buku Biografi

Dari sekian banyak macam macam buku nonfiksi, buku biografi adalah jenis buku nonfiksi pertama yang paling mudah disebut sebagai buku nonfiksi.

Buku biografi adalah jenis buku yang mengisahkan atau menjelaskan tentang pengalaman atau kisah hidup seseorang yang ditulis atau diceritakan kembali oleh orang lain.

Contoh buku nonfiksi biografi adalah seperti kisah perjalanan Ir.Soekarno, kisah karir Muhamad Toha, dan lain-lain.

Buku Otobiografi

Macam macam buku nonfiksi berikutnya adalah buku otobiografi. Buku otobiografi adalah buku yang mengisahkan tentang riwayat atau perjalanan seseorang yang ditulis oleh diri sendiri.

Misalnya, kamu menulis tentang kisah perjalanan hidup kamu sendiri menjadi sebuah buku. Maka buku yang ditulis adalah jenis buku nonfiksi otobiografi.

Buku Motivasi

Buku motivasi adalah buku yang ditulis berdasarkan kajian psikologi dan dapat membangkitkan semangat para pembacanya.

Buku ini termasuk macam macam buku nonfiksi karena ditulis berdasarkan kajian ilmu psikologi. Contoh buku motivasi yang paling populer adalah mimpi sejuta dollar oleh Merry Riana.

Buku Literatur

Buku literatur merupakan jenis buku yang digunakan sebagai rujukan kajian keilmuan. Buku ini biasanya memang disediakan di beberapa lembaga pendidikan seperti kampus atau sekolah, perpustakaan untuk kebutuhan kajian ilmu.

Buku Pendamping

Buku pendamping adalah jenis buku yang memiliki fungsi sebagai pendamping buku utama.

Buku Pelajaran Sekolah

Buku pelajaran sekolah termasuk macam macam buku nonfiksi karena merupakan hasil kajian keilmuan dan bertujuan untuk pendidikan.

Buku ini disusun oleh lembaga khusus untuk rujukan dan kajian pembelajaran di sekolah, yayasan ataupun kampus.

Buku pelajaran disusun dengan baik menggunakan format tertentu sesuai dengan standar pelajaran pada materi ajar tertentu.

Buku Kesehatan

Buku kesehatan adalah buku nonfiksi yang berisi tentang panduan dan rujukan masalah kesehatan. Buku ini tidak bisa ditulis oleh sembarang orang.

Penulis buku kesehatan harusnya dilakukan oleh orang yang kompeten dibidangnya. Bahkan harusnya dapat dibuktikan keilmuannya secara akademik.

Makalah Akademik

Makalah akademik termasuk macam macam buku nonfiksi karena dikaji berdasarkan dasar-dasar keilmuan dan fakta lapangan.

Makalah akademik merupakan kajian fakta lapangan yang ditulis kedalam sebuah laporan khusus dengan tujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah atau mata pelajaran tertentu. Beberapa contohnya adalah seperti makalah tugas sekolah, kampus atau bahkan skripsi.

Buku Laporan

Buku laporan merupakan buku yang disusun dari hasil analisa dan fakta lapangan. Laporan berisi fakta-fakta yang terjadi di lapangan.

Buku laporan dituntut harus benar dan memiliki isi yang harus sesuai dengan fakta.

Buku Harian

Buku harian adalah buku yang ditulis setiap hari yang isinya bercerita tentang kejadian nyata yang dialami oleh penulisnya.

Buku harian termasuk jenis buku nonfiksi karena diambil dari cerita kejadian nyata bukan dibuat-buat ataupun karangan bebas.

Ensiklopedia

Ensiklopedia adalah referensi atau ringkasan yang memberikan beragam jenis informasi dari berbagai cabang ilmu pengetahuan.

Ensiklopedia ditulis secara tersusun berdasarkan alfabet untuk mempermudah pembaca menemukan materi yang dicarinya.

Buku Panduan

Macam-macam buku nonfiksi selanjutnya adalah buku panduan. Buku panduan merupakan buku yang berisi panduan penggunaan produk atau alat dan cara tertentu.

Buku panduan disebut buku nonfiksi karena berisi fakta dan kebenaran.

Buku panduan memiliki syarat utama pembuatan harus benar dan jelas dalam memberikan informasi agar tidak menyesatkan pembaca.

Buku Jurnal

Jurnal ditulis berdasarkan kajian fakta dan kejadian lapangan yang bisa dibuktikan secara nyata.

Jurnal adalah karya ilmiah nonfiksi yang secara keilmuan bisa dibuktikan kebenarannya.

Ciri Ciri Buku Non Fiksi

Dilihat dari cirinya, buku nonfiksi memiliki beberapa perbedaan yang menjadi ciri dan identitas resminya.

Adapun ciri ciri buku nonfiksi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Bersifat Fakta

Buku nonfiksi adalah buku yang berisi kebenaran dan harus dapat dibuktikan secara ilmiah berdasarkan kajian keilmuan. Buku nonfiksi ditulis berdasarkan kejadian atau fakta lapangan dan bukan hasil rekaan.

Jika buku nonfiksi tidak bersifat fakta maka namanya bukan buku nonfiksi melainkan buku fiksi.

Ditulis Menggunakan Bahasa Ilmiah

Buku nonfiksi ditulis dengan menggunakan bahasa ilmiah yang kadang bagi sebagian orang sangat sulit sekali memahami isi dari tulisannya.

Buku nonfiksi memang ditulis menggunakan bahasa yang formal dan tidak santai. Sehingga butuh pemahaman lebih ketika membacanya.

Beberapa jenis buku nonfiksi memang ada yang menggunakan bahasa yang sedikit lebih santai seperti buku motivasi ataupun buku referensi.

Memberikan Informasi Baru atau Penyempurnaan Temuan yang Sudah Ada

Macam macam buku nonfiksi ini memang memberikan informasi yang ilmiah. Informasi ilmiah yang diberikan ini bisa berupa temuan ilmu yang baru ataupun berupa penyempurnaan ilmu yang sudah ada.

Ditulis Berdasarkan Penelitian

Buku nonfiksi ditulis berdasarkan hasil dari penelitian lapangan agar hasil yang diberikan akurat dan dapat dipercaya dengan baik.

Buku nonfiksi harus dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah, sehingga penulisannya dibuat berdasarkan kajian lapangan, pengamatan dan penelitian dalam waktu tertentu.

Ditulis Secara Denotatif

Penulisan buku denotatif adalah penulisan buku yang dilakukan secara lengkap, to the point, dan tegas serta memberikan makna yang sebenarnya tanpa ada rangkaian kata yang dibuat-buat.

Buku nonfiksi ditulis secara jelas dan tidak berbelit-belit, sehingga pembaca akan dapat dengan mudah menemukan informasi didalamnya.

Berbentuk Karangan Ilmiah

Buku nonfiksi biasanya juga akan berbentuk seperti karangan ilmiah yang dalam penulisannya menyajikan fakta-fakta.

Bukunya tersusun secara rapi, pembaca dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis informasi didalamnya secara singkat dan jelas.

Contoh Buku Non Fiksi

Dari macam macam buku nonfiksi diatas, ada banyak sekali contoh bukunya yang bisa ditemukan di lapangan. Baik di percetakan populer seperti Gramedia, Mizan ataupun yang lainnya. Ada ratusan bahkan ribuan jenis buku nonfiksi yang bisa ditemukan.

Adapun beberapa contoh kecil buku nonfiksi yang terbit di Gramedia dan bisa jadi referensi bacaan harian diantaranya adalah:

Buku Jago Bulu Tangkis untuk Pemula

macam macam buku nonfiksi
Sampul Buku Nonfiksi Berjudul “Buku Jago Bulu Tangkis untuk Pemula”

Buku jago bulu tangkis merupakan jenis buku panduan yang ditulis oleh Muhammad Rinaldi. Buku ini ditulis secara khusus bagi orang yang belum tahu banyak tentang bulu tangkis agar mahir bermain bulu tangkis.

JenisKeterangan
Judul BukuBuku Jago Bulu Tangkis untuk Pemula
PengarangMuhammad Rinaldi
HargaRp.39.500
PenerbitGramedia
BeliBeli online di situs Gramedia atau datang ke toko buku Gramedia
Tabel Informasi Buku Nonfiksi Karya Muhammad Rinaldi

Buku Pintar Wayang

macam macam buku nonfiksi
Sampul Buku Nonfiksi berjudul “Pintar Wayang Terbitan Gramedia”

Buku ini berisi tentang pengetahuan dasar tentang kesenian wayang mulai dari sejarah, tokoh, pusaka hingga kereta kudanya. Tujuan pembuatan buku ini adalah untuk memberikan wawasan tentang pengetahuan kesenian wayang sebagai warisan leluhur budaya seni Indonesia.

Buku ini ditulis oleh Tristanti Tri Wahyuni dan diterbitkan oleh Gramedia. Kita bisa membelinya disana dengan harga yang cukup murah.

JenisKeterangan
Judul BukuBuku Pintar Wayang
PengarangTristanti Tri Wahyuni
PenerbitGramedia
HargaRp.49.000
BeliBeli online di situs Gramedia atau datang ke toko buku Gramedia
Tabel Informasi Buku Nonfiksi “Buku Pintar Wayang”

Buku Inspirasi & Motivasi Bob Sadino

macam macam buku nonfiksi
Sampul Buku Nonfiksi Berjudul “Inspirasi & Motivasi Bob Sadino”

Bob Sadino adalah salah satu tokoh pengusaha sukses di Indonesia yang terkenal dengan motivasi dan gaya berpakaian yang nyeleneh. Motivasinya di kumpulkan dan ditulis kembali oleh Irma El-mira menjadi sebuah buku motivasi yang diterbitkan di Gramedia.

JenisKeterangan
Judul BukuInspirasi & Motivasi Bob Sadino
PengarangIrma El-mira
PenerbitGrameedia
HargaRp.48.000
BeliBeli online di situs Gramedia atau datang ke toko buku Gramedia
Tabel Informasi Buku Nonfiksi Inspirasi & Motivasi Bob Sadino

Buku Soekarno: Sebuah Biografi

macam macam buku nonfiksi
Sampul Buku Nonfiksi Berjudul ” Soekarno: Sebuah Biografi”

Soekarno adalah presiden pertama Indonesia yang paling berjasa akan perjuangannya bagi bangsa Indonesia. Kisah dan cerita perjalanannya ditulis kembali oleh Adji Nugroho S.ip ke dalam sebuah buku.

JenisKeterangan
Judul BukuSoekarno: Sebuah Biografi
PengarangAdji Nugroho S.ip
PenerbitGramedia
Harga69.000
BeliBeli online di situs Gramedia atau datang ke toko buku Gramedia
Tabel Informasi Buku Nonfiksi berjudul “Soekarno: Sebuah Biografi” di Gramedia

Buku Berdamai dengan Badai

macam macam buku nonfiksi
Sampul Buku Nonfiksi berjudul “Buku Berdamai dengan Badai”

Buku berjudul berdamai dengan badai ini adalah buku nonfiksi berjenis motivasi yang ditulis oleh M.Atatul Muqtadir feat Miftah Farid M. Penulisan buku ini bertujuan untuk memotivasi pembacanya agar bisa kuat saat hadapi semua kesulitan dan ujian kehidupan.

JenisKeterangan
Judul BukuBerdamai dengan Badai
PengarangM.Atatul Muqtadir feat Miftah Farid M
PenerbitGramedia
HargaRp.89.500
BeliBeli online di situs Gramedia atau datang ke toko buku Gramedia
Tabel Informasi Buku Nonfiksi Berjudul “Berdamai dengan Badai”

Kesimpulan

Dari uraian macam macam buku nonfiksi diatas dapat kita simpulkan bahwa ternyata buku nonfiksi itu setidaknya ada 13 jenis buku, yaitu:

  1. Buku biografi
  2. Buku otobiografi
  3. Buku motivasi
  4. Buku literatur
  5. Buku pendamping
  6. Buku pelajaran sekolah
  7. Buku kesehatan
  8. Buku makalah akademik
  9. Buku laporan
  10. Buku harian
  11. Buku ensiklopedia
  12. Buku panduan
  13. Buku jurnal

Setiap jenis buku nonfiksi ini memiliki tujuan dan ciri tertentu yang membedakan antara satu jenis buku dan lainnya. berbagai jenis buku nonfiksi ini bisa ditemukan dengan mudah di Gramedia. Baik di situsnya ataupun di toko offlinenya atau di penerbit lainnya.

Tinggalkan komentar