15 Rekomendasi Novel Action Terbaik Indonesia Paling Seru

Rekomendasi Novel Action Terbaik Indonesia

Novel action terbaik Indonesia seperti tiga sandra terakhir, sudut mati, tidak ada esok merupakan novel action terbaik karya dari novelis Indonesia yang wajib kamu baca.

Selain itu masih banyak lagi novel-novel dengan tema sama namun di kemas dengan cerita yang unik dan seru lainnya. Simak terus artikel ini agar kamu tidak ketinggalan informasi mengenai novel-novel action karya dari bumi pertiwi.

Rekomendasi Novel Action Terbaik Indonesia

Berikut merupakan novel action terbaik indonesia, diantaranya adalah:

1. Tiga Sandra Terakhir

Judul NovelTiga Sandra Terakhir
PenulisBrahmanto Anindito
PenerbitNoura Publishing
KategoriNovel
Tahun Terbit2015

Novel actin terbaik indonesia pertama ini adalah karya Brahmanto Anindito. Buku ini mengisahkan kejadian di Papua yang melibatkan militer, isu politik, serta kisah dari gerakan OPM di Papua.

Buku ini terinspirasi dari konflik beredar di kawasan timur Indonesia sehingga tak ayal jika kisahnya di liputi cerita penyanderaan, penyekapan dan juga pembunuhan.

2. Sudah Mati

Judul NovelSudah Mati
PenulisTsugaeda
PenerbitBentang Pustaka
Kategorinovel
Tahun Terbit2015

Karya dari Tsugaeda ini mengisahkan tentang perusahaan, kampanye, serta persaingan usaha pada orang yang berkehidupan kaya.

Novel yang mengangkat kriminal dengan berbagai adegan action di dalamnya mengarahkan pembaca untuk terus mencari tahu makna dalam setiap kasusnya.

3. Misteri Patung Garam

Judul NovelMisteri Patung Garam
PenulisRuwi Meita
PenerbitGagas Media
KategoriNovel
Tahun Terbit2015

Karya Ruwi Meita ini merupakan novel dengan genre yang cukup kompleks dimana di dalamnya ada kriminal, action, horor, detektif sekaligus Thriller.

Mengisahkan pembunuhan tragis dan cukup sadis.
Pembunuhan tersebut sedang di selidiki oleh petugas detektif yang bernama Lamiri.

Dan apakah Lamiri berhasil memecahkan permasalahan tersebut? Lalu, siapa di balik pembunuhan sadis tersebut?

4. Tidak Ada Esok

Judul NovelTidak Ada Esok
PenulisMochtar Lubis
PenerbitPustaka Obor Indonesia
Kategorinovel
Tahun Terbit2019

Karya dari Mochtar Lubis ini mengisahkan kondisi Indonesia setelah perang dunia kedua. Di kisahkan perjuangan kaum muda saat berperang grilya dengan narasi yang dramatis tentang kematian selama berperang.

Memori buruk atas kekejaman penjajahan Jepang di Indonesia yang memberikan mereka semangat untuk terus merdeka.

5. Seteru 1 Guru

Judul NovelSeteru 1 Guru
PenulisHaris Priyatna
PenerbitBandung Qanita
Kategorinovel
Tahun Terbit2015

Novel karya Haris Priyatna novel ini mengisahkan perseteruan dari tiga murid yang ternyata memiliki guru yang sama yaitu Tjokroaminoto. Dan ketiga murid tersebut bernama Soekarno, Muso, dan Kartosoewiyo.

Mereka bertiga mengambil tiga jalan yang berbeda dari ajaran yang sama. Dimana Soekarno menjadi nasionalisme, Muso jadi Komunisme dan Kartosoewiyo jadi islam radikalisme.

6. Pendekar Bambu

Judul NovelPendekar Bambu
PenulisV. Lestari
PenerbitPT. Gramedia
KategoriNovel
Tahun Terbit1988

Karya V. Lestari ini mengisahkan Tirto Suryo yang menderita kanker terminal dan sudah dinyatakan tak ada harapan hidup lagi. Ternyata Ninik merupakan perawat dukun ia adalah perawat pribadi dari Tirto.

Berangsur-angsur Tirto pulih tumor-tumornya lenyap. Dan ia menyebut Ninik sebagai pendekar bambu suatu julukan dengan alasan tersendiri.

7. Pertarungan : Sebuah Ekologi

Judul NovelPertarungan: Sebuah Ekologi
PenulisHanna Rabe
PenerbitIndonesia one search
Kategorinovel
Tahun Terbit2002

Buku ini mengisahkan pertarungan antara kekuatan biofilis dan nekrofilis. Dimana manusia biofilis ini mencintai dan memahami betapa hutan dan seisinya adalah kekayaan yang tak ternilai dan harus di jaga. Sedangkan nekrofilis mereka merupakan kaum yang mencintai kematian.

8. Perang Bubat

Judul NovelPerang Bubat
PenulisYoshep Iskandar
PenerbitBandung Kiblat Buku Utama
Kategorinovel
Tahun Terbit2016

Novel action Indonesia selanjutnya ini mengisahkan perang yang terjadi pada masa kerajaan raja Majapahit, Hayam Wuruk yang pada saat itu sedang melaksanakan sumpah palapa.

Perang yang melibatkan Mahapatih Gajah Mada dan Prabu Maharaja Linggabuana dari kerajaan sunda di Pesanggrahan bubat pada tahu 1357.

9. Serial Bumi

Judul NovelSerial Bumi
PenulisTere Liye
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Kategorinovel
Tahun Terbit2015

Novel action selanjutnya adalah karya Tere Liye. Buku ini mengisahkan kehidupan tiga remaja anak SMA yaitu Ali, Raib dan seli yang merupakan penduduk asli klan bumi.

Mereka melewati berbagai rintangan dan petualangan yang menegangkan, mereka akhirnya bersahabat dan berusaha mengalahkan musuh besar yang akan menghancurkan dunia Paralel.

10. Perang Bali

Judul NovelPerang Bali
PenulisGusti Ngurah Phinda
PenerbitDolphin
KategoriNovel
Tahun Terbit2013

Buku ini mengisahkan Gusti Ngurah Pindha yang merupakan pahlawan nasional tentang perang grilya di bali. Penulis sendiri menjadi saksi sekaligus pelaku sejarawan rakyat bali terhadap penduduk Belanda di Pulau Dewata sepanjang tahu 1946.

11. The Poppy War

Judul NovelThe Poppy War
PenulisR.F Kuang
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Kategorinovel
Tahun Terbit2018

Karya dari R.F Kuang Buku ini mengisahkan Rin perempuan yang berhasil masuk akademi militer elit di kekaisaran Nikan. Namun, karena berasal dari keluarga miskin dia selalu di olok-olok padahal dia memiliki kekuatan supernatural yang sangat mematikan.

12. Tanah Surga merah

Judul NovelTanah Surga Merah
PenulisArafat Nur
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Kategorinovel
Tahun Terbit2017

Novel ini mengisahkan seorang pemuda yang berasal dari Nangroe Aceh Darussalam bernama Murad dan ia merupakan mantan anggota tentara (GAM) atau Gerakan Aceh Merdeka.

Yang memutuskan kembali ke kampung halamannya setelah beberapa tahun lamanya ia tinggalkan.

13. Penjelajahan Antariksa

Judul NovelPenjelajahan Antariksa
PenulisDjokolelono
PenerbitGramedia Pustaka utama
Kategorinovel
Tahun Terbit2015

Karya Djokolelono ini mengisahkan tentang perjuangan manusia untuk mendapatkan planet layak huni setelah meninggalkan bumi, kaum Terra tidak ingin berperang untuk mendapatkan hunian baru.

Akan tetapi planet yang mereka singgahi ternyata berpenghuni dan peperangan pun pecah

14. Destination Jakarta 2040

Judul NovelDestination Jakarta 2040
PenulisMashuri
PenerbitBhuana Ilmu Populer
Kategorinovel
Tahun Terbit2021

Karya Mashuri ini mengisahkan kisah ilmuwan astrofisika Indonesia yang mengalami time travel ke tahun 2040. Yaitu perjalanan Raden Ilyas Aditya yang mengalami time travel pada tahun 2015 ke tahun 2040.

15. Bandung Lautan Apu

Judul NovelBandung Lautan Api
PenulisDeddy Armand
PenerbitGaruda Metropolitan Press
KategoriNovel
Tahun Terbit1991

Karya Deddy Armand ini mengisahkan tentang kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung provinsi Jawa Barat. Pada tanggal 23 maret 1946 dimana penduduk membakar hampir 200.000 rumah sebagai perlawanan penduduk kepada sekutu NICA.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Info Menarik Lain untuk Kamu: