Resensi Novel Arti Sahabat, Novel Paling Keren Mengharukan

Resensi Novel Arti Sahabat, Novel Paling Keren Mengharukan

Arti sahabat ini merupakan sebuah karya dari kumpulan cerpen yang di terbitkan oleh KKPK atau Kecil Kecil Punya Karya. Yang mengangkat tema persahabatan yang begitu lucu, mengharukan dan juga bikin baper.

Penasaran dengan isi bukunya? Kamu perlu baca dulu resensi novel arti sahabat pada artikel ini. akan di bahas unsur penting dalam novel yang mungkin belum kamu ketahui.

Mulai dari identitas, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, kelebihan kekurangan hingga pesan moral yang terkandung dalam novel tersebut. Yuk di simak ya!

Identitas Novel

Judul NovelKKPK Arti Sahabat
PenulisPatiyyah Hamasah
Jumlah halaman148 halaman
Ukuran buku21×15 cm
PenerbitPT. Dar! Mizan
KategoriFiksi
Tahun Terbit2011
Harga novelRp.30.000,-

Novel arti sahabat ini merupakan sebuah karya dari Patiyyah Hamasah yang mulai diterbitkan pada tahun 2011 oleh PT. Mizan dan memiliki ketebalan mencapai 148 halaman.

Sinopsis Novel Arti Sahabat

Berikut deskripsi singkat novel arti sahabat.

Wah, kotak musik? Ini, kan barang mahal! Juliete kaget banget mendapatkan kado spesial dari Vanessa pada hari ulang tahunnya. Bagaimana bisa Vanessa membelinya?

Selain kisah persahabatan Juliete dan Vanessa. Ada juga cerita Wanda yang bertemu alien dan diajak jalan-jalan ke luar angkasa. Seru dan lucu!

Soalnya alien itu ngomongnya belepotan, alias salah melulu. Bahkan alien itu bisa bahasa Jawa. Hihihi….

Masih banyak loh, cerita-cerita lainnya yang enggak kalah seru, di baca yuk!
Seri KKPK atau Kecil Kecil Punya Karya ini merupakan media literasi bagi anak-anak untuk membuat kreasi berupa cerita.

Cerita-cerita yang dimuat KKPK berisi tentang kehidupan anak-anak, ditulis oleh anak-anak dan dibuat untuk anak-anak.

Tema yang diangkat dalam KKPK juga memiliki tema yang beragam mulai dari persahabatan, misteri, petualangan, fashion, keluarga dan lain sebagainya.

Dan tentunya cerita yang diterbitkan KKPK telah melalui tahap seleksi dan evaluasi yang cukup cermat.

KKPK selalu membuat berbagai inovasi dalam edisi-edisi yang lain. selain berbentuk novel reguler, seri KKPK pun mempelepori edisi komik yang juga di buat oleh anak-anak.

Sehingga dapat membentuk komunitas membaca dan penulis setia yang erat dan terjaga.

Bahkan sudah banyak pembaca yang terinsfirasi dan berinisiatif untuk menulis dan mengirimkan karyanya sendiri ke redaksi.

Kamu tertarik juga untuk ikut bergabung di sini untuk lebih jelas cerita arti sahabat bisa kamu baca secara langsung di bukunya. Banyak pesan moral yang terkandung dalam setiap cerita mengenai arti persahabatan.

Meskipun konsepnya anak-anak tapi cerita-cerita mereka sungguh membuat perasaan kita terharu dan membuat kita merasa flashback pada masa-masa mereka yang memiliki sahabat kecil dengan berbagai kenangan di dalamnya.

Unsur Intrinsik Novel

Dalam resensi novel arti sahabat terdapat unsur intrinsik di dalamnya yang mungkin belum kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel arti sahabat ini yaitu kumpulan cerpen mengenai persahabatan anak-anak yang terjalin secara tulus dan apa adanya.

2. Tokoh dan Penokohan

Berikut merupakan beberapa tokoh yang terdapat dalam novel arti sahabat, diantaranya adalah:

  • Juliete, ia merupakan anak yang cantik dan juga baik dan memiliki sahabat baik bernama Vannesa
  • Vannesa, ia merupakan sahabat kecil Juliete yang selalu mengerti apa yang sahabatnya inginkan dan tidak pernah memperhitungkan yang penting sahabatnya senang
  • Wanda ia merupakan gadis berhati baik yang mau bersahabat dengan alien
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya dalam novel arti sahabat

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel arti sahabat ini terdapat alur campuran baik alur maju dan alur mundur. Tapi dari kebanyakan cerita yang ada di dominasi oleh alur maju.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini sama seperti halnya novel lainnya yaitu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel yaitu di jalan raya, di rumah Juliete, di sekolah di halaman rumah dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini menggunakan sudut pandang campuran. Namun kebanyakan menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami karena memang di khususkan untuk anak-anak. Sehingga bahasa juga bahasa anak-anak yang sederhana.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel yaitu sahabat adalah orang yang paling dekat dengan kita, dia tahu apa yang kita inginkan dan mereka selalu ada saat kiat membutuhkannya.

Unsur Ekstrinsik Novel

Berikut merupakan unsur ekstrinsik novel, diantaranya adalah:

1. Nilai Moral

Sikap Vanessa yang tahu apa saja yang diinginkan oleh sahabatnya. Dan ia begitu royal dan baik terhadap sahabat yang ia sayangi.

2. Latar Belakang Pengarang

Fatimah Hamasah merupakan anak kelahiran di Jakarta pada tanggal 7 Juli 1999 dan ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Ia mulai menjalani karirnya sebagai penulis pada sejak ia berusia 12 tahun.

Kelebihan Novel

  • Banyak memberikan pesan moral
  • Ceritanya tulus dan khas anak-anak banget
  • Bahasa yang ringan dan mudah dipahami termasuk anak-anak

Kekurangan Novel

  • Cover bukunya dengan anime Jepang aku merasa kurang cocok serasa gak Indonesia banget gitu

Pesan Moral Novel Arti Sahabat

Terakhir dari resensi novel arti sahabat yaitu pesan moralnya adalah: sahabat adalah orang yang paling dekat dengan kita, dia tahu apa yang kita inginkan dan mereka selalu ada saat kiat membutuhkannya.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Info Menarik Lain untuk Kamu: