Resensi: Sinopsis Novel Assalamualaikum Calon Imam Singkat

Berikut ini merupakan Sinopsis novel assalamualaikum calon imam. Jika kamu Ingin membeli novel ini? Yuk, baca dulu resensinya. Agar, kamu tidak menyesal nanti setelah membeli novelnya.

Dalam artikel ini akan di jelaskan beberapa unsur-unsur resensi yang kamu butuhkan. Seperti identitas, kelebihan dan kekurangan serta unsur intrinsik dari novel tersebut secara lengkap.

Identitas Novel Assalamualaikum Calon Imam

Berikut di bawah ini merupakan identitas dari novel Assalamualaikum Calon Imam diantaranya:

Judul NovelAssalamualaikum Calon imam
PenulisIma Madaniah
PenerbitCoconut Books
Kategoriromance religi
Tahun Terbit2018

Sinopsis Assalamualaikum Calon Imam

sinopsis novel assalamualaikum calon imam

Sinopsis Assalamualaikum Calon Imam mengisahkan seorang wanita muslimah yang sholehah bernama Nafisya. Nafisya mengalami trauma terhadap kisah percintaan.

Disebabkan oleh figur seorang ayah yang harusnya menjadi contoh baik untuk putrinya malah memberikan luka karena sang ayah lebih memilih istri kedua dibanding ibunya.

Nafisya tidak pernah mempunyai pikiran untuk menikah. Hatinya merespon bahwa menikah adalah salah satu sunah dari baginda Nabi Muhammad SAW.

Namun, bukan perkara mudah ketika seorang anak berusia 5 tahun mendengar perceraian kedua orang tuanya. Sehingga, menjadikannya membenci sosok sang ayah. Dan membuatnya tak percaya terhadap laki-laki.

Di balik rasa traumanya Nafisya ada salah satu dokter tampan yang menjadi dosen di fakultas farmasi dan merupakan salah satu dosen Nafisya.

Nafisya yang bercita-cita ingin menjadi seorang Farmasi dan juga penghapal al-qur’an. Sang dokter tersebutlah yang telah membuat warna dalam kehidupan Nafisya. Dan sekaligus mengubah rasa traumanya.

Baca juga: Resensi Novel Sang Pemimpi

Unsur Intrinsik Novel Assalamualaikum Calon Imam

sinopsis novel assalamualaikum calon imam
  1. Tema, tema yang di ambil dalam novel ini yaitu tema persahabatan dan percintaan yang dikombinasikan dengan kesan religi.
  2. Tokoh utama, Nafisya dan Alif
  3. Tokoh tambahan, Umi, Abi, Rachel, Fadil dan Fadli, Aris, Rara, Jiad, Zahra, Dinda, Kahfa, Nayla
  4. Latar tempat, latar tempat yang terdapat pada novel Assalamualaikum calon imam sangat banyak seperti rumah nafisya, gedung fakultas kedokteran, rumah sakit, meja makan, halte bus, jalan raya, panti asuhan, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  5. Latar waktu pada novel ini yaitu siang, sore dan malam hari.
  6. Suasana, sedih, tegang, kecewa, bahagia, marah, canggung, dan panik.
  7. Sudut pandang, pada novel Assalamualaikum Calon Imam ini menggunakan sudut pandang orang pertama
  8. Alur, alur yang digunakan dalam novel Assalamualaikum Calon Imam adalah alur maju.

Kelebihan & Kekurangan Novel Assalamualaikum Calon Imam

sinopsis novel assalamualaikum calon imam

Novel Assalamualaikum Calon Imam ini tentunya memiliki kekurangan dan juga kelebihan berikut menurut saya kelebihan dan kekurangan dari novel tersebut diantaranya:

1. Kelebihan Novel Assalamualaikum Calon Imam

Buku ini banyak mengajarkan kepada kita tentang nilai kehidupan seperti kesabaran, motivasi, dan selalu istoqomah kepada Allah SWT.
• buku ini memuliki alur yang mengalir namun enak dibaca. Sehingga meski begitu tidak membuat pembaca cepat bosan

2. Kekurangan Novel Assalamualaikum Calon Imam

• kekurangan dari buku novel Assalamualaikum Calon Imam ini adalah kurangnya pengejaan kata yang kurang baku seperti notification yang berarti “pemberitahuan”
• kekurangan lainnya dalam novel Assalamualaikum Calon Imam adalah masih banyaknya typo yang sering terjadi di beberapa bagian percakan.

Baca juga: Resensi Novel Surat Kecil untuk Tuhan 

Pesan Dalam Novel Assalamualaikum Calon Imam

Pesan yang disampaikan dalam novel Assalamualaikum calon imam ini adalah selalu bersyukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan.

Berprasangka baiklah terhadap Allah, yakinlah dengan istiqomah kepada Allah, Allah telah memiliki rencana yang baik untuk setiap hambanya.

Akhir Kata

Sinopsis Novel Assalamualaikum Calon Imam ini ditulis secara singkat saja. Namun tidak mengurangi maksud dan tujuan serta isi dari novel ini secara keseluruhan.

Semoga membantu dan bermanfaat khususnya bagi kamu yang memang sedang mencari informasi seperti ini. Jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial kamu.

Tinggalkan komentar