8 Syarat Menerbitkan Buku Sendiri di Berbagai Penerbit

By

Menerbitkan buku sendiri bukanlah perkara yang mudah dilakukan. Selain isi buku, juga ada banyak syarat-syarat yang harus dipenuhi, baik teknis ataupun pengiriman naskah buku. Memang apa saja syarat menerbitkan buku sendiri yang diberikan oleh penerbit?

Setiap penerbit hakikatnya memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda, terutama beberapa penerbit mayor. Walau demikian, ada beberapa persyaratan umum yang harus ditaati oleh setiap penulis.

Sebelum mulai menerbitkan buku, kamu tentu wajib tahu syarat-syarat penerbitan buku agar naskah buku tidak di tolak oleh pihak penerbit.

1. Minimal Buku 70-150 Halaman

Syarat Menerbitkan Buku Sendiri

Jika kamu ingin menerbitkan buku di Gramedia, syarat utama yang harus kamu penuhi adalah ketebalan buku yang kamu tulis minimal 70 halaman dan maksimal 150 halaman.

Jika kamu menerbitkannya di penerbit lain, mungkin tingkat ketebalannya sedikit lebih tipis atau mungkin sebaliknya. Sebelum kamu menerbitkan buku, periksa dulu syarat minimal penerbitan buku di penerbit yang akan kamu pilih.

2. Dilengkapi dengan Gambar

Syarat Menerbitkan Buku Sendiri

Jika buku yang kamu tulis ini target pembacanya adalah anak-anak, maka kamu wajib menyertakan gambar pada naskah buku tersebut. Hal ini akan buku lebih ilustratif dan lebih menarik bagi pembaca kamu.

Di Gramedia hal ini wajib kamu lakukan. Jika tidak, maka buku kamu tidak akan mereka terbitkan. Namun, jika buku kamu ini target pembacanya adalah orang dewasa maka gambar bukanlah syarat utama.

3. Ditulis dengan Format Penulisan Khusus

Syarat Menerbitkan Buku Sendiri

Syarat menerbitkan buku sendiri lainnya yang harus kamu perhatikan adalah format penulisannya. Di beberapa penerbit baik mayor ataupun lainnya, biasanya naskah buku harus ditulis dengan format khusus.

Baik dari jenis huruf, spasi, ukuran hingga jenis kertas harus dibuat dengan format khusus. Jika kamu menerbitkan buku kamu ke Gramedia, maka kamu harus membuat naskah buku dengan jenis huruf times new roman, ukuran 12 pt, spasi 1.5, dan menggunakan kertas A4.

4. Isi Buku Tidak Mengandung Unsur Sara

Syarat Menerbitkan Buku Sendiri

Di hampir semua penerbit, tidak memperbolehkan isi buku sara, ujaran kebencian ataupun materi lain yang dapat menimbulkan perpecahan dan kegaduhan publik. Hal ini sangat dilarang dan tidak ada penerbit yang akan menerimanya.

Maka sebelum kamu menerbitkan buku, pastikan isi kamu tidak memiliki unsur sara dan pertentangan ataupun hal lainnya yang dilarang.

5. Naskah Buku Dijilid Rapi

Syarat Menerbitkan Buku Sendiri

Naskah buku juga harus dijilid dengan rapi agar bisa diterima oleh pihak penerbit. Pihak penerbit akan menganggap kamu serius ingin menerbitkan buku tersebut.

Gunakan jilid buku yang bagus dan rapi. Desainnya buat dengan desain yang menarik agar pihak penerbit lebih yakin dengan kualitas buku yang kamu buat.

6. Dibungkus Rapi dengan Map

Syarat Menerbitkan Buku Sendiri

Setelah buku dijilid dengan rapi dan menarik, naskah buku juga harus di packing dengan rapi. Masukkan buku ke dalam map ataupun kertas kotak yang rapi. Sehingga buku tidak akan lecet dan terbungkus dengan aman dan rapi.

7. Dikirim Via Post atau Email

Syarat Menerbitkan Buku Sendiri

Kemudian kirimkan buku dengan menggunakan kantor pos. Jangan pakai yang lain, melalui pos naskah buku kamu akan dikirim ke alamat penerbit dengan baik. Pihak kantor pos akan mengirimkan naskah buku ke alamat penerbit yang dimaksud.

8. Menunggu Naskah Buku di ACC

Syarat Menerbitkan Buku Sendiri

Tunggu proses pengiriman naskah buku sampai dan diterima oleh pihak penerbit. Pihak penerbit akan membutuhkan waktu maksimal selama 3 bulan. Jika selama 3 bulan kamu tidak mendapatkan balasan dari pihak penerbit, artinya buku kamu ditolak dan tidak akan diterbitkan.

Jika kamu mengalami hal ini, maka silahkan kamu kirimkan naskah buku kamu ini ke penerbit lainnya. Namun selama 3 bulan jangan kamu kirimkan ke penerbit lain sebelum ada informasi dari penerbit pertama yang kamu kirimkan naskah bukunya.

Nah itulah beberapa syarat menerbitkan buku sendiri di berbagai penerbit baik di Gramedia, Deepublish, Mizan, Bukune dan lainnya. Pastikan semua syarat-syarat ini kamu perhatikan sebelum kamu mengirimkan naskah buku yang sudah kamu buat. Tujuan utamanya tentu agar buku kamu memiliki peluang diterima lebih besar oleh pihak penerbit.

Tinggalkan komentar

jasa update blog

Full time Blogger, Content Writer dan pelajar jadi satu. Suka solo touring dan kopi hitam.

Resources

Beranda

Tentang

Kontak

Kontak

Hy@Mustakim.org

0896-0896-0097