It’s Me Kim

Hallo, perkenalkan saya adalah Mustakim, seorang pria biasa asli pedesaan yang lahir di wilayah ujung Selatan Jawa Barat yang mungkin jika saya sebutkan masih jarang orang yang tahu nama daerahnya. Kata sederhana mungkin sangat cocok bagi saya. Karena baik penampilan ataupun financial saya lebih sederhana ketimbang terlihat lebih.

Saat ini saya berprofesi sebagai seorang digital writer dan Blogger. Saya mengelola beberapa blog pribadi dan menjual jasa tulis artikel dan backlink. Di halaman ini, kamu akan sedikit mengenal latar belakang saya dan blog ini secara singkat.

Kuliah: STAI Sabili Bandung 2016

Walau saat ini saya bekerja sebagai seorang Blogger, gelar pendidikan saya adalah Sarjana Pendidikan Agama Islam. Walau begitu, rasa suka saya dengan internet membuat saya terus bergelut di bidang ini walau dengan segenap keterbatasan pengetahuan.

Kerja di Pabrik 2016

Setelah lulus kuliah tidak membuat saya untuk bekerja di dinas pendidikan. Sebaliknya, saya malah kerja di pabrik. Bukan tanpa alasan, waktu itu saya butuh banget uang yang cukup untuk bertahan hidup di Bandung dan lunasin sisa biaya kuliah yang masih nunggak ke kampus.

Mulai Nulis di Blog 2017

2017 adalah awal saya pertama kali kenal dengan blog dan mulai menulis di blog. Dengan keterbatasan pengetahuan tentang dunia blogging sayapun belajar instal blog pakai WordPress dengan tutorial yang ada di YouTube. Alhasil blog saya jadi dan mulai nulis + bikin artikel seadanya.

Pertama ngeblog, saya gak tahu artikel yang berkualitas itu seperti apa, artikel SEO itu gimana nulisnya pokoknya serba mulai dari nol. Bahkan untuk sekedar ganti template blog saja, saya tanya ke CS hosting yang saya gunakan waktu pertama ngeblog.

Buka Jasa Artikel 2018

Tahun 2018 saya kena PHK dari pabrik tempat saya kerja. Karena perusahaan waktu itu sadang pailit dan memaksa saya untuk out dari kantor. Karena saya punya cicilan, saya cari-cari peluang yang bisa datangkan uang. Hal yang paling cepat datangkan uang saat itu adalah menulis artikel.

Awalnya saya belajar menulis artikel sama temen sekalian saya kerja. Selama 2 tahun saya kerja bareng sama dia, akhirnya saya putuskan untuk buka jasa sendiri.

Fulltime Blogger 2018

Setelah PHK, belajar bikin artikel dan rasain gimana enaknya dapet duit dari internet, akhirnya saya putuskann untuk jadi seorang fulltime Blogger. Walau ini bukan keputusan yang mudah sebenarnya. Tapi saya akan berusaha konsisten dengan jalan Ninja saya ini he.

Saya selalu percaya, bahwa interent memiliki sisi kehidupan yang menarik dan cocok dengan saya. Internet menyajikan banyak peluang yang tidak pernah saya temukan di tempat kerja saya sebelumnya. Bahkan dari sisi financial sekalipun, rasanya saya tidak perlu lagi memikirkan tanggal tua, layaknya seperti bekerja dengan bos saya sebelumnya.

logo pavicon mustakim org 2

“Saya ini hanya seorang Blogger pemula yang masih harus banyak belajar. Tulisan di blog ini bukan bukti kemampuan saya, tapi bukti bahwa saya sedang belajar.”

— Mustakim