Analisis Laporan Keuangan dan Contoh Metodenya

Analisis Laporan Keuangan dan Contoh Metodenya

Analisis laporan keuangan menjadi bagian penting dalam aktivitas bisnis. Secara sederhana, analisis laporan keuangan adalah aktivitas yang dilakukan untuk mengidentifikasi, menilai dan membandingkan informasi yang terdapat dalam sebuah laporan keuangan.

Laporan keuangan tak hanya dibaca saja. Perlu adanya analisis secara komperehensif untuk bisa menilai apakah laporan keuangan itu valid atau tidak. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan oleh para pelaku dan pegiat bisnis. Berikut ini ulasan tentang analisis laporan keuangan.

Memahami Konsep Analisis Laporan Keuangan

Laporan keuangan memang perlu mendapatkan atensi khusus. Pada dasarnya analisis laporan keuangan memang penting untuk memastikan apakah laporan yang telah dibuat itu sesuai dengan kondisi di lapangan atau tidak. Analisis yang dilakukan itu meliputi beberapa macam hal.

Buat para pengusaha, analisis laporan keuangan itu jadi faktor fundamental dalam penilaian perusahaan. Sebuah perusahaan bisa dinilai bagus atau tidak berdasarkan hasil laporan keuangannya. Bahkan, prospek dari perusahaan juga bisa dilihat dari sana.

Itulah kenapa banyak perusahaan yang selalu melakukan analisis terhadap laporan keuangan. Semuanya untuk memastikan semua elemen data terpenuhi dan laporan tersebut valid. Perusahaan perlu melakukan analisis secara tepat biar segala aspek bisa dilihat baik dan buruknya.

Tujuan Dilakukan Analisis Laporan Keuangan

Tentunya adanya tujuan utama dari analisis laporan keuangan. Dengan melakukan analisis laporan keuangan yang tepat, segala sesuatunya akan berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa tujuan utama dari analisis laporangan keuangan pada sebuah perusahaan.

1. Bahan Pertimbangan Buat Investor

Salah satu tujuannya dilakukan analisis laporan keuangan adalah mendapatkan pertimbangan dalam melakukan analisis laporangan keuangan. Ketika ada investor yang mau kerja sama, mereka pasti akan melakukan analisis laporan keuangan untuk tentukan layak tidaknya berikan investasi.

2. Evaluasi Kondisi Finansial

Analisis laporan keuangan itu juga dilakukan untuk evaluasi kondisi finansial sebuah perusahaan. Evaluasi kondisi keuangan dari sebuah perusahaan itu memang penting untuk tujuan kerja sama. Sehingga, memang perlu evaluasi menyeluruh tentang kondisi finansial perusahaan.

3. Pedoman Penentuan Pajak

Buat pemerintah, analisis laporan keuangan bertujuan untuk dasar penentuan pajak. Besaran pajak memang bisa ditentukan melalui analisis kepada laporan keuangan. Karena itu, proses analisis laporan keuangan itu juga dilakukan agar pajak bisa ditentukan dengan lebih mudah.

4. Melihat Prospek Suatu Perusahaan

Analisis laporan keuangan juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk melihat apakah sebuah perusahaan itu memiliki prospek yang cerah atau tidak. Karena itu, tujuan utama dari analisis laporan keuangan adalah menentukan prospek suatu perusahaan bagus atau tidak.

Metode Analisis Laporan Keuangan

Terdapat beberapa metode analisis laporan keuangan yang bisa diterapkan. Sejumlah metode ini dapat dipakai langsung untuk menentukan valid tidaknya sebuah laporan keuangan. Ini dia beberapa metode analisis laporan keuangan yang bisa diterapkan di sebuah perusahaan.

1. Common Size Financial Statement

Pertama ada metode common size financial statemen. Pada metode ini, laporan tentnag laba rugi pada sebuah perusahaan dinyatakan sebagai presentase penjualan. Kemudian akun neraca dinyatakan sebagai presentas dari total aset dari perusahaan.

Pada metode ini, informasi tentang laporan keuangan didasarkan pada nilai presentase. Karena disajikan melalui presentase, laporan keuangan akan lebih mudah dibaca dan dimengerti. Metode ini layak digunakan pada perusahaan rintisan yang baru berdiri.

2. Metode Index Time Series

Berikutnya ada metode Index Time Series. Ini adalah metode yang menentukan bagaimana kinerja sebuah perusahaan dari waktu ke waktu. Kinerja berdasarkan waktu ini memang jadi bagian penting dalam melihat kualitas sebuah perusahaan.

Pendekatan waktu ini memang lebih ditekankan untuk melihat seperti apa kinerja perusahaan dalam meraih pendapatan atau laba dalam periode tertentu. Bisa dibilang, ini adalah salah satu cara analisa laporan keuangan yang amat populer.

3. Teknik Analisis Pertumbuhan

Kemudian ada metode atua teknik analisis pertumbuhan. Ini adalah metode analisis laporan keuangan dengan cara membandingkan kenaikan dan penurunan posisi laporan. Analisisnya didasarkan pada periode atau waktu tertentu.

Proses membandingkan laporan keuangan dari waktu ke waktu ini dinilai lebih efeisien. Jadi kinerja dari sebuah perusahaan pada waktu tertentu itu bisa dilihat, apakah bagus atau tidak. Baik buruknya perusahaan bisa dinilai dari sana.

4. Analisis Industri

Analisis industri juga merupakan metode analisis laporan keuangan yang bisa diterapkan. Pada metode ini, analisis dilakukan dengan membandingkan perusahaan satu dengan yang lainnya. Hal bertujuan untuk melihat prospek finansial ketika akan lakukan investasi.

Cara atau metode ini banyak digunakan karena bisa hasilkan data yang valid mengenai bagus atau tidaknya kinerja perusahaan jika dibandingkan dengan yang lain. Para investor akan lebih mudah dalam melakukan penilaian nantinya.

Langkah – Langkah dalam Analisis Laporan Keuangan

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam analisis laporan keuangan. Sejumlah langkah ini wajib diperhatikan supaya penilaian terhadap laporan keuangan bisa dilakukan dengan benar. Berikut ini langkah atau tahapan yang perlu dilakukan dalam analisis laporan keuangan.

1. Pemeriksaan Latar Belakang Perusahaan

Langkah pertama adalah pemeriksaan latar belakang perusahaan terlebih dulu. Proses pemeriksaan latar belakang ini jadi tahapan awal untuk memulai analisis laporangan keuangan. Cek latar belakang ini meliputi apa saja bidang usaha sampai kebijakan akuntansi yang diterapkan suatu perusahaan.

2. Perhatikan Faktor – Faktor Tertentu

Langkah selanjutnya adalah memperhatikan faktor – faktor tertentu yang berpengaruh pada keadaan finansial perusahaan. Misalnya seperti pajak yang perlu dibayarkan, inflasi yang terjadi sampai dengan besaran suku bunga yang telah ditetapkan.

3. Buat Review Laporan Keuangan

Tahapan selanjutnya adalah membuat review atau ulasan laporan keuangan. Salah satu pedomannya adalah apakan laporan keuangan perusahaan sudah memakai Standar Akuntansi Keuangan atau SAK. Cobalah untuk lakukan review secara mendalam dengan tepat.

4. Lakukan Analisa

Ketuka review sudah dilakukan, maka tahapan berikutnya adalah melakukan analisa. Proses untuk melakukan analisa ini bisa memakai teknik yang sudah dijelaskan sebelumnya. Ikuti semua langkah dan tahapan dari teknik analisa laporan keuangan yang telah dipilih.

5. Membuat Kesimpulan

Jika semua tahapan atau proses sudah dilakukan, maka langkah akhir adalah membuat kesimpulan. Kesimpulan memang perlu dibuat berdasarkan seluruh tahapan yang dilakukan. Karena itu, pastikan buat kesimpulan yang tepat dan sesuai dalam analisis laporan keuangan.

Kesimpulan

Buat para pengusaha yang mau lakukan kerja sama bisnis dengan pengusaha yang lain, analisis laporan keuangan memang cukup krusial. Hal ini bisa menentukan apakah sebuah perusahaan itu punya prospek yang cerah untuk diajak kerja sama dalam waktu yang panjang.

Selain itu, dalam menyukseskan aktivitas bisnis dan ekonomi, laporan keuangan yang ada itu harus dianalisis dengan baik dan benar. Maka dari itu, analisis laporan keuangan itu menjadi salah satu aspek penting dalam sukseskan kegiatan dan aktivitas ekonomi.

Artikel Menarik Lainnya: