Audit Operasional Adalah: Pengertian, Manfaat, Pelaksanaan

Audit Operasional Adalah, Pengertian, Manfaat, Pelaksanaan

Audit operasional adalah salah satu metode untuk melakukan pemeriksaan terhadap entitas yang menjalankan sebuah bisnis. Pada hakekatnya, audit operasional ingin melakukan evaluasi terhadap efektivias, efisiensi hingga kecakapan dalam sebuah kegiatan berbisnis orang atau badan.

Dalam dunia bisnis, audit operasional ini memang punya peran yang cukup signifikan. Melalui proses audit operasional akan bisa dilihat apakah sebuah entitas bisnis ini mampu berjalan dengan baik atau tidak. Berikut ini penjelasan mengenai audit operasional dan manfaatnnya.

Memahami Audit Operasional

Secara sederhana, audit operasional itu bisa diartikan sebagai proses pemeriksaan terhadap perusahaan yang sedang menjalankan bisnis. Entah jalankan bisnis dalam menjual produk atau jasa. Audit ini dimaksudkan untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap kinerja perusahaan.

Dalam setahun, audit operasional minimal dilakukan satu kali. Ini untuk mengetahui seluk beluk kinerja dari perusahaan dalam setahun. Namun ada juga perusahaan yang melakukan audit operasional per 3 tahun atau 5 tahun sekali.

Dalam bidang ekonomi dan bisnis, audit operasional ini memang jadi elemen penting untuk memuat entitas bisnis atau perusahaan berjalan dengan baik. Maka dari itu, kalau memiliki sebuah perusahaan yang ingin dikembangkan, jangan lupa untuk lakukan audit operasional.

Pada proses audit operasional ini, audito akan melakukan seraingkaian langkah. Mulai dari analisis, pemeriksaan hingga pemeriksaan keuangan. Semua langkah ini akan dilakukan sesuai dengan rencana dari awal. Untuk itu, perhatikan segala macam proses audit dengan tepat.

Manfaat Audit Operasional

Tentunya ada banyak manfaat dari audit operasional yang dilakukan. Semuanya akan hasilkan seusatu yang positif. Berikut ini beberapa contoh dari manfaat audit operasional yang dilakukan oleh sebuah entitas bisnis atau perusahaan.

1. Memberikan Perubahan Positif

Salah satu manfaat dari audit operasional adalah memberikan perubahan positif. Perubahan positif ini memang jadi sesuatu yang penting dan krusial bagi sebuah perusahaan. Itulah kenapa wajib dilakukan audit operasional secara baik dan benar.

Memang akan ada hasil berupa perubahan positif dalam sebuah perusaaan usai dilakukan audit. Ini akan jadi hal yang sangat penting buat semua perusahaan yang ingin maju. Tiap perusahaan akan dapatkan perubahan yang diingingkan jika lakukan audit dengan tepat.

2. Meingkatkan Efektivitas Usaha atau Bisnis

Manfaat lainnya adalah meningkatkan efektivitas usaha dan bisnis. Melakukan audit operasional itu memang bisa langsung tingkatkan efektivitas usaha di sebuah entitas bisnis. Dengan pelaksanaan audit operasional secara rutin, efektivitas ini bisa didapatkan.

Efektivitas dalam sebuah perusahaan itu memang sangat penting. Dengan peningkatan efektivitas ini, sebuah perusahaan akan berjalan dengan lebih bagus lagi ke depannya.

3. Mengidentifikasi Peluang dan Resiko

Audit operasional itu juga bisa digunakan untuk dientifikasi peluang dan resiko. Proses identifikasi peluang dan resiko apa saja dalam sebuah usaha yang dilakukan ini memang bisa kentara. Segala macam info peluang dan resiko memang perlu mendapatkan atensi lebih.

Dari audit operasional yang dilakukan dengan baik, memang banyak peluang maupun resiko yang terlihat. Peluang dan resiko itu bisa dilihat dengan baik dan akhirnya bisa ambil keputusan dari informasi yang ada tersebut.

4. Evaluasi Kinerja Karyawan

Manfaat lainnya adalah melakukan evaluasi terhadap kinerja dari karyawan. Evaluasi terhadap kinerja dari SDM di sebuah perusahaan itu memang penting untuk dilakukan. Melalui evaluasi yang tepat, karyawan akan semakin produktif sehingga keuntungan perusahaan bisa meningkat.

Pelaksanaan evaluasi ini memang bisa dilakukan lewat cara apa saja. Termasuk menggunakan laporan dari audit operasional untuk melihat apakah kinerja dari karyawan sudah sesuai atau belum.

Pelaksanaan Audit Operasional

Pelaksanaan audit operasional itu juga penting untuk dipahami. Ada beberapa proses atau tahapan untuk melakukan audit operasional. Proses pelaksanaan audit ini memang harus melewati sejumlah tahapan. Ini dia tata cara dan tahapan tentang pelaksanaan audit operasional.

1. Memilih Auditor

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan auditor yang akan dipakai. Pemilihan auditor ini memang jadi sesuatu yang krusial. Sebab, auditor ini akan berperan menyediakan informasi yang dibutuhkan dalam sebuah perusahaan.

2. Perencanaan Proses Audit

Tahap selanjutnya adalah perencanaan proses audit. Tahap perencanaan ini memang punya peran yang sangat krusial juga. Auditor yang sudah ditunjuk diharapkan untuk melakukan kooridnasi dengan pihak perusahaan dalam perencanaan audit.

3. Mulai Proses Audit

Langkah selanjutnya adalah memulai proses audit. Proses audit ini memang wajib dilakukan dengan tepat. Audit memang perlu dilaksanakan dengan tepat dan cermat. Semua komponen harus diperiksa sesuai dengan perencanaan yang dilakukan sebelumnya.

4. Pelaporan

Saat sudah selesai audit, akan disusun laporan secara terperinci. Laporan itu nantinya akan diserahkan kepada pihak perusahaan. Biasanya, laporan resmi akan selesai dan bisa diserahkan dalam kurun waktu 2 sampai 3 hari.

5. Tindak Lanjut Usai Pelaporan

Setelah mendapatkan laporan audit operasional, maka langkah berikutnya adalah buat perusahaan adalah melakukan tindak lanjut. Tindak lanjut atau follow up yang dilakukan berupa ambil kebijakan berdasarkan laporan dari audit operasional.

Hal Penting dalam Audit Operasional

Ada sejumlah hal penting dalam audit operasional dalam sebuah perusahaan. Sejumlah hal penting ini memang perlu diperhatikan biar proses audit operasional bisa berjalan dengan lebih lancar. Ini dia beberapa faktor dan hal penting dalam audit operasional.

1. Persiapan Dokumen Terkait

Salah satu hal penting dalam proses aduit operasional adalah mempersiapkan aneka dokumen terkait. Dengan mempersiapkan dokumen yang tepat, proses aduit bisa berjalan lebih cepat dan lancar. Ini adalah sesuatu yang memang harus dipersiapkan sedari awal.

2. Perencanaan Audit dengan Rinci

Perencanaan audit dengan rinci itu juga penting untuk dilakukan dari awal. Melakukan perencanaan audit seccara detail dan rinci itu memang perlu mendapatkan atensi khusus. Tanpa perencanaan yang matang, audit operasional tak akan bisa dilakukan dengan baik.

3. Pemilihan Personel

Pemilihan personel auditor juga jadi hal yang penting. Ada baiknya untuk memilih personel yang sudah berpengalaman. Dengan personel yang memang telah berpengalaman, proses audit operasional akan berlangsung dengan lebih cepat.

4. Fakta di Lapangan

Fakta lapangan harus jadi perhatian utama juga. Pemeriksaan memang harus berdasarkan fakta yang benar – benar ada di lapangan. Tanpa lakukan cek dan ricek sesuai fakta di lapangan, audit operasional tak bisa dijalankan dengan baik.

Kesimpulan

Audit operasional adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan dalam bidang bisnis. Setelah dilakukan audit operasional, dapat dilihat seperti apa aktivitas dan kegiatan bisnis dari sebuah entitas. Penilaian ini didasarkan pada hasil audit operasional yang tepat.

Pada intinya audit operasional ini memang jadi salah satu bagian penting untuk memajukan sebuah perusahaan. Dengan audi operasional yang dilakukan dengan baik, sebuah perusahaan bisa lebih maju dan bergerak dengan baik ke arah yang lebih baik.

Artikel Menarik Lainnya: