Berapa Ukuran Foto Dan Video IG Feed Dan Story?

Berapa Ukuran Foto dan Video IG Feed dan Story?

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Instagram dapat menghadirkan berbagai jenis konten mulai dari foto, video, hingga story. Namun, tahukah kamu ukuran foto dan video IG yang tepat? Setiap postingan harus memenuhi syarat ukurannya supaya tidak terpotong.

Agar konten yang dihasilkan sangat rapi dan terlihat bagus ketika dilihat, kamu harus mengetahui dulu ukuran foto dan video IG. Berikut ini penjelasannya.

Ukuran Foto dan Video IG Berdasarkan Rasio dan Resolusi

Secara umum, kita hanya melihat foto di Instagram ditampilkan berukuran kotak sementara video reels memanjang memenuhi layar. Padahal, setiap postingan tersebut ada ukurannya.

Saat ini ukuran foto dan Video IG telah mengalami perubahan, ada 3 jenis ukuran foto dan video IG yakni square, landscape, dan portrait.

1. Landscape

Postingan foto jenis landscape atau persegi panjang biasanya memiliki ukuran antara 1080×608 pixels disertai rasio 1.91×1. Tidak terdapat perbedaan ukuran foto dan video IG secara landscape.

2. Portrait

Berikutnya adalah portrait, biasanya tampilan gambarnya berukuran vertikal. Ukuran resolusi pada postingan portrait antara 480×600 hingga1080x 1350.

Sementara itu, ukuran rasionya 4:5, umumnya jenis ini digunakan untuk membagikan konten outfit off the day.

3. Square

Sementara itu, square merupakan jenis ukuran paling umum digunakan. Ukurannya 1080×1080 disertai rasio 1:1.

Foto-foto ukuran square biasanya digunakan untuk posting foto selfie, membagikan flyer produk, dll.

Ukuran Foto dan Video IG Reels Secara Rasio, Resolusi, dan Durasi

Video di Instagram dikenal dengan Reels, setiap postingan IG reels juga memiliki ukuran khusus. Berapa ukuran video IG reels yang tepat? Berikut ini ukuran secara rasio, resolusi, dan durasi.

1. Rasio

Ukuran rasio pada konten IG reels biasanya terdiri dari 9:16 untuk foto sampul IG reels maupun seluruh videonya.

2. Resolusi

Sementara itu, untuk resolusi video IG reels1080x1920 pixel. Ukuranya hampir sama dengan video TikTok.

3. Durasi

Video IG reels memiliki ukuran durasi, kamu bisa memposting video reels dengan durasi antara 15, 30, 60, hingga 90 detik. Uniknya, dalam IG reels ini dapat ditambah efek hingga audio menarik.

Ukuran Instagram Story Foto dan Video

Konten Instagram lainnya adalah story dan live, story merupakan postingan yang bisa terhapus secara otomatis setelah 24 jam. Story bisa berisi foto hingga video singkat.

Untuk membuat story video, durasi maksimumnya mencapai 60 detik disertai rasio 9:16. Sementara itu ukuran resolusi video story antara 1080×1920 pixel. Sementara itu tidak terdapat perbedaan yang jauh antara story dan ukuran IG Live.

Ukuran Feed Instagram Puzzle Versi 3-9 Kotak

Postingan Instagram dapat dibuat seperti puzzle, umumnya ini dipilih untuk meningkatkan engagement. Ada opsi membuat postingan puzzle secara 3 dan 9 kotak.

1. Ukuran Feed Instagram 3 Kotak

Biasanya, ukuran postingan 3 kotak masing-masing memiliki rasio 1:1 dengan ukuran pixel 1080×1080 pixel. Pada saat mengedit, ukurannya menjadi 3:1 dengan resolusi 3240×1080 karena terdiri dari 3 foto.

2. Ukuran Feed Instagram 9 Kotak

Selain membuat feed 3 kotak, kamu juga bisa membuat feed dalam bentuk 9 kotak atau 9 foto. Ukuran setiap fotonya sama saja dengan postingan feed foto masing-masing memiliki rasio 1:1 dengan 1080×1080.

Cara Edit Foto untuk Instagram Sesuai Ukurannya

Bagi kamu yang mau membuat postingan untuk feed Instagram, kamu bisa mengeditnya dengan mudah melalui aplikasi Canva.

  1. Login ke Aplikasi Canva
  2. Di halaman beranda, pilih media sosial
  3. Scroll hingga ke bawah kemudian pilih Instagram
  4. Pilih konten Instagram
  5. Setelah itu secara otomatis kamu dapat mengedit foto atau membuat foto sesuai ukuran yakni 1080×1080 dengan rasio 1:1

Cara Membuat Foto Instagram Secara Puzzle

Setelah mengenal ukuran foto dan video IG, kamu akan lebih mudah mengatur ukurannya terutama kalau mau posting foto secara puzzle. Canva bisa digunakan untuk mengedit postingan secara puzzle.

  1. Silakan login ke aplikasi Canva atau website resminya
  2. Kemudian, pilih menu buat desain di bagian kanan atas
  3. Pilih konten Instagram yang berukuran 1080×1080
  4. Berikutnya, kamu harus mengatur ukuran foto agar lebih lebar menjadi 3240 px
  5.  Kemudian pilih menu “element” yang ada di sebelah kiri
  6. Selanjutnya, pilih element untuk membuat postingan puzzle, kamu bisa membuat foto Instagram dengan ukuran 3 kotak atau 9 kotak
  7. Jika sudah memilih element yang pertama, kamu juga harus mengatur line. Caranya kembali lagi ke element kemudian buat garis
  8. Setelah itu, kamu tinggal memasukkan foto-foto yang ingin dibuat secara puzzle
  9. Melalui Canva, foto IG telah diatur sesuai ukurannya sehingga terlihat pas. Kamu bisa memotong semua foto tersebut dengan aplikasi lain yang bernama pine tools
  10. Silakan potong foto-foto tersebut menjadi 3-9 bagian
  11. Berikutnya, posting foto yang tadi telah di edit

FAQ: Pertanyaan Seputar Ukuran Foto dan Video IG

Apa yang Terjadi Jika Postingan Foto atau Video IG tidak Sesuai Ukuran?

Adanya ukuran ini supaya postingan pas ketika dilihat dan muncul di beranda akun lain. Selain itu, kalau kamu mengunggah video yang durasinya lebih panjang dari pengaturan maka postingan akan terpotong otomatis.

Apakah Video IG sama dengan IGTV?

Video IG kini dikenal dengan reels, sedangkan fitur IG TV sudah dihapus sejak Maret 2022, Untuk saat ini, kamu hanya perlu mengenal ukuran foto dan video IG agar sesuai saja.

Berapa Ukuran Foto dan Video dalam Hitungan GB atau MB?

Kamu dapat memposting video reels Instagram dengan ukuran hingga 4GB sedangkan story video maksimal hingga 250MB. Setiap file yang di posting ke Instagram biasanya sudah memiliki kualitas 1080p hingga 4K dengan sistem 60fps.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: