Cara Bayar BPJS Lewat BRImo Beserta Biaya Adminnya

Cara Bayar BPJS Lewat BRImo Beserta Biaya Adminnya

Cara Bayar BPJS Lewat BRImo Beserta Biaya Adminnya

BRI kini memiliki aplikasi mobile banking terbaru yang bernama BRImo. Dengan BRImo maka transaksi pembayaran secara online semakin mudah kamu bisa transfer, bayar belanjaan hingga tagihan pakai aplikasi ini salah satunya bayar iuran BPJS.

Lantas bagaimana cara bayar BPJS lewat BRImo? Bagi kamu yang belum mengetahui caranya bisa simak penjelasan pada artikel ini selengkapnya. Akan dijelaskan syarat bayar, cara bayar hingga biaya admin juga kelebihannya. Simak sampai akhir ya!

Syarat Bayar BPJS Lewat BRImo

BPJS kesehatan memberikan kemudahan untuk peserta dalam membayar iuran wajib di beberapa kanal pembayaran. Salah satunya melalui BRImo.

Dan pembayaran melalui aplikasi BRImo ini dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan jaringan internet dan HP yang support. Sebelum melakukan cara bayar BPJS lewat BRImo alangkah baiknya kamu pahami dulu apa saja syarat bayar menggunakan cara ini.

Berikut kami telah merangkum beberapa syarat yang harus kamu penuhi, untuk bisa melakukan cara bayar ini, diantaranya adalah:

1. Memiliki Aplikasi BRImo

Nah, syarat yang pertama ketika kamu akan melakukan cara bayar BPJS lewat BRImo tentunya kamu perlu memiliki aplikasi BRImo dan untuk mendapatkan aplikasi ini kamu perlu menjadi salah satu nasabah BRI.

Dan tenang saja untuk menjadi nasabah BRI kmau tidak perlu repot ke kantor cabang loh kamu bisa daftar rekening secara online melalui aplikasi ini juga.

2. Memiliki Saldo BRImo

Dan selain memiliki aplikasi BRImo dan kamu perlu melakukan pendaptaran sehingga mendapatkan username dan juga password kemudian PIN untuk login dan konfirmasi pembayaran nantinya.

Dan tentunya saat melakukan cara bayar BPJS lewat BRImo kamu perlu memiliki saldo yang mencukupi untuk melakukan pembayaran iuran BPJS.

3. Memiliki Jaringan Internet

Tidak hanya memiliki aplikasi BRImo dan juga saldo yang mencukupi untuk melakukan pembayaran selanjutnya kamu juga perlu memastikan jika jaringan yang kamu miliki dalam keadaan stabil sehingga pembayaran dapat berjalan dengan lancar.

4. Memiliki Kode Pembayaran

Selanjutnya ini paling penting kamu akan melakukan pembayaran BPJS tapi tidak tahu ID pelanggan BPJS kamu dan tentunya pembayaran tidak akan berlangsung. Kamu perlu memasukkan kode pembayaran atau juga ID pelanggan BPJS kamu.

5. Memiliki HP yang Support

Dan yang terakhir pastikan HP kamu support aplikasi BRImo dan bisa digunakan sehingga cara ini dapat dilakukan secara mudah dan tanpa gangguan.

Demikian penjelasan mengenai syarat sebelum melakukan cara bayar BPJS lewat BRI yang perlu kamu penuhi pastikan semua syarat yang kamu miliki sudah terpenuhi agar kamu bisa melanjutkan pembayaran.

Cara Bayar BPJS Lewat BRImo

Nah, setelah mengetahui bagaimana syarat yang perlu dipenuhi sebelum melakukan pembayaran mari kita bahas bagaimana cara bayar BPJS lewat BRImo yang bisa kamu ikuti, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bisa buka aplikasi BRImo yang kamu miliki
  • Selanjutnya kamu bisa melakukan login dengan memasukkan username dan juga password
  • Kemudian pada menu utama kamu bisa klik “Lainnya”
  • Selanjutnya kamu pilih “BPJS”
  • Dan selanjutnya kamu bisa pilih “Pembayaran Baru”
  • Setelah itu, kamu bisa pilih jenis BPJS, BPJS Kesehatan atau BPJS denda
  • Dan kamu bsia masukkan nomor pembayaran
  • Dan selanjutnya kamu masukkan kode pembayaran BPJS kesehatan dengan memasukkan 88888 + 11 digit nomor kartu BPJS kamu yang tidak terlambat bayar iuran
  • Dan bagi kamu yang terlambat kamu klik 88881 + 11 digit nomor BPJS bagi kamu yang terlambat bayar
  • Setelah itu kamu bisa masukkan nomor BPJS kesehatan kamu
  • Dan selanjutnya kamu bisa lanjut dan masukkan PIN BRImo yang kamu miliki
  • Dan proses pembayaran BPJS kesehatan kamu telah selesai.

Nah, demikian penjelasan mengenai cara bayar BPJS lewat BRImo bagaimana tidak sulit bukan? dan tentunya cara ini cukup praktis tanpa perlu keluar rumah kamu sudah bisa bayar tagihan BPJS.

Dan selanjutnya mari kita bahas denda keterlambatan bayar BPJS agar kamu tidak telat bayar jika mengetahui ada denda keterlambatan.

Denda Keterlambatan bayar BPJS

Nah, dilansir dari laman resminya BPJS Kesehatan tidak ada denda keterlambatan pembayaran iuran terhitung mulai tanggal 1 Juli 2016.

Namun, denda akan dikenakan apabila dalam waktu 45 hari sejak status kepesertaan diaktifkan kembali, peserta yang bersangkutan memperoleh pelayanan kesehatan rawat inap.

Dan berdasarkan Pepres No.64 Tahun 2020 besaran denda pelayanan sebesar 5% dari biaya diagnosa awal pelayanan kesehatan rawat inap dikalikan dengan jumlah bulan tertunggak dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Jumlah bulan tertunggak paling banyak dua belas bulan
  • Besaran denda paling tinggi Rp.30.000.000,-
  • Bagi peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) pembayaran denda pelayanan ditanggung oleh pemberi kerja

Dan untuk iuran BPJS ini memiliki kelasnya. Membayar iuran BPJS kesehatan wajib dilakukan seluruh peserta agar tidak menunggak dan tetap aktif digunakan.

Adapun rincian kelas BPJS kesehatan mandiri yang wajib dibayarkan adalah kelas 1 Rp.150.000,-, untuk kelas dua Rp.100.000,- dan kelas 3 Rp.35.000,-.

Biaya Admin Bayar BPJS Lewat BRImo

Nah, setelah mengetahui cara bayar BPJS lewat BRImo serta denda keterlambatannya mak selanjutnya mari kita bahas apakah cara bayar ini mengunakan biaya administrasi? Nah, ini dia jawaban lengakapnya.

Jika kamu menggunakan aplikasi BRImo untuk melakukan pembayaran BPJS maka kamu akan mendapatkan keuntungan dibandingkan metode pembayaran lainnya,

Dan salah satunya yaitu di aplikasi BRImo untuk pembayaran BPJS tidak kenakan biaya apapun atau biaya sepeser pun artinya menggunakan cara ini adalah gratis tanpa biaya admin. Jadi kamu yang ingin menggunakan cara ini tidak perlu khawatir karena kamu akan hemat biaya admin.

Keuntungan Bayar BPJS Lewat BRImo

Selain mengetahui cara bayar BPJS lewat BRImo selanjutnya mari kita bahas apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan cara ini. dan berikut penjelasan lengkapnya adalah:

  • Keuntungan pertama adalah menggunakan cara bayar ini kamu tidak akan dikenakan biaya admin sepeser pun alias gratis
  • Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai produk dan layanan seperti koin atau voucher cahsback yang hanya berlaku di aplikasi tersebut
  • Tidak sampai disitu keuntungan lainnya yaitu kamu tidak perlu repot memasukkan kode BPJS kesehatan atau pun membayar denda BPJS karena di aplikasi BRImo sudah otomatis muncul kode tersebut
  • Dan slenajutnya pembayaran menggunakan cara ini kamu akan mendapatkan cashback sebesar Rp.1.000,- pada transaksi pertama setiap bulannya

Demikian beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan selain pembayaran yang praktis dan juga mudah serta tidak perlu antri dan keluar rumah.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Bayar BPJS Lewat BRImo

Apa yang terjadi jika BPJS tidak pernah digunakan?

Kamu perlu ketahui bahwa iuran BPJS ini berlaku untuk masyarakat yang sakit atau tidak. Pasalnya layanan tersebut memiliki sistem gotong royong jadi tidak digunakan atau diklaim. Dana akan digunakan sebagai subsidi silang.

Apa yang terjadi jika BPJS lama tidak dibayar?

Bagi peserta BPJS kesehatan yang menunggak pembayaran iuran akan diberhentikan kepesertaannya sementara waktu.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: