Cara Bayar BPJS Lewat OVO Beserta Syarat dan Biayanya

Cara Bayar BPJS Lewat OVO Beserta Syarat dan Biayanya

Cara bayar BPJS lewat OVO merupakan metode bayar dengan menggunakan e-wallet. Dan metode bayar bukan hanya bisa dilakukan dengan menggunakan cara bayar dengan perbankan tapi jika kamu memiliki e-wallet atau dompet digital bayar BPJS bisa kamu gunakan e-wallet salah satunya dengan OVO.

OVO merupakan dompet digital yang sudah banyak sekali penggunanya di Indonesia dan menjadi salah satu alat transaksi uang digital yang sudah biasa digunakan dan salah satunya di gunakan untuk bayar BPJS. Maka untuk kamu yang bingung metode bayar BPJS lewat OVO, bisa kamu pelajari metode nya di Media Mustakim ini.

Syarat Bayar BPJS Lewat OVO

Cara bayar BPJS memang banyak sekali metode bayar yang bisa di gunakan oleh peserta BPJS kesehatan. Kamu bisa gunakan layanan perbankan, dompet digital, toko perbelanjaan, dan juga dengan pembayaran lain.

Pemerintah sudah mempermudah layanan pembayaran nya dengan bekerja sama dengan berbagai layanan perbankan dan juga pembayaran lainnya. Tentunya tak akan sulit untuk kamu yang melakukan bayar iuran bulanan seperti halnya dengan bayar menggunakan OVO.

Dan untuk kamu yang akan jadikan OVO sebagai alat bayar iuran BPJS tentunya kamu harus mempersiapkan beberapa persyaratan yang harus kamu siapkan. Dan berikut ini beberapa persyaratan yang harus kamu siapkan.

  • Telah memiliki aplikasi OVO dan telah bisa di gunakan sebagai alat transaksi uang digital
  • Terdapat saldo yang cukup untuk lakukan pembayaran iuran BPJS
  • Sudah menjadi peserta BPJS dan telah memiliki nomor peserta BPJS
  • Jaringan internet saat melakukan proses pembayaran dalam keadaan normal

Kode Virtual Account Bayar BPJS Lewat OVO

OVO merupakan aplikasi dompet digital praktis dan mudah dalam melakukan berbagai transaksi. Maka tak aneh jika OVO banyak sekali peminatnya, dan banyak juga yang menggunakan OVO untuk melakukan pembayaran BPJS kesehatan.

Dan perlu kamu ketahui bahwa di OVO untuk pembayaran BPJS sudah tercantum dan menjadi salah satu pilihan yang langsung bisa di pilih di menu tampilan OVO maka saat mengisi nomor virtual account kamu bisa langsung masukan nomor peserta BPJS dan tak perlu mengisi kode BPJS.

Jadi saat melakukan transaksi pembayaran kamu tak perlu masukan kode bayar BPJS yang biasa di isi pada bagian awal sebelum mengisi nomor peserta BPJS. Tentunya akan lebih praktis dan mudah yang penting ada saldo yang cukup untuk bayar BPJS.

Cara Bayar BPJS Lewat OVO

Dengan berkembangnya teknologi membuat banyak sekali aplikasi yang menciptakan segala sesuatu dilakukan dengan cara online. Baik pembelanjaan, pembayaran, bayar iuran dan lain sebagainya. Dan memang metode seperti di sebutkan diatas sangat berguna mempermudah pekerjaan.

Dan terbukti salah satu pembayaran iuran BPJS tak harus berangkat ke kantor cabang BPJS kamu tinggal otak atik saja HP kamu dan kamu bisa lakukan banyak hal dan salah satunya bayar BPJS lewat OVO. Untuk kamu yang akan lakukan pembayaran BPJS lewat OVO, ikuti saja metode nya di bawah ini.

  • Silahkan buka Aplikasi OVO yang sudah aktif di HP kamu
  • Selanjutnya silahkan masukkan Password OVO kamu dengan benar
  • Lalu pada halaman awal akan ada banyak pilihan menu dan kamu tinggal pilih menu BPJS Kesehatan
  • Selanjutnya akan muncul kolom untuk di isi dengan nomor peserta BPJS maka silahkan kamu isi dengan benar.
  • Selanjutnya silahkan pilih bulan yang akan kamu bayar dengan saldo OVO untuk BPJS dan klik Lanjutkan Ke Pembayaran
  • Selanjutnya akan muncul informasi mengenai tagihan pembayaran, nomor BPJS, bulan yang akan di bayar dan informasi lainnya. Jika data yang muncul sesuai dengan data kamu maka kamu klik Konformasi
  • Selanjutnya silahkan pilih metode pembayaran nya dan kamu bisa gunakan OVO Cash atau saldo OVO kamu atau bisa kamu tukar dengan point dan jika sudah kamu gunakan silahkan kamu klik Bayar
  • Selanjutnya masukkan Security kode kamu dengan benar
  • Selanjutnya kamu tunggu proses pembayaran BPJS lewat OVO
  • Dan jika pembayaran berhasil akan muncul notifikasi mengenai proses pembayaran telah selesai dilakukan dan berhasil

Dan itulah proses pembayaran BPJS lewat OVO dengan mudah dan bedanya pembayaran lewat OVO tidak harus menggunakan kode bayar BPJS cukup dengan isikan nomor peserta BPJS dan kamu bisa lanjutkan proses pembayaran sampai tuntas.

Biaya Admin Bayar BPJS Lewat OVO

Berbagai transaksi pembayaran tentunya menggunakan biaya transaksi. Dan besar kecilnya biaya transaksi yang harus di bayar tergantung pada kebijakan layanan yang di gunakan bahkan ada yang tidak memungut biaya administrasi dan biasanya sedang masa promo atau alasan lain.

Begitu pun jika kamu menggunakan transaksi pembayaran BPJS lewat OVO tentunya kamu harus membayar biaya transaksi/ biaya admin dan biaya yang harus kamu bayar cukup kecil yaitu hanya akan memotong sebesar Rp. 2.500,- dalam satu kali transaksi.

Maka rekomendasi sekali buat kamu menggunakan pembayaran BPJS dengan OVO karena caranya yang sangat mudah, serta biaya admin yang kecil dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun asalkan tidak melebihi batas jatuh tempo pembayaran.

Jumlah Iuran BPJS

Jika kamu masih merasa bingung mengenai jumlah biaya yang harus kamu bayar, di BPJS memang ada 3 pilihan kelas yang berbeda dengan jumlah iuran yang harus di bayar oleh peserta BPJS. Pemerintah membelikan pilihan tersebut agar terjangkau oleh semua kalangan.

Dan berikut ini 3 kelas di BPJS yang berbeda bisa kamu pilih.

  • Untuk peserta yang memilih ke 1 BPJS Kesehatan, maka peserta BPJS harus membayar iuran bulanan nya sebesar Rp. 150.000,- per prang dalam per bulan
  • Untuk peserta yang memilih ke 2 BPJS Kesehatan, maka peserta BPJS harus membayar iuran bulanan nya sebesar Rp. 100.000,- per prang dalam per bulan
  • Untuk peserta yang memilih ke 3 BPJS Kesehatan, maka peserta BPJS harus membayar iuran bulanan nya sebesar Rp. 35.000,- per prang dalam per bulan

Sebenarnya untuk iuran BPJS kelas tiga biaya yang harus di bayar lebih dari 35.000,- hanya saja karena ada subsidi dari pemerintah maka peserta BPJS hanya membayar iuran cukup dengan Rp. 35.000,- untuk satu orang nya dalam tiap bulan.

Jadi jika di keluarga terdapat 4 orang maka masing masing tiap bulannya harus bayar dengan biaya yang tercantum di atas di kali dengan jumlah keluarga dalam satu Kartu Keluarga.

Akhir Kata

Pembahasan di atas yang kami sampaikan mengenai cara bayar lewat OVO dapat di simpulkan sebagai berikut

  1. Cara bayar OVO cukup simpel dan praktis yaitu kamu bisa langsung mengisi nomor peserta BPJS disaat proses pembayaran
  2. Biaya admin untuk transaksi pembayaran memang sangat murah yaitu hanya Rp. 2.500,- dalam satu kali transaksi
  3. Pembayaran BPJS dibagi menjadi 3 kelas dengan biaya yang berbeda

Dan itulah informasi yang Media Mustakim bisa sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu semua.

Dan akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: