9 Cara Blokir IMEI Hp yang Hilang [Lengkap dan Mudah]

9 Cara Blokir IMEI Hp yang Hilang [Lengkap dan Mudah]

Mengetahui cara blokir IMEI hp yang hilang akan membantu kamu kalau mengalami kehilangan handphone. Tindakan ini akan membuat perangkat yang hilang tidak dapat digunakan oleh pencuri atau pihak lain.

Pahami syarat blokir serta cara blokir IMEI hp yang hilang, hingga pentingnya melaporkan kehilangan ke kantor polisi.

Syarat Blokir IMEI Hp yang Hilang

Sebelum memahami cara blokir IMEI hp yang hilang, kamu juga harus mempersiapkan persyaratan untuk memblokir hp.

  1. Siapkan waktu, pulsa, atau kuota untuk blokir IMEI
  2. Surat kehilangan dari kantor polisi
  3. Bukti kepemilikan handphone seperti dus hp, bukti pembelian, serta kartu garansi
  4. Sertakan nomor handphone di hp yang hilang
  5. Bawa KTP untuk mengurus administrasi
  6. Datangi kantor polisi sesuai jam operasional layanan

Pentingnya Melaporkan Kehilangan Handphone ke Kantor Polisi

Simak beberapa alasan pentingnya membuat laporan kehilangan perangkat ke kantor polisi.

1. Handphone Akan Sulit Dijual

Kalau handphone kamu hilang karena dicuri, nantinya barang tersebut jadi sulit dijual. Selain itu, kamu semakin mudah melacak keberadaan handphone di situs jual beli barang bekas.

2. Kamu Bisa Menyebarkan Berita Kehilangan Hp

Keuntungan lainnya, kamu bisa meminta bantuan ke teman atau media sosial dengan memberitahukan kehilangan hp. Hal ini akan memudahkan kamu menemukan perangkat yang hilang.

3. Laporan Polisi Membantu Kamu Menemukan HP

Jika hp hilang karena tertinggal di tempat umum, masih ada kemungkinan orang yang menemukannya mengembalikan hp tersebut. Kalau tidak tahu pemiliknya, hp bisa diserahkan ke kantor polisi.

Kalau kamu sudah membuatkan laporan, pihak kepolisian dapat menghubungi kamu kembali jika hp sudah ditemukan.

4. Sangat Penting untuk Memblokir IMEI

Surat kehilangan dari kepolisian merupakan salah satu cara blokir IMEI hp yang hilang. Tanpa surat ini, perusahaan operator tidak akan memproses permohonan kamu. 

Cara Mengetahui IMEI Hp yang Hilang

IMEI sangat penting untuk handphone, nomor seri tersebut seperti identitas handphone sehingga tanpa IMEI hp tidak akan berfungsi maksimal.

Karena handphone sudah hilang, lalu bagaimana cara mengetahui nomor IMEI yang akan di blokir?

  1. Pastikan dus pembelian handphone yang hilang masih ada
  2. Cari nomor IMEI di dus pembelian atau di dalam kartu garansi
  3. Cek nomor IMEI tersebut untuk memastikan nomor tersebut belum di blokir oleh orang yang mencuri hp kamu

Cara Blokir IMEI Hp yang Hilang Lewat Provider Jaringan Seluler

Nomor IMEI terdiri dari 15 digit nomor, IMEI sangat berguna untuk terhubung ke jaringan seluler seperti GSM hingga iDEN. Blokir IMEI pada android dan iPhone biasanya berbeda, kamu bisa coba dulu ke provider seluler untuk blokir IMEI android.

Setiap hp memiliki IMEI yang berbeda-beda, kalau kamu memblokirnya ponsel tidak akan bisa terhubung ke jaringan seluler. Berikut ini cara blokir hp yang hilang melalui provider seluler.

1. Buat Laporan Kehilangan

Langkah pertama, kamu harus membuat laporan kehilangan terlebih dahulu. Datangi kantor polisi lalu bawa data seperti KTP serta dus handphone yang hilang. Setelah data kepemilikan handphone terpenuhi kamu akan diberi surat kehilangan.

2. Datangi Kantor Provider yang Digunakan pada Handphone

Kamu juga harus mendatangi kantor operator handphone untuk meminta bantuan blokir IMEI. Bawa surat kehilangan dari kantor polisi dan bukti kepemilikan handphone lainnya.

Jika sudah memberikan bukti, pihak provider akan memasukkan nomor IMEI ke sistem daftar hitam yang dibuat KOMINFO. Kalau sudah di blokir, handphone tidak akan mendapatkan layanan operator sehingga tidak dapat digunakan.

3. Cek IMEI via Kemenperin

Berikutnya, kamu bisa memeriksa sendiri status IMEI sudah di blokir atau tidak melalui situs Kemenperin. Masukkan nomor IMEI handphone yang hilang kemudian cek IMEI.

Cara Blokir IMEI Hp yang Hilang Lewat Customer Support HP Android

Selain datang ke provider SIM yang kamu gunakan, kamu juga bisa meminta blokir IMEI ke customer service merek handphone. Berikut ini cara blokir IMEI hp yang hilang lewat customer service merek hp.

1. Siapkan Data-data Pendukung Seperti Surat Kehilangan

Prosesnya hampir sama dengan blokir hp via provider SIM, kamu harus mempersiapkan data-data dalam bentuk soft file. Data yang perlu disiapkan surat kehilangan dari perusahaan, nomor hp, dan nomor IMEI.

2. Hubungi Customer Service Merek Hp

Cari dulu layanan bantuan customer service merek handphone untuk membuat laporan. Kamu bisa menceritakan kronologi kejadian kehilangan hp kepada customer service.

Jangan lupa berikan data mengenai hp yang hilang mulai dari tipe handphone, nomor IMEI, nomor hp, serta keterangan spesifik lainnya. Setelah itu, kamu juga dapat mengajukan permohonan untuk blokir IMEI hp yang hilang.

3. Selesai

Setelah membuat permohonan blokir IMEI, kamu tinggal menunggu hasilnya. Untuk memastikan blokir IMEI berhasil atau tidak kamu bisa memeriksanya di situs Kemenperin.

Cara Blokir IMEI Hp yang Hilang Khusus iPhone

Hp iPhone memiliki fitur canggih berupa find my iPhone dan juga memblokir handphone dari jauh. Fitur tersebut sangat berguna agar pencuri tidak bisa menjual maupun menggunakan hp kamu.

Khusus pengguna iPhone yang mau blokir IMEI karena hp hilang, kamu bisa ke provider seluler, customer service Apple, dll. Coba cara blokir IMEI hp yang hilang khusus IOS berikut ini.

1. Gunakan Find My iPhone Lalu Buat Keterangan

Pertama kamu harus menggunakan aplikasi Find My iPhone untuk mengaktifkan fitur lost mode. Dengan cara ini, orang yang menemukan hp kamu bisa menerima pesan dari kamu.

2. Lapor ke Kepolisian

Berikutnya, kamu juga harus melaporkan kehilangan iPhone ke kepolisian.

3. Buat Laporan Kehilangan ke Apple Care +

Berikutnya kamu harus melaporkan kehilangan perangkat iPhone agar diganti dengan yang baru. Kamu juga dapat meminta bantuan layanan apple care + supaya IMEI di hp yang hilang di blokir.

Cara Mengembalikan IMEI Hp dengan Aplikasi Chamelephon

Kalau handphone kamu berhasil ditemukan atau dikembalikan oleh orang yang menemukan tapi IMEI sudah kamu blokir apakah bisa tetap digunakan? Simak cara mengembalikan IMEI hp yang hilang.

  1. Download aplikasi Chamelephon
  2. Buka aplikasi
  3. Masukkan IMEI yang kamu ingat untuk SIM 1 dan SIM 2
  4. Pilih menu generate random IMEIs
  5. Kalau nomor IMEI yang kamu masukkan benar biasanya akan ditandai centang hijau
  6. Pilih menu apply new IMEI
  7. Setelah menerima konfirmasi langsung klik change kemudian re-start

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Blokir IMEI hp yang Hilang

Bisakah Melacak Hp yang Hilang dengan Nomor IMEI?

Bisa, kalau kamu hafal nomor IMEI, langsung buat laporan ke kantor polisi, hubungi layanan penyedia hp kemudian minta lacak perangkat. Kalau tidak berhasil, kamu bisa langsung blokir IMEI supaya ponsel yang hilang tidak bisa digunakan oleh pencuri.

Apakah Setelah Blokir IMEI, HP yang Hilang akan Ditemukan Kembali?

Kemungkinan ponsel tersebut ditemukan lagi hanya 50%, kebanyakan para pencuri sudah punya trik khusus. Ponsel yang dicuri langsung dijual ke penadah yang berpengalaman.

Apakah Memblokir IMEI Akan Menghapus Data Pribadi Pemilik HP?

Tidak bisa, data-data pribadi di handphone kamu akan tetap ada walaupun IMEI di blokir. Karena memblokir IMEI hanya berakibat ponsel tersebut tidak bisa menggunakan layanan seluler saja.

Artikel Menarik Lainnya: