Cara Blokir Rekening BNI Penipu Beserta Syaratnya

Cara Blokir Rekening BNI Penipu Beserta Syaratnya

Cara blokir rekening BNI penipu merupakan hal yang wajib kamu pahami untuk antisipasi agar tidak terjadi penipuan.

Tindakan penipuan banyak jenisnya, kalau kamu terlanjur transaksi online menggunakan rekening lalu kena tipu kamu harus blokir rekening tersebut. Berikut ini syarat blokir rekening, cara blokir rekening BNI penipu, dan informasi lainnya.

Syarat Blokir Rekening BNI Penipu

Berapa pun jumlah kerugian akibat penipuan online tetap harus diurus. Salah satunya memblokir rekening penipu supaya tidak ada korban lagi. Kalau kamu masih beruntung, uang bisa kembali lagi.

Sebelum memahami cara blokir rekening BNI penipu, coba pahami dulu syarat memblokir rekening agar berhasil.

  1. Buat surat laporan penipuan ke kantor polisi
  2. Siapkan dokumen lengkap mulai dari KTP, bukti penipuan berupa chat maupun riwayat telepon
  3. Siapkan juga data-data penipu yang sempat kamu simpan
  4. Screenshot bukti transfer atau simpan struk transaksi
  5. Screenshot foto toko online kalau kamu kena tipu akibat belanja online
  6. Siapkan dana darurat untuk operasional mengurus penipuan ini
  7. Datang ke kantor cabang antara jam 08:00 – 15:00 WIB hari Senin-Jumat

Prosedur Membuat Laporan Penipuan ke Kantor Polisi

Berikutnya, kamu juga harus membuat laporan penipuan ke kantor polisi agar pengurusan blokir rekening semakin cepat dan mudah. Berikut ini prosedurnya.

1. Kunjungi Polsek atau Polres

Buat laporan pengaduan penipuan ke kantor polisi terdekat dari rumah kamu. Kemudian sampaikan ke bagian pelayanan mengetahui tujuan kamu.

2. Buat Surat Pengantar untuk Memblokir Rekening Penipu di Bank

Berikutnya, kamu dapat memohon untuk dibuatkan surat pengantar karena harus mengurus blokir rekening penipu ke bank.

Cara Blokir Rekening BNI Penipu Lewat Kantor Cabang

Penipuan lewat transaksi online kerap terjadi dan modusnya berbeda-beda. Bagi kamu yang menggunakan rekening BNI dan mengalami kondisi merugikan ini, jangan panik kamu tetap bisa membekukan rekening penipu.

Inilah cara blokir rekening BNI penipu lewat kantor cabang bank.

1. Bawa Persyaratan Lalu Kunjungi Kantor Cabang Sesuai Jam Operasional

Langkah pertama, kamu harus datangi kantor cabang BNI untuk memohon blokir rekening yang telah menipu kamu. Ambil nomor antrean customer service lalu tunggu hingga dipanggil.

2. Sampaikan Tujuan Kamu ke Customer Service

Customer service akan meminta data kamu untuk verifikasi mulai dari bukti transfer, data KTP, serta data-data lainnya. Laporan yang telah kamu ajukan nanti akan ditelusuri oleh pihak bank.

3. Pulang dan Tunggu Hasilnya

Tanyakan ke pihak bank berapa lama proses memblokir rekening bank BNI penipu. Kalau sudah melaporkan kejadian penipuan, kamu dapat menunggu hasilnya.

Cara Blokir Rekening BNI Penipu Lewat Call Center

Selain melalui bank, kamu juga bisa meminta blokir rekening bank BNI lewat call center. Permohonan bisa dilakukan di rumah dengan memberikan data secara lengkap. Inilah 3 cara blokir rekening BNI penipu melalui call center.

1. Hubungi Call Center Bank BNI

Setelah membuat laporan ke kantor polisi, segera hubungi call center BNI. Telepon nomor 1500046 untuk membuat pengaduan. Layanan ini beroperasi 24 jam jadi kamu dapat menghubungi call center kapan pun.

2. Ceritakan Masalah Penipuan

Ceritakan secara detail mengenai penipuan, mulai dari transfer, nilainya, dan kronologi kejadian. Setelah itu, kamu juga harus menyebutkan nomor rekening milik pribadi yang digunakan untuk transfer uang.

Jangan lupa sebutkan nomor KTP, nomor handphone, dan email. Setelah memberikan data-data tersebut, pihak customer service akan melaporkan kejadian ini ke pihak bank.

3. Tutup Telepon dan Tunggu Hasilnya

Setelah melaporkan kejadian, segera tutup telepon kemudian tunggu hasilnya. Biasanya bank membutuhkan beberapa hari untuk meninjau laporan kamu dan membuktikannya.

Bank juga akan memeriksa laporan polisi itu sebabnya kamu wajib membuat laporan di kantor polisi agar prosesnya lebih cepat.

Cara Blokir Rekening BNI Penipu Lewat Cek Rekening.id

Selain melalui call center BNI dan kantor cabang, kamu juga bisa melaporkan rekening penipu melalui situs cek rekening.id. Situs tersebut resmi buatan KOMINFO sehingga data-data kamu aman.

Ikuti cara blokir rekening BNI penipu melalui situs cek rekening.id:

  1. Akses website cek rekening.id
  2. Pilih menu “Laporkan Rekening”
  3. Lengkapi data keterangan rekening
  4. Pilih jenis akun yang akan dilaporkan, klik di bagian bank kalau kamu ditipu lewat transaksi bank
  5. Isi nama bank penipu
  6. Masukkan nomor rekening penipu
  7. Input nama yang tertera di dalam akun bank
  8. Lengkapi biodata korban mulai dari nama, nomor hp, usia, email, KTP/KITAS, dan alamat
  9. Berikutnya lengkapi data penipu dengan mengisi nama, nomor hp, dan pilih jenis penipuan. Jangan lupa isi jumlah kerugian, dan isi link toko atau akun media sosial
  10. Unggah kronologi kejadian mulai dari tanggal, foto identitas, hingga foto bukti transfer atau barang
  11. Kalau sudah klik laporkan rekening

Biaya Mengurus Blokir Rekening BNI Penipu

Berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk memblokir rekening penipu? Mengurus laporan ini gratis, kamu tidak harus bayar ke kantor polisi maupun ke kantor cabang. Kamu hanya perlu mempersiapkan biaya transport ke kantor polisi atau bank mulai dari Rp 50000.

Tips Agar Terhindar Penipuan Belanja Online

Belanja online dengan metode transfer dari bank BNI sangat merugikan, pastikan kamu berhati-hati supaya terhindar dari penipuan. Walaupun melaporkan blokir rekening sangat mudah tetap saja harus waspada.

Berikut ini tips agar terhindar penipuan transfer online:

1. Hindari Belanja Online Lewat Media Sosial

Salah satu hal yang harus kamu hindari adalah beli barang lewat media sosial yang mana pembayarannya langsung ke rekening penjual. Marketplace resmi telah menerapkan sistem pembayaran yang aman.

Biasanya uang akan dikirim ke penjual kalau barang sudah diterima. Kalau kamu transaksi di media sosial seperti Twitter atau Facebook risiko penipuannya sangat tinggi.

2. Pilih Transaksi COD

Agar dapat mengetahui hasilnya, kamu disarankan supaya menggunakan metode transaksi lewat COD agar terhindar penipuan. Kamu tidak perlu transfer ke rekening BNI penipu maupun rekening lainnya.

Selain itu, transaksi secara langsung lebih mudah memeriksa kondisi barang. Kalau tidak cocok COD dapat dibatalkan sehingga lebih aman.

3. Belanja di Toko Resmi

Supaya tidak ditipu oleh seller, kamu harus memilih toko resmi. Kalau mau beli barang elektronik maupun baju cari toko official resmi supaya aman.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Blokir Rekening BNI Penipu

Berapa Lama Bank Akan Memblokir Rekening Penipu?

Bank membutuhkan waktu antara 3-7 hari kerja sejak laporan dibuat. Pihak bank harus memeriksa kebenaran laporan kamu dan terhubung dengan pihak berwajib. Kamu bisa memeriksa hasilnya dengan datang ke bank atau tanya ke call center.

Apakah Uang yang Di transfer ke Rekening Penipu Bisa Kembali Lagi?

Untuk transaksi yang nilainya puluhan bahkan miliaran pasti bisa diurus agar uang tersebut kembali lagi. Kamu dapat meminta bantuan hukum, pihak berwajib, hingga pihak bank.

Apakah Penipu Benar-benar tidak Bisa Akses Semua Layanan Perbankan?

Setelah kamu membuat laporan blokir rekening, maka semua akses akan dibekukan. Alahasil penipu tidak bisa mengakses ATM, m-banking, maupun layanan transaksi lainnya.

Artikel Menarik Lainnya: