Cara Blokir SMS Spam di Samsung dengan dan Tanpa Aplikasi

Cara Blokir SMS Spam di Samsung dengan dan Tanpa Aplikasi

Pengguna Samsung dan sering menerima SMS tidak penting? Kiranya sangat penting untuk tahu bagaimana cara blokir sms spam di Samsung.

Walaupun memang pada dasarnya fitur SMS kini kini sudah jarang digunakan, namun nyatanya masih menjadi salah satu hal yang paling sering digunakan untuk menipu banyak orang. Dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk mengelabui pengguna via SMS.

Cara Blokir SMS Spam di Samsung dengan Mudah

Bentuk SMS spam yang diterima biasanya dalam bentuk pinjaman, undian, atau bahkan bentuk lainnya. Hal tersebut jelas mengganggu, untuk itu maka kamu harus bisa memblokirnya agar SMS serupa tidak masuk lagi.

1. Blokir SMS Spam di Samsung Menggunakan Fitur Bawaan

Nah, untuk melakukan pemblokiran permanen. Bagi pengguna Samsung, kamu dapat melakukannya dengan fitur bawaan. Atau bahkan fitur tambahan. Dijamin berhasil dan tentu kamu tidak lagi akan menerima SMS tidak penting tersebut.

Bagi kamu pengguna Samsung, bisa langsung menggunakan fitur Block Phrases saja. Bagaimana caranya?

  • Pertama, pastikan agar dapat langsung masuk terlebih dahulu ke menu SMS seperti biasa
  • Selanjutnya pada tampilan aplikasi SMS, langsung klik ikon tiga titik secara vertikal, di bagian pojok kanan aplikasi
  • Lanjutkan prosesnya dengan klik menu Pengaturan atau Setting
  • Pilih opsi Block Message untuk melanjutkan proses pemblokiran
  • Selanjutnya pilih lagi menu opsi Block Phrases
  • Kemudian masukkan kata atau kalimat yang biasanya kamu terima pada SMS spam tersebut. Misalnya seperti “KSP simpan pinjam”, “undian”, “butuh dana”, atau bahkan dengan menggunakan kalimat “pinjaman online”
  • Terus lakukan hal tersebut dengan klik ikon “+” di samping kata yang telah kamu input sebelumnya.

Itulah beberapa cara blokir sms spam di Samsung yang dapat dilakukan khusus bagi pengguna. Sebagai salah satu fitur bawaan, yang tentu sangat bermanfaat untuk kamu sebagai korban penerima SMS spam tidak penting.

2. Cara Blokir SMS Spam di Samsung Menggunakan Aplikasi Tambahan

Jika dirasa menggunakan fitur bawaannya kurang membuat kamu puas dan ingin menggunakan sistem pemblokiran dua cara. Maka bisa kamu lakukan dengan menambahkan aplikasi tambahan, atau menambah aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi ini dapat diunduh secara aman dan gratis di Play Store. Sistem pemblokirannya hampir sama dengan fitur Block by Phrases. Yakni pengguna, atau kamu sendiri dapat melakukan filter atas SMS yang masuk menggunakan filter keyword tertentu.

  • Pertama, pastikan untuk melakukan pengunduhan dan pemasangan SMS blocker yang ada di Play Store bernama Key Messages
  • Jika sudah dipastikan terpasang secara baik, maka bisa langsung buka aplikasi dan biarkan sejenak aplikasi agar dapat memindai SMS spam pada ponsel Samsung kamu
  • Selanjutnya, klik icon strip tiga di bagian pojok kiri atas halaman aplikasi
  • Lanjutkan prosesnya dengan klik opsi setting pada aplikasinya
  • Kemudian, pilih Block & Allow List 
  • Selanjutnya klik atau tap menu ikon “+” di bagian pojok kanan bawah halaman aplikasi
  • Pilih menu Block SMS based on Phrases pada tampilan aplikasinya
  • Kemudian input lagi kata atau kalimat yang ingin kamu filter, agar kata atau kalimat tersebut tidak masuk lagi ke nomor yang kamu gunakan
  • Selanjutnya tap menu Add to Block List pada aplikasinya
  • Terakhir, nanti aplikasi akan otomatis melakukan filter pada SMS yang masuk dan akan menyimpannya secara otomatis pada daftar spam.

Nah, itulah bagaimana cara blokir sms spam di Samsung jika kamu ingin melakukan dan menambahkan sistem pemblokiran dengan aplikasi tambahan.

Platform SMS Blocker ini sudah berhasil diunduh oleh lebih dari 60 Ribu pengguna, dan bahkan memiliki penilaian 4.4 dari penggunanya. Berarti memang aplikasinya dapat bekerja secara baik, dan kamu pun dapat mencobanya untuk memblokir SMS tidak penting.

Tips Agar Terhindar dari Tipu Daya SMS Spam di Samsung

Penting untuk diketahui, karena terkadang memang isi dari SMS spam ini menggiurkan. Agar tidak menjadi korban penipuan atau bahkan hal lainnya, maka kamu harus memahami beberapa tips dan cara untuk menghindarinya.

1. Pastikan Tidak Membalas SMS

Ya, hal pertama adalah baikan agar SMS tersebut tidak kamu balas sama sekali dan cukup biarkan saja. Karena jika dilakukan, maka akan memungkinkan pengirim pesan tahu bahwa nomor HPnya aktif.

2. Jangan Klik Apapun

Khususnya jika ada link dikirimkan, maka upayakan agar link atau tautan tersebut tidak dibuka sama sekali. Jangan pernah dilakukan, dan upayakan agar langsung lakukan blokir saja.

3. Memanfaatkan GetContact

Nah, agar mengetahui benar atau tidaknya SMS ini spam atau bukan. Penipuan atau tidak. Maka nomor pengirim SMS bisa langsung kamu cek di aplikasi GetContact. Jika mencurigakan, tindakan yang paling benar memang langsung memblokir nomor tersebut secara permanen.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Blokir SMS Spam di Samsung

Apakah Pemblokiran Aman Dilakukan?

Aman, apalagi jika kamu melakukannya menggunakan fitur bawaan.

Apakah SMS Spam Akan Menarik Pulsa yang Kita Miliki?

Tidak, asalkan SMS yang diterima langsung dihapus atau diblokir. Dijamin aman.

Seorang guru Bahasa Indonesia yang kebetulan suka membaca novel dan mencurahkannya ke dalam tulisan.

Artikel Menarik Lainnya: