Cara Cek HP Vivo Asli atau KW Agar Tidak Tertipu Saat Beli

Cara Cek HP Vivo Asli atau KW Agar Tidak Tertipu Saat Beli

Pentingnya memahami cara cek hp Vivo asli atau kw agar tidak tertipu. Android Vivo sangat populer di Indonesia karena memiliki spesifikasi yang sangat baik. Karena popularitasnya yang tinggi inilah, banyak hp Vivo KW yang harus dihindari.

Kalau kamu sudah beli hp Vivo dan penasaran dengan keaslian perangkat tersebut, pahami cara cek hp Vivo asli atau KW. Informasi ini juga akan memberi gambaran setiap kali kamu mau beli hp Vivo.

Keunggulan HP Vivo Asli

Ada sejumlah kelebihan yang membuat Vivo menjadi merek handphone yang populer di Indonesia. Keunggulan yang ditawarkan inilah yang membuat hp ini banyak dipalsukan.

Sebelum ke cara cek hp Vivo asli atau KW, kamu bisa kenali sekilas keunggulan yang ditawarkan hp Vivo.

1. Inovatif

Vivo selalu menyediakan perangkat baru setiap tahunnya, tak hanya itu setiap unit hp memiliki beragam inovasi. Jika diperhatikan lagi dari dulu hingga sekarang, teknologi hp semakin optimal.

Salah satu yang diperkenalkan saat ini adalah sensor sidik jari hal itu menjadikan hp Vivo semakin inovatif. Selain itu, baru-baru ini hp Vivo menggunakan teknologi Nex Dual Display.

2. Kamera Hp Sangat Bagus

Salah satu daya tarik yang ditawarkan Android Vivo adalah kamera yang bagus. Dulu Vivo punya konsep your inspiration of perfect selfie saking bagusnya kamera yang ditawarkan.

Pengalaman fotografi serta videografi dengan perangkat ini semakin baik. Saat ini sudah ada handphone Vivo dengan konfigurasi 64MP+8 MP serta 2MP dengan kamera depan 44MP.

3. Sudah Menggunakan Teknologi Dual Engine Fast Charging

Design handphone sangat bagus, kamu bisa membandingkan design antara Vivo series V, X, serta Y. Tak hanya itu, saat ini handphone sudah menggunakan teknologi dual engine fast charging yang semakin optimal.

Kamu hanya perlu mengisi daya selama 30 menit tapi dapat digunakan hingga 181 jam. Salah satu series sudah menggunakan flash charge 66W-120W agar bisa mengisi daya lebih cepat.

4. Aman dan Bebas Malware

Handphone yang asli memiliki garansi resmi, aman, dan pastinya dapat digunakan untuk jangka panjang. Selain itu, perangkat bebas malware sehingga tidak akan mengancam data-data pribadi pengguna.  

Cara Cek HP Vivo Asli atau KW dengan Mudah

Handphone android KW sangat mudah ditemukan terutama secara online. Dari segi tampilan body maupun fitur di dalamnya terlihat mirip sehingga banyak yang terkecoh.

Kalau kamu tidak paham cara cek hp Vivo asli atau KW kemudian asal beli karena murah dikhawatirkan beli barang kw.

1. Cek Lewat IMEI

IMEI adalah identitas utama di semua merek handphone, nomor seri ini biasanya berbeda-beda jadi tidak akan bisa di manipulasi. Cara mengetahui keaslian Hp biasanya dilihat dari IMEI yang terdaftar atau tidaknya di Kemenperin.

  • Lihat nomor IMEI di bagian dus pembelian
  • Buka situs Kemenperin lalu pilih “cek IMEI”
  • Ketik nomor IMEI yang ada di dus hp lalu klik cek
  • IMEI hp asli biasanya ada keterangan “IMEI terdaftar”

2. Periksa Perbandingan Harga

Kamu juga bisa memeriksa keaslian handphone dari perbandingan harga. Cara memeriksanya sangat mudah, kamu bisa buka aplikasi marketplace atau bertanya langsung ke toko. Biasanya harga di marketplace dan toko offline tidak berbeda jauh.

Misalnya hp Vivo V29 harganya Rp 5.250.000-Rp 6.206.000. Kalau menemukan harga yang lebih murah dari nilai pasaran tapi di klaim barangnya baru, dapat dipastikan hp tersebut KW.

  • Buka marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dll
  • Cari tipe hp Vivo yang ingin dibeli
  • Lihat perbandingan harga di setiap toko online
  • Hindari hp dengan seri yang sama tapi nilai harganya berbeda jauh

3. Cek Kondisi Fisik Hp

Cara cek hp Vivo asli atau KW melalui kondisi fisik cukup mudah. Kamu harus punya hp asli sebagai pembandingnya. Kenali berdasarkan ciri-ciri kondisi hp yang sangat baik dan asli agar tidak kena tipu.

  • Lihat deskripsi material hp yang ditawarkan sesuai tipe hp
  • Coba bandingkan dengan yang palsu, biasanya body belakang lebih jelek
  • Hp asli menggunakan gorilla glass sedangkan hp kw menggunakan material plastik
  • Perhatikan tombol power, volume, dan body samping di hp
  • Lihat penempatan lensa pada kamera, bandingkan dengan hp yang asli
  • Jika tidak terdapat perbedaan yang signifikan, hp yang dimiliki pasti asli

4. Periksa Layar Handphone

Handphone Vivo saat ini sudah menggunakan sistem layar yang terbaik. Kamu bisa memeriksanya ketika mencoba scroll aplikasi atau coba-coba mengetik pesan. Sesuaikan kondisi layar dengan spesifikasi yang ditawarkan.

  • Bandingkan hp asli dengan hp yang ingin diperiksa untuk memastikan ukuran layar sudah sesuai
  • Periksa desain hp sudah ultra all screen atau belum
  • Perhatikan bezel pada handphone, pastikan rasionya mencapai 89%

5. Periksa Paket Penjualan yang Diterima

Cara cek hp Vivo asli atau kw sangat mudah salah satunya bisa melihat kelengkapan item pembelian. Hp asli pasti dilengkapi dus, charger, kartu garansi, hp, serta SIM ejector.

Tak hanya lengkap, tapi setiap item sudah sesuai misalnya kamu beli hp dengan charger 66W pastikan charger tersebut sesuai. Apabila item penjualan kurang lengkap serta tidak sesuai patut dicurigai hp tersebut palsu.

Tips Agar Terhindar Hp Vivo KW

Setelah mengenal cara cek hp Vivo asli atau KW, kamu bisa lebih teliti ketika mau beli handphone. Berikut ini tips yang bisa kamu gunakan kalau mau beli hp agar tidak salah beli.

1. Jangan Dibeli Kalau Harganya Jauh dari Harga Pasar

Harga sering menjebak konsumen hingga membeli barang KW. Hindari toko yang menawarkan harga murah apalagi kalau nilainya jauh sekali dari harga pasar.

2. Hindari Beli di Toko yang Bukan Resmi

Agar terhindar produk KW, kamu juga harus menghindari toko-toko tidak resmi resmi. Tidak menutup kemungkinan hp kw dijual bebas oleh sejumlah toko.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Cek Hp Vivo Asli atau KW

Di mana Beli HP Vivo yang Asli?

Kamu bisa mencari toko Vivo resmi di mall atau di kota tempat kamu tinggal. Selain itu, kamu juga dapat membeli handphone secara online yang asli bisa dibeli melalui Vivo Official Store.

Apa Saja Risiko Beli Hp Vivo KW?

Risikonya kamu tidak akan mendapatkan garansi jika terjadi kerusakan. Selain itu, fitur pada perangkat tidak sama dan tidak akan menunjang kebutuhan kamu. Hp Vivo KW juga tidak punya kecanggihan yang sama dengan aslinya.

Apa Saja Hp Vivo Asli yang Paling Bagus Tahun Ini?

Hati-hati terhadap barang KW, kamu bisa membelinya di toko resmi. Ada banyak sekali seri terbaru yang canggih seperti Vivo X90 Pro+, Vivo X80 Pro, serta Vivo X90.

Apakah Vivo KW Bisa Dipakai Main Game?

Secara spesifikasi dan kualitas software pada hp kw berbeda jauh dengan yang asli. Tentu saja perangkat ini tidak dapat digunakan untuk bermain game.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: