Cara Cek Tagihan BSI Hasanah Card Via Teller & BSI Mobile

Cara Cek Tagihan BSI Hasanah Card Via Teller & BSI Mobile

BSI Hasanah Card merupakan salah satu layanan kartu kredit dari Bank Syariah Indonesia untuk memudahkan penggunaannya dalam transaksi. Ada tiga pilihan kartu yaitu BSI Gold, Classic dan Platinum. Dan jika kamu memiliki salah satunya berkewajiban membayar tagihannya.

Lantas bagaimana cara cek tagihan BSI Hasanah Card? Bagi kamu yang belum mengetahui caranya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan caranya untukmu secara lengkap.

Tips Pengajuan BSI Hasanah card Agar Di Setujui

Sebelum beranjak ke pembahasan mengenai cara cek tagihan BSI Hasanah Card lebih awal kita pahami dulu bagaimana tipsnya agar pengajuan BSI Hasanah Card disetujui. Namun sebelum itu kita pahami dulu 3 akad BSI Hasanah Card diantaranya adalah:

1. Kafalah

Akad Kafalah memposisikan Bank Syariah Indonesia sebagai penjamin terhadap toko/merchant atas semua kewajiban pemegang kartu yang timbul karena pemegang kartu melakukan transaksi baik itu pembayaran, belanja maupun tarik tunai.

2. Qard

Memposisikan BSI sebagai pemberi pinjaman kepada pemegang kartu transaksi baik itu pembayaran, belanja maupun tarik tunai.

3. Ijarah

Memposisikan Bank Syariah Indonesia sebagai penyedia jasa sistem pembayaran dan pelayan terhadap pemegang kartu, sehingga Bank BSI menerima fee atas jasa dan pelayanan yang diberikan kepada pemegang kartu.

Dari ketiga akad di atas dapat disimpulkan bahwa Bank Syariah Indonesia bertindak sebagai penjamin lalu memberikan pinjaman kemudian Bank BSI mendapatkan fee.

Dari pola tersebut bahwa BSI Hasanah Card tidak membebankan bunga dan denda keterlambatan, hanya membebankan biaya tagihan dan itupun bersifat tetap.

Syarat Pengajuan BSI Hasanah Card

Oleh karena itu BSI hasanah Card digemari oleh masyarakat umum, namun tidak semua pemohon disetujui oleh Bank Syariah Indonesia untuk memiliki BSI Hasanah Card. Agar pengajuan kamu diterima kamu perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini yaitu:

1. Penghasilan Minimum

Kamu harus memiliki penghasilan tahunan serendah-rendahnya Rp.36.000.000,- agar memungkinkan untuk disetujui baiknya kamu memiliki penghasilan tahunan di atas Rp.36.000.000.

Dan buktikan dengan slip gaji atau bukti penghasilan yang jelas. Agar bisa mempertimbangkan apakah peminjam mampu membayar atau tidak.

2. Batas Usia

Pastikan kamu telah berumur 21 sampai 65 tahun yang dibuktikan dengan E-KTP kecuali bagi pemohon untuk kartu tambahan maka diperbolehkan berumur 17 sampai 65.

3. Memenuhi Syarat Dokumen

Setiap pemohon memiliki persyaratan pengajuan yang berbeda-beda, tergantung dari profesi pemohon dan sesuaikan dengan syarat pengajuan BSI Hasanah Card.

4. Memilih Jenis Kartu

BSI Hasanah Card terdiri baiknya kamu memilih jenis dan limit kartu sesuai dengan penghasilan yang kamu miliki.

5. Fasilitas Pembiayaan Lancar

Dan ini paling penting kamu perlu memiliki penghasilan tinggi, umur sesuai dan dokumen persyaratan lengkap

Cara Cek Tagihan BSI Hasanah Card

Ada beberapa mekanisme untuk bisa mengecek nominal tagihan BSI. Kamu bisa menggunakan cara online maupun offline untuk mengetahui nominal tagihannya.

Untuk mengecek tagihan BSI Hasanah Card ada beberapa cara dan caranya cukup mudah yaitu bisa melalui Teller Bank BSI atau pun melalui aplikasi BSI mobile, kedua cara tersebut merupakan cara yang berasal dari BSI.

Untuk kamu yang belum mengetahui caranya secara lengkap kamu bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Cara Cek Tagihan BSI Melalui Teller Bank BSI

Nah, untuk cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk cek tagihan Hasanah BSI adalah melalui Teller BSI. Jika kamu ingin melakukan cara ini, kamu harus datang langsung ke kantor cabang bank BSI.

Sebelum datang ke kantor cabang, pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP, Nomor Rekening BSI dan Kartu BSI Hasanah. Setelah dokumen disiapkan, selanjutnya tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama kamu bisa langsung datang ke kantor cabang BSI sambil membawa beberapa dokumen yang sudah kamu siapkan
  • Setelah sampai di kantor cabang kamu bisa langsung mengambil antrian
  • Dan kamu tunggu hingga nomor antrian kamu terpanggil
  • Jika sudah mendapat giliran panggilan, langsung saja temui petugas CS BSI
  • Sampaikan maksud kedatangan kamu bahwa akan mengecek tagihan kartu BSI Hasanah milikmu
  • Selanjutnya petugas CS akan meminta dokumen seperti yang telah disebutkan tadi untuk proses pengecekan
  • Jika pengecekkan sudah selesai, amak petugas akan menginformasikan tentang berapa tagihan yang harus dibayar
  • Dan selesai

Nah, itu dia beberapa langkah cara cek tagihan BSI Hasanah Card, dan kamu bisa langsung melakukan pembayaran jangan sampai melewati tanggal jatuh tempo. Jika tanggal jatuh tempo kamu masih lama dan hanya ingin mengecek saja itu juga tidak masalah.

2. Cara Cek Tagihan BSI Hasanah Melalui BSI Mobile

Dan jika kamu tidak ingin pergi jauh-jauh hanya untuk cek tagihan kamu bisa menggunakan cara online yaitu menggunakan BSI mobile. Kamu bisa cek tagihan dimana saja dan kapan saja.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya secara lengkap kamu bisa simak langkah-langkah cara cek tagihan BSI Hasanah Card, begini caranya:

  • Kamu perlu memiliki aplikasi BSI mobile terlebih dahulu kamu bisa download dari Google Play Store
  • Selanjutnya setelah terbuka kamu bisa langsung masuk ke aplikasi tersebut dan mendaftarkan diri
  • Kemudian setelah berhasil daftar dan mendapatkan kode akses kamu akan diarahkan ke halaman utama dan pilihlah menu “Transfer –Antar rekening BSI”
  • Jika sudah maka kamu tinggal masukkan nomor rekening tujuan dan juga input nominal
  • Setelah itu pada bagian keterangan silahkan masukkan 16 digit nomor kartu BSI Hasanah milikmu tanpa huruf atau pun anda baca
  • Terakhir kamu tinggal masukkan nomor PIN

Jika nomor PIN yang kamu masukan sudah benar, maka kamu akan mendapatkan informasi mulai dari, nomor rekening, bank tujuan, jumlah pembayaran dan lain sebagainya. Setelah mengetahui jumlah tagihannya.

Kamu bisa langsung membayar tagihan tersebut jika sudah memiliki uang untuk melakukan pembayaran tagihan BSI Hasanah Card.

Tanggal Jatuh Tempo Tagihan BSI Hasanah Card

Selain mengetahui cara cek tagihan BSI Hasanah Card, kamu juga perlu mengetahui berapa tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu BSI Hasanah.

Perlu kamu ketahui bahwa tanggal tagihan kartu BSI Hasanah Card adalah setiap tanggal 15 hingga tanggal 20 setiap bulannya. Adapun tanggal cetak tagihan jatuh tanggal 5 setiap bulannya.

Jadi, pada tanggal tersebut tagihan sudah muncul. Dengan mengetahui batas tanggal jatuh tempo pembayarannya, maka sangat disarankan untuk membayar tagihan tepat waktu agar terhindar dari denda keterlambatan.

Manfaat Cek Tagihan Kartu BSI Hasanah

Dengan melakukan pengecekan tagihan, maka kamu akan ada beberapa manfaat yang pertama , kamu bisa mengontrol keuangan sehingga akan lebih hati-hati dalam menggunakan uang sebelum melakukan pembayaran.

Selanjutnya yang kedua kamu bisa mengetahui berapa sisa limit yang tersedia pada kartu kredi tersebut. Jika limit kredit belum bertambah, padahal kamu selalu bayar tagihan tepat waktu maka bisa konsultasikan masalah tersebut ke call center BSI.

 Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara cek tagihan BSI Hasanah Card bisa secara offline maupun online hingga manfaat cek tagihan dan juga tips syarat pengajuan agar diterima semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya: