Cara Daftar Jadi Agen Shopee Express Beserta Syaratnya

Cara Daftar Jadi Agen Shopee Express Beserta Syaratnya

Cara daftar jadi agen Shopee Express yaitu buka situs resminya, klik menu Jadilah Mitra, pilih Shopee Express, klik Daftar, lengkapi formulir dan dokumen yang diminta, klik Daftar Sekarang. Dengan langkah-langkah tersebut maka pendaftaran agen Shopee Express berhasi dilakukan.

Artikel ini memberikan penjelasan lengkap mengenai cara daftar jadi agen Shopee Express dengan lengkap dan mudah dipahami. Yuk, baca artikelnya sampai selesai.

Apa Itu Agen Shopee Express?

Agen Shopee Express adalah mitra bisnis Shopee yang bertugas untuk mengumpulkan, mengirim, dan mengantarkan barang pesanan dari pembeli ke penjual atau sebaliknya.

Tugas utama agen Shopee Express adalah memfasilitasi proses pengiriman barang yang dilakukan melalui layanan pengiriman Shopee Express.

Sebagai agen Shopee Express, kamu akan menerima pesanan dari pembeli atau penjual, mengumpulkan barang, melakukan verifikasi dan packing, dan mengirimkan barang ke alamat yang dituju.

Cara Daftar Jadi Agen Shopee Express

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar sebagai agen Shopee Express:

  • Kunjungi situs web resmi Shopee di www.shopee.co.id
  • Klik pada menu “Jadilah Mitra”
  • Pilih opsi “Shopee Express”
  • Klik pada tombol “Daftar Sekarang”
  • Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diminta
  • Unggah dokumen-dokumen yang diminta
  • Lalu, klik pada tombol “Daftar Sekarang” untuk menyelesaikan proses pendaftaran
  • Tunggu konfirmasi dari tim Shopee untuk mengetahui status pendaftaran

Jika pendaftaran diterima, Shopee akan memberikan akses ke platform Shopee Express dan memberikan pelatihan serta dukungan teknis yang diperlukan untuk memulai bisnis pengiriman.

Syarat Daftar Jadi Agen Shopee Express

Berikut adalah persyaratan umum untuk mendaftar sebagai agen Shopee Express:

  • Memiliki usaha yang resmi, seperti PT, CV, atau usaha perorangan yang terdaftar
  • Dokumen bisnis yang lengkap, seperti NPWP, SIUP, TDP, dan dokumen yang diperlukan
  • Memiliki kemampuan untuk mengelola pengiriman dan penanganan barang dengan baik
  • Memiliki karyawan yang berkualitas dan dapat diandalkan
  • Memiliki akses ke kendaraan pengiriman
  • Memiliki modal yang cukup untuk mengelola bisnis pengiriman

Berikut adalah contoh perhitungan modal untuk menjadi agen Shopee Express dengan skala usaha kecil dan menengah:

1. Biaya pendaftaran
Biaya pendaftaran sebagai agen Shopee Express berkisar antara Rp100.000 hingga Rp500.000, tergantung pada wilayah atau lokasi bisnis.

Misalnya, biaya pendaftaran untuk wilayah Jakarta bisa mencapai Rp500.000.

2. Biaya operasional
Biaya operasional untuk usaha kecil dan menengah bisa mencapai Rp3.000.000 hingga Rp10.000.000 per bulan. Biaya ini mencakup biaya sewa tempat usaha, biaya listrik dan air, biaya internet dan telepon, biaya transportasi, dan biaya gaji karyawan.

Jika kamu ingin memulai usaha kecil, dapat menghemat biaya dengan memulai dari rumah Anda sendiri dan menjalankan bisnis secara online.

3. Biaya pengadaan perlengkapan dan peralatan
Biaya pengadaan perlengkapan dan peralatan untuk mengelola bisnis pengiriman seperti kotak pengiriman, kantong plastik, pita kertas, timbangan, dan printer dapat mencapai Rp1.000.000 hingga Rp5.000.000 tergantung pada skala bisnismu.

4. Biaya promosi
Biaya promosi untuk mempromosikan bisnismu dapat bervariasi tergantung pada media yang dipilih. Misalnya, biaya untuk mengiklankan bisnis di media sosial atau situs web dapat mencapai Rp500.000 hingga Rp1.000.000 per bulan.

Dengan demikian, modal yang diperlukan untuk memulai usaha agen Shopee Express dengan skala kecil dan menengah berkisar antara Rp5.000.000 hingga Rp20.000.000 tergantung pada wilayah atau lokasi bisnis.

Komisi Menjadi Agen Shopee Express

Untuk pengiriman domestik (dalam negeri), komisi agen Shopee Express dapat mencapai 10-20% dari biaya pengiriman.

Sedangkan untuk pengiriman internasional, komisi yang diberikan mungkin lebih tinggi, tergantung pada negara tujuan dan biaya pengiriman yang dikenakan.

Selain komisi dari biaya pengiriman, agen Shopee Express juga dapat memperoleh pendapatan dari layanan tambahan yang ditawarkan. Seperti asuransi pengiriman atau layanan pengiriman express dengan biaya lebih tinggi.

Keuntungan Jadi Agen Shopee Express

Sebagai agen Shopee Express, kamu dapat memperoleh beberapa keuntungan, antara lain:

1. Potensi penghasilan yang menjanjikan
Dengan komisi yang diberikan untuk setiap transaksi pengiriman, agen Shopee Express memiliki potensi penghasilan yang menjanjikan. Terutama jika kamu mampu mengelola bisnis dengan baik dan memperluas jangkauan pemasaran.

2. Dukungan teknologi dan pelatihan
Sebagai agen Shopee Express, kamu akan mendapatkan dukungan teknologi dan pelatihan dari Shopee untuk memudahkanmu dalam mengelola bisnis pengiriman.

Shopee menyediakan sistem manajemen pengiriman yang terintegrasi dengan platform e-commerce mereka. Sehingga memudahkan agen untuk memproses pesanan dan mengatur pengiriman.

3. Peluang bisnis yang luas
Bisnis pengiriman memiliki peluang yang luas karena meningkatnya permintaan pengiriman barang secara online.

Sebagai agen Shopee Express, kamu dapat memperluas jangkauan bisnis dengan menawarkan layanan pengiriman ke daerah-daerah yang sulit dijangkau atau tidak dilayani oleh agen pengiriman lain.

Akhir Kata

Setelah mengetahui cara daftar jadi agen Shopee Express mudah dan memberikan banyak keuntungan maka kamu dapat mencoba mempraktikannya sesuaid dengan yang sudah dijelaskan di dalam artikel ini.

Artikel Menarik Lainnya: