Cara Jualan di Akulaku Beserta Syaratnya Bagi Pemula

Cara Jualan di Akulaku Beserta Syaratnya Bagi Pemula

Bagaimana cara jualan di Akulaku ternyata sangat mudah, salah satu platform aplikasi pinjam online ini ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk kredit barang. Atau pinjam uang saja.

Bagi kamu yang ingin menjadi seller, memiliki usaha dan tentu saja ingin berjualan di Akulaku. Maka bisa langsung simak penjelasan kali ini, informasi terkait syarat hingga cara daftar untuk menjadi penjualnya apa saja.

Syarat dan Ketentuan Daftar Jualan di Akulaku

Ketentuan dan syarat adalah salah satu cara jualan di Akulaku yang harus dipenuhi dengan baik. Syarat ketentuannya juga tergolong sederhana, kamu dapat mempersiapkan atau data lain mulai dari sekarang.

  1. Calon penjual atau seller adalah Warga Negara Indonesia
  2. Calon seller harus memiliki NIK KTP atau Nomor Kartu Tanda Penduduk yang aktif dan sah
  3. Memiliki NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak
  4. Calon seller juga harus memiliki nomor rekening bank aktif
  5. Memiliki alamat email
  6. Memiliki nomor telepon aktif
  7. Mempersiapkan foto KTP sebagai syarat untuk verifikasi
  8. Siapkan data dan nama toko sebagai identitas dari merchantnya

Upayakan agar semua keperluan dokumen dilengkapi dengan baik, pastikan agar dokumennya juga dalam keadaan baik. Bisa dibaca secara jelas.

Memilih Jenis Merchant untuk Jualan di Akulaku

Sebelum melanjutkan tentang bagaimana cara jualan dan cara daftarnya, maka terlebih dahulu kamu harus menentukan jenis merchant yang akan digunakan. Ada dua jenis, apa saja?

1. Toko Biasa

Ya, toko biasa menjadi jenis merchant pertama yang bisa kamu pilih. Bentuknya milik perorangan, jadi sama seperti toko online lain di beberapa platform eCommerce lain.

2. Ofiicial Store

Jenis merchant kedua adalah toko resmi, memiliki otoritas dari merek asli atau brand official. Biasanya akan dimiliki oleh brand-brand besar. Misalnya saja dengan Philips, Asus, Samsung dan beberapa brand terkenal lainnya.

Langkah Langkah Cara Jualan di Akulaku

Tidak hanya sebagai aplikasi kredit barang, namun Akulaku juga jadi salah satu platform marketplace yang bisa digunakan untuk membeli juga menjual barang secara kredit. Karena kamu sekarang posisinya ingin menjual barang dan menjadi seller, berikut beberapa langkahnya.

Untuk mencari linknya, Google sudah menyediakan link untuk seller di Akulaku. Nanti link tersebut akan langsung mengarahkan kamu ke opsi pendaftaran merchant di Indonesia.

2. Memilih Jenis Usaha

Nanti tampilan website akan menampilkan jenis usaha yang akan kamu kembangkan, dapat disesuaikan dengan dokumen usaha yang dimiliki.

Jika baru mulai membuka usaha, maka kamu bisa menjadi merchant di Akulaku. Kemudian pilih saja merchant individu atau perorangan lokal, yang mana nanti syarat daftarnya hanya membutuhkan data KTP saja.

3. Melengkapi Data Pendaftaran

Pengisian data dapat meliputi nama lengkap, nomor telepon, kode verifikasi, alamat email hingga kata sandi. Kamu juga nanti akan diminta untuk membaca, memahami juga wajib menyetujui perjanjian merchant.

Dimana perjanjian tersebut diberikan oleh Akulaku dan jika sudah dipahami, kamu bisa klik daftar secara langsung.

4. Melengkapi Data Penjualan

Jika akun sudah berhasil kamu buat, maka kamu pun harus melengkapi data penjualannya. Seperti terdiri dari lima jenis informasi. Meliputi:

4.1 Informasi Dasar

Berupa nama toko, kategori produk yang akan dijula, wilayah penjualan toko, hingga logo yang akan digunakan pada toko.

4.2 Informasi Penerimaan atau Pengiriman Produk

Pada form cara jualan di Akulaku ini, kamu akan diminta untuk mengisi alamat gudang atau dari mana barang dikirim. Pengiriman dapat dilakukan menggunakan alamat rumah atau alamat supplier.

Selain itu, nanti akan diminta alamat pengiriman, dan alamat ini digunakan untuk pengembalian barang retur yang dilakukan oleh buyer atau pembeli.

4.3 Informasi Identitas

Siapkan terlebih dahulu foto KTP, lalu kemudian foto selfie dengan KTP. Langkah ini dilakukan untuk proses verifikasi dan kamu juga harus mengisi nama sesuai dengan dokumen identitas. Berikut tanggal lahir hingga nomor identitasnya.

Untuk pengisian data NPWP atau SIUP bahkan Informasi platform lainnya, itu bisa opsional. Tergantung kondisi juga keadaan kamu saat akan melakukan jualan di Akulaku.

5. Selesai

Nah, jika semua panduan cara jualan di Akulaku di atas sudah dilakukan dan semua form telah diisi secara lengkap. Maka kamu sudah dinyatakan resmi menjadi merchant di Akulaku dan tentu saja bisa langsung mulai berjualan.

Keuntungan Jualan di Akulaku

Platform marketplace jelas sangat banyak, namun saat kamu menggunakan Akulaku ada banyak keuntungan bisa didapatkan. Apa saja?

  1. Dukungan dana iklan
  2. Sumber eksposur promo
  3. Layanan inkubasi spesial
  4. Gratis komisi merk untuk periode pertama
  5. Jangkauan pasar yang lebih luas

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Jualan di Akulaku

Apakah Daftar dan Berjualan di Akulaku Dipungut Biaya?

Tidak, gratis.

Barang Apa Saja yang Bisa Dijual oleh Seller?

Beragam, namun pada umumnya seller di Akulaku berjualan elektronik hingga perabotan rumah tangga.

Artikel Menarik Lainnya: