Cara Melihat Tagihan Spaylater Beserta Cara Bayarnya

Cara Melihat Tagihan Spaylater Beserta Cara Bayarnya

Cara Melihat Tagihan Spaylater Beserta Cara Bayarnya

Spaylater merupakan fitur beli sekarang bayar nanti dari aplikasi Shopee yang cukup populer dimana kamu bisa berbelanja apa saja dan membayarnya nanti. Meskipun fitur ini sudah banyak digunakan tapi masih banyak yang belum tahu cara melihat tagihan Spaylater.

Bagi kamu yang belum mengetahui caranya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana caranya.

Syarat Melihat Tagihan Spaylater

Tagihan dan transaksi yang ada di Shopee Paylater merupakan acuan agar tidak telat membayar  cicilan. Tapi terkadang masih banyak yang belum tahu bagaimana cara melihat tagihan dan transaksi Shopee Paylater.

Untuk melihat tagihan dan transaksi ShopeePaylater mudah banget. Kamu bisa langsung membuka di akun Shopee kamu, untuk tahu cara melihat tagihan dan transaksi Spaylater.

Namun, sebelum beranjak ke cara melihat tagihan Spaylater. Kamu perlu ketahui dulu syarat yang harus dipenuhi, diantaranya adalah:

1. Memiliki Aplikasi Shopee

Untuk cara melihat tagihan Spaylater tentunya syarat pertama kamu harus memiliki aplikasi Shopee dan kamu memiliki akun serta sudah melakukan verifikasi nomor HP sebagai nomor Spaylater kamu.

Dan tentunya setelah itu, kamu memiliki akses dan PIN konfirmasi Spaylater saat nanti fitur tersebut digunakan.

2. Memiliki Jaringan Internet Stabil

Dan syarat selanjutnya untuk cara melihat tagihan Spaylater kamu perlu pastikan jika kamu memiliki jaringan internet yang cukup stabil dan itu syarat wajib karena cara melihat Spaylater harus dilakukan secara online.

3. Memiliki HP yang Support

Tidak hanya memiliki aplikasi Shopee dan juga memiliki jaringan internet yang stabil kamu juga perlu pastikan jika kamu memiliki HP yang cukup support dan masih bisa digunakan.

4. Pernah Menggunakan Spaylater

Selanjutnya kamu ingin tahu cara melihat tagihan Spaylater kamu harus pernah menggunakan Spaylater tersebut sehingga apabila sudah digunakan maka akan muncul tagihan nantinya.

Cara Melihat Tagihan Spaylater

Seperti yang kita ketahui bahwa Shopee Paylater ini hampir mirip dengan pembayaran kartu kredit dengan bunga yang sangat minim. Dan jika kamu menggunakan tagihan ini kamu bisa melihat tagihannya.

Lantas bagaimana cara melihat tagihan Spaylater? Ini cukup mudah jika masih kebingungan bagaimana caranya kamu bisa simak berikut beberapa langkah cara melihat tagihan Spayalater, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka akun Shopee yang ada di HP kamu
  • Setelah itu kamu akan di hadapkan di menu utama aplikasi kamu bisa klik “Tab Saya”
  • Kemudian setelah itu kamu bisa klik fitur “Spaylater”
  • Lalu kamu akan melihat tulisan “Tagihan Saya”
  • Setelah mengklik “Tagihan Saya” maka akan muncul jumlah tagihan kamu yang belum lunas beserta keterangan bulan dan tanggal jatuh tempo pembayaran

Nah, di situ kamu bisa melihat berapa rincian tagihan Shopee Paylater kamu. Jika kamu ingin melihat transaksi Shopee Paylater di bulan-bulan sebelumnya kamu bisa klik “Transaksi yang ada” di sebelah tulisan “Tagihan Saya”

Denda Keterlambatan Shopee Paylater

Nah, selain mengetahui cara melihat tagihan Spaylater selanjutnya kamu juga perlu mengetahui denda keterlambatannya agar berjaga-jaga apa yang harus di persiapkan setelah tahu denda keterlambatan tersebut.

Dan berikut beberapa dampak akibat keterlambatan membayar tagihan Shopeepaylater, diantaranya adalah:

  • Pertama kamu akan dikenakan biaya keterlambatan sebesar 5% per bulan dari seluruh total tagihan yang kamu miliki
  • Selanjutnya akan ada pembatasan akses fungsi di aplikasi dan penggunaan voucher Shopee
  • Tidak hanya itu, peringkat kredit kamu di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK yang dapat mencegah kamu untuk mendapatkan pembiayaan dari Bank atau perusahaan lain
  • Selanjutnya akan dilakukan penagihan melalui telepon atau penagihan lapangan melalui DC (Dept Kolector)

Berikut contoh penghitungan denda 5% akibat denda keterlambatan. Contoh kamu memiliki total tagihan sebesar Rp.100.000,- pada tanggal 25 April 2021, dengan tanggal jatuh tempo pada 5 Mei 2021.

Namun, kamu akan melakukan pembayaran setelah tanggal 15 2021 ini misalkan saja saya telat bayar di tanggal segitu. Jadi begini penghitungannya

Total Tagihan = Rp.100.000,-

Biaya Keterlambatan = 5%

Penghitungannya 5% x Rp.100.000 = Rp.5.000,-

Total tagihan = Rp.105.000,-

Nah, itulah contoh simulasi hasil penghitungan biaya keterlambatan hasil penghitungan dapat berbeda sesuai dengan jumlah tagihan yang kamu miliki dan persentase bunga yang berlaku nantinya.

Limit ShopeePaylater

Selain mengetahui cara melihat tagihan Spaylater kamu juga perlu mengetahui limit ShopeePaylater. Limit Spaylater adalah batas pinjaman dari Shopee kepada pengguna. Pengguna Spaylater dapat menggunakan fitur ini untuk bertransaksi.

Tetapi tidak dapat melebihi batas limit yang ditetapkan. Misalnya jika diberikan limit Rp.1000.000,- maka bisa digunakan untuk belanja dengan nominal tersebut.

Namun, jika limit tersebut telah terpakai fitur Spaylater tidak dapat digunakan lagi. untuk bisa digunakan kembali kamu bisa meningkatkan limit Spaylater kamu juga bisa membayar tagihannya lebih awal agar limit kembali ke awal.

Untuk limit Spaylater pertama adalah Rp.750.000,- dan dapat ditingkatkan melalui pengajuan oleh pengguna di aplikasi Shopee. Saat ini limit maksimal Spaylater adalah Rp.9.000.000,- untuk pengguna baru dan akan bertambah hingga belasan juta rupiah.

Cara Bayar Tagihan Spaylater

Setelah mengetahui cara melihat tagihan SPaylater dan denda keterlambatannya alangkah baiknya kamu juga simak bagaimana cara bayar tagihan Spaylater. Pengguna bisa membayar tagihan Spaylater melalui halaman Spaylater, begini caranya:

  • Langkah pertama kamu bisa buka apliksai Shopee
  • Kemudian kamu bisa pilih “Spaylater” dan setelah itu kamu bisa pilih “Bayar Sekarang”
  • Dan pilih “tagihan bulan ini” di bagian atas sebelah kiri aplikasi dan klik “Bayar Sekarang”
  • Kemudian pili “Metode Pembayaran” dan pengguna dapat melakukan pembayaran melalui ShopeePay transfer bank VA atau minimarket
  • Konfirmasi jumlah tagihan yang harus di bayarkan sesuai tagihan
  • Lalu kemudian kamu bisa klik “Bayar Sekarang” dan lakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera
  • Jika sudah berhasil terverifikasi pengguna akan mendapatkan notifikasi di bagian keuangan bahwa pembayaran telah diterima
  • Limit Spayallter akan segera dikembalikan maksimal 1×24 jam

Dan untuk menghindari biaya atau denda keterlambatan kamu perlu pastikan untuk mengikuti cara melihat tagihan Spayalter secara rutin dan tentunya membayar pada saat yang tepat.

Tidak melebihi masa jatuh tempo di jauh-jauh hari lebih baik agar terhindar dari denda keterlambatan karena cukup lumayan jika kamu terus mengalami keterlambatan maka denda akan semakin menumpuk dan menjadikan beban kamu nantinya.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Melihat Tagihan Spaylater

Kapan tagihan Spaylater akan muncul?

Setiap pengguna Spaylater memiliki tanggal jatuh tempo masing-masing namun untuk rincian tagihan akan muncul setiap tanggal 21 perlu dibayar paling lambat tanggal 1 setiap bulannya tanggal 25 perlu dibayar paling lambat tanggal 5.

Kenapa tidak bisa melihat tagihan SPAylater?

Salah satu penyebab tidak bisa melihat Spaylater yaitu aplikasi terlalu banyak chace sehingga terjadi error yang akhirnya membuat tagihan Spaylater tidak muncul.

Bagaimana cara menghubungi Call Center Spaylater?

Kamu bisa telepon ke (021) 8060 4253

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: