Cara Membatalkan Transfer SKN Beserta Syaratnya [Mudah]

Cara Membatalkan Transfer SKN Beserta Syaratnya

SKN (Sistem Kliring Nasional) yaitu merupakan sistem transfer dana elektronik seperti kliring debet dan kliring kredit di mana transaksinya dilakukan secara nasional. Dan pada umumnya , sistem transfer yang dilakukan adalah sistem SKN ini.

Sistem ini cukup mudah dilakukan namun masih sering sekali adanya terjadi salah transfer dan hal ini membuat panik. Lantas bagaimana cara membatalkan transfer SKN? Jangan panik dulu ya.

Sebab, kamu masih bisa punya kesempatan untuk meminta pihak bank membatalkannya dan mengurus pengembalian dana. Dan di artikel ini akan di jelaskan bagaimana cara lengkapnya. Simak ya!

Syarat Membatalkan Transfer SKN

Sebelum beranjak ke cara membatalkan transfer SKN kamu perlu mengetahui terlebih dahulu syarat apaa yang perlu kamu bawa untuk melakukan pembatalan transfer SKN, berikut hal-hal yang perlu kamu persiapkan.

  • Syarat pertama yang perlu di bawa adalah bukti transfer yang salah kirim tersebut
  • Selanjutnya kamu juga perlu membawa identitas diri seperti KTP
  • Dan kemudian kamu juga perlu menjelaskan metode trasnfer yang kamu gunakan jika menggunakan ATM kamu bawa kartu ATM
  • Dan jika menggunakan m Banking kamu perlu membawa HP yang kamu gunakan

Cara Membatalkan Transfer SKN

Sebetulnya jika proses transfer masih berlangsung kamu bisa langsung membatalkannya dengan mudah yaitu dengan menekan tombol cancel aja yang tertera di mesin ATM maupun di aplikasi Mobile Banking.

Namun, bagaimana jika uang itu sudah terlanjur di trasnfer? Dan dana sudah masuk ke rekening penerima dana dan penerima yang salah. Dan dalam hal ini kamu tidak bisa membatalkannya sendiri.

Kamu butuhkan petugas bank dan melaporkan hal tersebut. Jika kamu belum tahu bagaimana tata caranya melapor, berikut kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ya!

1. Segera Melapor ke Pihak Terkait

Nah, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah langsung melapor ke pihak terkait. Maksud saya adalah pihak Bank yang bersangkutan. Atau kamu juga bisa menghubungi call center.

Dan bisa juga mendatangi kantor cabang terdekat dan hal ini jangan kamu tunda-tunda lagi agar uang kamu bisa cepat dikembalikan.

2. Menjelaskan Kronologi Kejadian

Dan setelah kamu berada di kantor cabang atau sudah terhubung dengan costumer service kamu di call center kamu bisa langsung menceritakan kronologi dari kejadian yang kau alami.

Kamu bisa ceritakan dengan rinci dan jelas kejadian yang kamu alami saat salah trasnfer. Dan kamu juga bisa menyebutkan waktu transfer, nomor rekening hingga metode transfer kamu.

3. Siapkan Dokumen Untuk Bukti

Dan kamu juga akan di minta untuk menyiapkan bukti pendukung dan juga identitas diri. Maka sebelum ke kantor cabang kamu perlu menyiapkan dokumen seperti KTP, Rekening, kartu ATM dan struk transfer.

Jika kamu menggunakan costumer service di call center biasanya kamu akan di suruh untuk mengirimkan bukti-bukti tersebut melalui email resmi bank terkait.

4. Bank Melakukan Proses Verifikasi

Dan setelah kamu melaporkan baik melalui kantor cabang atau call center dan pastikan bukti yang kamu bawa tidak ketinggalan. Maka pihak bank akan memproses dan memverifikasi transaksi sesuai SOP yang berlaku.

Dan proses ini membutuhkan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu. Sambil menunggu yang bisa kamu lakukan adalah berdoa supaya si pemilik rekening mau mengembalikannya. Kamu hanya perlu sabar dalam tahap ini.

5. Bank Menjadi Perantara

Jadi, setelah kamu melaporkan kejadian tersebut buka serta merta uang kamu akan kembali dengan cepat. Namun, dalam hal ini pihak bank hanya membantu sebagai perantara antara kamu dan penerima uang yang salah kirim tadi.

6. Menunggu Pengambilan Dana

Dan selama proses penyelesaian pembatalan transfer ini kamu hanya perlu mengikuti semua intruksi yang diberikan oleh pihak bank. Setelah itu, kamu bisa menunggu pengembalian dana dengan sabar.

Tips Agar Terhindar Dari Salah Transfer

Nah, setelah mengetahui cara membatalkan transfer SKN. Jadi, bisa di batalkan jika belum melakukan pengiriman dengan menekan tombol cancel di mesin ATM atau di Mobile Banking.

Namun, jika terlanjur kamu akan menemukan beberapa tahap yang tidak mudah karena harus melibatkan banyak orang. Maka dari itu, hindari hal-hal yang bisa membuat kamu salah transfer, berikut akan saya jelaskan bagaimana agar terhindar dari salah transfer, di simak ya!

  • Tips pertama kamu bisa menggunakan shortcut copy dan paste jika menggunakan m banking hal ini bisa membantu kamu agar tidak salah ketik nomor rekening
  • Selanjutnya cek kembali nama penerima sebelum melakukan transfer agar tidak salah lagi
  • Cek juga nomor rekening si penerima karena nama bisa saja sama tapi nomor rekening tentu saja setiap pemilik atau nasabah itu berbeda-beda jika di rasa sudah betul kamu bisa langsung klik kirim

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara membatalkan transfer SKN dan juga syarat membatalkan dan tips agar kamu tidak melakukan salah transfer kembali. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya: