9 Cara Membedakan HP Oppo Asli Dan Palsu Semua Serie

9 Cara Membedakan HP Oppo Asli dan Palsu Semua Serie

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Pengguna hp Android terutama merek Oppo wajib mengenal cara membedakan hp Oppo asli dan palsu. Produk Android ini sangat populer terutama seri A31, A71S, A15S, dan seri terbaru lainnya.

Ada beberapa cara yang dapat kamu coba untuk membedakan handphone Oppo asli atau palsu simak penjelasannya berikut ini.

Cara Membedakan Hp Oppo Asli dan Palsu dengan Mudah

Oppo merupakan salah satu merek Android yang sangat populer di Indonesia. Semua jenis handphone telah diproduksi perusahaan tersebut mulai dari entry level, mid range, hingga flag ship.

Akan sangat merugikan kalau kamu mengalami penipuan dengan beli barang palsu maupun refurbished. Oleh sebab itu, kamu bisa coba gunakan cara membedakan hp Oppo asli dan palsu berikut ini.

1. Cek dari IMEI

Cara membedakan hp Oppo asli dan palsu yang paling mudah adalah memeriksa IMEI. Jika IMEI terdaftar di Kemenperin dapat dipastikan perangkat tersebut asli. Cara memeriksa IMEI sangat mudah, kamu bisa melihat IMEI di bagian dus.

Setelah itu, ketik kode IMEI dan masukkan ke website Kemenperin jika muncul berarti handphone tersebut terdaftar. Kamu juga bisa coba ketik *#06# untuk mengetahui nomor IMEI handphone.

2. Periksa Keaslian Handphone dengan Engineer Mode

Kamu juga bisa cek keaslian perangkat dengan engineer mode caranya ketik *800# melalui menu panggilan. Setelah masuk ke engineer mode, pilih testing hardware kemudian periksa baterai, koneksi hp, dan sistem lainnya.

Kalau hasil pengecekan tidak sesuai dengan kondisi handphone apalagi kalau Android baru dibeli berarti hp tersebut palsu.

3. Periksa Spesifikasi Handphone

Cara membedakan hp Oppo asli dan palsu berikutnya dapat membandingkan dari spesifikasi. Misalnya, kamu membeli Oppo A71 tipe ini harusnya memiliki RAM 3GB dengan spesifikasi kamera 13MP.

Untuk membuktikan handphone tersebut sesuai spesifikasi atau tidak caranya bisa buka CPU-Z. Kalau setelah diperiksa ternyata berbeda dengan spesifikasi yang dibeli maka handphone tersebut palsu.

4. Pastikan Keaslian Hp dengan Melihat Kondisi Fisik

Handphone Oppo A71 yang asli menggunakan material gorilla glass 3 pada layar disertai alumunium untuk bagian belakang dan sampingnya. Apabila setelah diperiksa ternyata berbeda berarti hp tersebut palsu.

Selain dicek dari kondisi fisik, kamu juga dapat memperhatikan bobot dari handphone. Kamu harus tahu dulu bobot hp asli, kamu bisa cek di timbangan atau perangkat lain untuk memastikannya.

5. Periksa Kartu Garansi

Berikutnya, kamu juga harus memastikan keaslian handphone berdasarkan kartu garansi. Kartu garansi palsu mudah dibuat, tapi kalau diperiksa di Oppo service center pasti tidak terdaftar.

Bawa dus handphone dan kartu garansi ke Oppo service center untuk memastikannya. Handphone yang asli biasanya dikeluarkan oleh PT Indonesia Oppo Electronics.

6. Identifikasi Hp dengan NFC

Cara membedakan hp Oppo asli dan palsu bisa juga menggunakan NFC. Namun cara ini hanya bisa dilakukan pada handphone series terbaru yang memiliki fitur NFC.

Pada handphone asli, biasanya fitur NFC ini tidak terlihat jelas. Tapi pada hp palsu biasanya terlihat jelas adanya konektor NFC di bagian belakang.

7. Cek dari Perbedaan Harga

Cara berikutnya adalah memeriksa harga, jangan terlalu tergiur kalau beli barang harga murah. Kalau perbedaan harga terlalu jauh dengan harga pasar, kemungkinan handphone yang dijual tersebut palsu.

8. Periksa Color OS

Kamu juga bisa melihat keaslian hp dari Color OS. Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan handphone memiliki spesifikasi OS yang rendah dari yang ditawarkan berarti perangkat tersebut palsu.

9. Lihat Kualitas Kamera

Kamera handphone Oppo dikenal sangat bagus. Kamu bisa lihat review orang lain dari YouTube kemudian bandingkan dengan hasil jepretan dengan tipe yang sama. Apabila kamera pada hp tidak sebagus yang di review patut dicurigai keasliannya.

Misalnya, kamu membeli Oppo Flip N3 ketika tes kamera hasil gambarnya buram berarti perangkat tersebut palsu. Oppo Flip N3 asli memiliki spesifikasi kamera utama 50MP, Telefoto 32MP, serta ultra-wide 48MP

Tips Beli HP Oppo Asli Secara Online

Bagi kamu yang baru mau membeli handphone Oppo secara online, gunakan tips berikut ini supaya terhindar barang palsu.

1. Beli Perangkat Lewat E-commerce Resmi

Kalau mau beli handphone secara online, pilih e-commerce resmi seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Akulaku, dan e-commerce resmi lainnya. Selain lebih aman, kamu bisa mendapatkan sejumlah kemudahan contohnya bisa dapat cashback dan gratis ongkir.

2. Periksa Rating dan Review Toko Online

Untuk memastikan kualitas dan keamanannya, kamu bisa periksa review dari pembeli lain serta rating toko. Pilihlah toko dengan rating bintang 5 dan telah menjual ribuan unit handphone.

3. Beli Di Official Store

Supaya lebih aman dan produk yang dibeli terjamin 100% asli, kamu bisa beli di Official Store. Setiap e-commerce menyediakan Official Store Oppo jadi lebih mudah. Kamu dapat memilih series terbaru dengan harga sesuai dan terjamin bukan hp HDC.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Membedakan Hp Oppo Asli dan Palsu

Apakah Handphone Oppo Palsu Rawan Malware?

Tentu saja, perangkat yang palsu lebih rawan kena virus dan malware sehingga membahayakan data-data pribadi seperti password dan data bank.

Apakah Handphone Oppo HDC Palsu?

Ya, handphone tersebut imitasi atau tiruan dari perangkat yang asli. Perangkat Oppo versi HDC sangat berbeda dengan aslinya dari segi kualitas, keamanan, maupun fitur-fitur lainnya.

Apakah Hp Oppo Refurbished Palsu?

Oppo refurbished merupakan perangkat yang telah digunakan tapi diperbaiki ulang kemudian dijual. Biasanya, handphone rekondisi ini berasal dari hp asli namun terkadang di klaim sebagai barang baru karena dari segi fisik tidak ada perbedaan.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: