Cara Mengaktifkan GPS di HP Oppo dengan Mudah

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Bagi kamu yang ingin mengaktifkan GPS di HP Oppo tapi belum mengetahui caranya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana cara mengaktifkan GPS di HP Oppo secara lengkap.

Tidak hanya itu, akan dijelaskan juga fitur-fitur GPS di HP Oppo, manfaat menggunakan GPS dan pengguna tidak bisa mengaktifkan GPS yuk, simak artikel ini sampai selesai agar sampai selesai.

GPS dan Manfaatnya di HP Oppo

Nah, sebelum beranjak ke cara mengaktifkan GPS di HP Oppo alangkah baiknya kamu simak terlebih dahulu apa itu GPS dan juga manfaatnya.

Jadi, GPS ini merupakan singkatan dari Global Positioning System. Dan sistem ini bisa menentukan lokasi pengguna melalui alat tracking khusus. Seperti pada HP Oppo dan android lainnya salah satunya dengan menggunakan satelit.

Dan awalnya sistem GPS ini di buat oleh Amerika Serikat walau pada perkembangannya Rusia dan Cina juga memiliki sistem tersendiri untuk menentukan lokasi, sistem GPS di Rusia disebut dengan GLONASS sedangkan di Cina merupakan BeiDou.

Dan menggunakan istilah GPS untuk sistem penentuan dan pelacakan di ponsel memang kurang akurat. Seperti disebutkan di atas, GPS merupakan sistem satelit yang digunakan. Sebenarnya yang ada di ponsel justru sinyal GPS itu sendiri.

Dan tentunya GPS ini untuk mempermudah pengguna ponsel secara luas. Istilah penerima sinyal atau sistem navigasi disederhanakan menjadi GPS.

GPS di ponsel android bukanlah peta meski di peta akan menggunakan sistem navigasi dari GPS aplikasi seperti Google maps, wave ojek online sampai berbagai aplikasi percakapan saat ini memaksimalkan fitur GPS. Demi pemetaan titik lokasi pengguna yang lebih tepat.

Cara Mengaktifkan GPS di HP Oppo

Baik setelah mengetahui apa itu GPS dan bagaimana manfaatnya sekarang mari kita bahas bagaimana cara mengaktifkan GPS di HP Oppo dan berikut  ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk cara mengaktifkan GPS di HP Oppo, diantaranya adalah:

1. Cara Mengaktifkan GPS di HP Oppo Melalui Pengaturan

Bila mengaktifkan GPS lewat status bar masih membingungkan, bisa melakukan melalui menu pengaturan. Cara ini pastinya lebih mudah untuk dilakukan selain itu mengaktifkan GPS melalui pengaturan juga memberikan keuntungan.

Dan salah satu keuntungannya yaitu berbagai konfigurasi yang di pilih. Pengaturan konfigurasi ini tepat untuk menentukan penggunaan GPS untuk masing-masing, dan berikut beberapa langkah cara mengaktifkan GPS di HP Oppo, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bisa menu setelan atau setting atau pengaturan di HP android
  • Kemudian klik pada menu keamanan & Lokasi
  • Dan pada menu ini, scrol ke bawah hingga menemukan pilihan untuk lokasi
  • Dan ketuk atau tap pada menu lokasi untuk mengaktifkan
  • Dan pastikan kata aktif pada lokasi, yang menandakan GPS sudah menyala

Dan setelah itu, GPS di HP sudah akan menyala dan navigasi dilakukan secara real-time selalui satelit.

2. Cara Mengaktifkan GPS di HP Oppo Via Actionbar

Selanjutnya cara mengaktifkan GPS di HP Oppo bisa menggunakan Actionbar dan berikut beberapa langkah cara yang bisa kamu ikuti diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuka Action Bar yang ada di HP
  • Selanjutnya apabila kamu tidak melihat ikon lokasi, maka bisa menarik ke bawah agar tampilannya full
  • Lalu klik lokasi agar GPS aktif
  • Dan apabila GPS di HP Oppo kamu sudah aktif, biasanya akan lebih mudah dalam mengakses layanan tertentu kamu bisa buktikan sendiri dengan mengakses

3. Cara Mengaktifkan GPS Via Pusat Kontrol

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan GPS di HP Oppo ialah melalui pusat kontrol. Dan perlu kamu ketahui bahwa pusat kontrol merupakan tempat terbaik bagi pengguna yang ingin mengakses sejumlah pengaturan dengan cepat.

Dan pusat kontrol juga jadi andalan ketika ingin mengaktifkan GPS dengan mudah. Dan berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu membuka pusat kontrol yang ada di HP Oppo. Dan untuk membukanya, cukup usap layar dari bagian atas sampai bawah
  • Nantinya akan muncul sejumlah opsi atau menu
  • Dan cari ikon seperti muncul sejumlah opsi atau menu
  • Dan cari ikon seperti PIN di bagian bawah
  • Dan langkah selanjutnya cermati bagian bawah tersebut karena biasanya ada tulisan lokasi
  • Dan klik ikon PIN hingg berubah warna
  • Saat ikon PIN sudah berubah warna menandakan bahwa GPS kamu telah aktif

Apa Penyebab GPS Tidak Mau Aktif

Nah, setelah tahu cara mengaktifkan GPS di HP Oppo selanjutnya mari kita bahas apa penyebab GPS tidak mau aktif.

Setelah mengikuti beberapa tutorial dalam cara mengatifkan GPS di HP Oppo, kamu tentu bisa langsung memanfaatkan layanannya dengan baik. hanya saja, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan GPS tidak mau aktif.

Adapun salah satu penyebabnya yaitu jaringan internetnya lambat. Oleh karena itu, sebelum internetnya lambat.kamu bisa mempraktekan tutorial diatas, lebih baik untuk cek dulu koneksi internetnya.

Dam pastikan jaringan internetnya stabil agar lancar dan berhasil dan penyebab lainnya, bisa juga karena ada efek ROM bug atau kerusakan HP untuk penyebab yang satu ini kamu alangkah baiknya cermati terlebih dahulu kondisi HP sebelum mengaktifkan GPS.

Tak kalah menarik kamu ketahui, GPS tidak mau aktif juga bisa karena masalah root di sistem. Selain membuat GPS tidak berfungsi, kondisi ini juga membuat hasilnya tak akurat.

Cara Agar GPS di HP Oppo Akurat

Tidak jarang yang ditunjukan dari fitur GPS di HP Oppo tidak akurat. Dan apabila kamu menjumpai masalah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan akurasi GPS.

Dan berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan diantaranya adalah:

  • Metode pertama untuk meningkatkan akurasi GPS kamu bisa melalui pengaturan dengan masuk pengaturan kemudian gulir ke bawah dan klik “Higj Accurancy” dan aktifkan fitur tersebut
  • Selain itu kamu juga harus mengatur tanggal, waktu, dan zona yang benar dan hal tersebut juga akan membuat GPS kamu akurat
  • Selanjutnya pastikan jaringan internet yang kamu miliki cukup stabil sehingga mudah dideteksi

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Mengaktifkan GPS di HP Oppo

Apa kepanjangan dari GPS?

GPS yaitu singkatan dari Global Positioning System.

Apa keuntungan menggunakan GPS di HP?

GPS ini akan memberikan keuntungan jika kamu sedang kehilangan HP, proses mencari akan lebih mudah dan apabila GPS HP Aktif.

Bagaimana cara meningkatkan akurasi GPS di HP Oppo?

Caranya cukup mudah kamu bisa masuk ke pengaturan lalu cari location dan gulir ke bawah dan klik “High Accurancy” dan aktifkan pengaturan akurasi tinggi dengan menggeser tombol ke sebelah kanan.

Apakah cara di atas ini berfungsi untuk semua HP Oppo?

Iya, cara ini sama untuk berbagai tipe HP Oppo.

Artikel Menarik Lainnya: