5 Cara Mengatasi Aplikasi Force Close dengan Mudah

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Force close adalah suatu kejadian yang dimana sebuah aplikasi tiba-tiba tidak merespon atau tidak menanggapi, bahkan hingga keluar dari aplikasi. Kejadian seperti ini tentunya sering dialami oleh kalian para pengguna smartphone.

Kejadian force close tentu nya sangat mengganggu kalian ketika menggunakan beberapa aplikasi tertentu. Jadi bagaimana cara mengatasi aplikasi force close? Kamu bisa simak artikel ini hingga selesai agar dapat menemukan cara untuk mengatasi force close.

Cara Mengatasi Aplikasi Force Close

Masalah yang terjadi seperti force close tentu akan menjadi sebuah gangguan terhadap aktivitas yang kamu lakukan di dalam smartphone. Agar dapat mengatasi aplikasi force close, ada beberapa cara mengatasi aplikasi force close yang dapat kalian lakukan. Di antaranya sebagai berikut.

1. Lakukan update sistem.

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan agar dapat mengatasi aplikasi force close adalah dengan melakukan update sistem pada smartphone yang kalian pakai.

Jika kalian menemukan update sistem terbaru, alangkah baiknya kalian langsung melakukan update sistem agar smartphone kalian mendapatkan performa yang lebih bagus dan dapat membantu kalian terhindar dari aplikasi yang force close.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kalian lakukan agar kalian dapat melakukan update sistem di smartphone kalian.

  • Langkah pertama yang dapat kalian lakukan adalah membuka menu pengaturan di smartphone kalian.
  • Setelah itu kalian cari menu “Tentang Ponsel” lalu klik.
  • Setelah itu kalian akan melihat menu pembaruan sistem.
  • Lalu klik pembaruan sistem tersebut dan ikuti langkah-langkahnya.
  • Setelah itu kalian tinggal menunggu proses update sistem selesai.

Setelah update sistem dilakukan, kamu akan mendapatkan performa yang baru pada smartphone mu dan tidak akan merasakan force close lagi.

2. Restart Ulang

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan jika update sistem belum tersedia dan kamu mengalami force close adalah dengan cara melakukan restart pada smartphone yang kalian gunakan. Mengapa demikian?

Karena dengan melakukan restart ulang pada smartphone kalian, maka perangkat smartphone kalian akan menghapus keseluruhan file sampah dan cache yang ada. Bahkan kapasitas pada RAM akan otomatis normal kembali karena belum ada aplikasi yang dijalankan.

Fungsi utama dari restart ini juga untuk menutup paksa semua file yang tidak diperlukan bahkan file-file cache. Karenan dengan banyaknya semua file sampah atau cache akan menurunkan performa dari kinerja prosesor dan fitur-fitur lain yang tidak akan responsif lagi.

Kalian dapat melakukan restart pada smartphone kalian, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama tekan dan tahan tombol power hingga memunculkan beberapa opsi yang dapat kalian pilih.
  • Setelah itu kalian tinggal klik restart pada beberapa pilihan tersebut.
  • Kemudian kamu tinggal menunggu proses restart dilakukan, dan dapat menggunakan kembali smartphone mu tanpa force close.

3. Update Aplikasi

Jika dirasa semua cara di atas masih tidak berguna, coba kalian lakukan untuk meng update aplikasi yang sering force close tersebut. karena biasanya hal ini juga bisa dipengaruhi oleh aplikasi yang belum mendapatkan update terbaru.

Hal ini tentu perlu kalian lakukan agar mendapatkan performa aplikasi yang bagus tanpa adanya force close, dan dari pihak aplikasi itu sendiri menyediakan update tentu nya sebagai perbaikan dari aplikasi tersebut agar dapat bekerja lebih optimal.

Kalian dapat melakukan update terhadap aplikasi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke aplikasi Play Store pada smartphone mu.
  • Kemudian cari aplikasi yang sering mengalami force close saat digunakan.
  • Kemudian klik “update” pada aplikasi tersebut agar segera mendapatkan update terbaru.
  • Jika update selesai dilakukan, kalian bisa mencoba aplikasi tersebut masih force close atau tidak.

4. Tutup Aplikasi

Cara selanjutnya yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi force close pada aplikasi adalah dengan cara menutup aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Mengapa demikian?

Karena dengan menutup aplikasi yang tidak kalian gunakan akan membuat pengurangan penggunaan RAM dan menghindari penumpukan cache dari aplikasi yang tidak digunakan. Dengan berkurangnya RAM yang digunakan serta cache yang berkurang akan membuat aplikasi tidak force close.

Kalian dapat melakukan penutupan aplikasi yang tidak kalian gunakan agar menghindari force close dengan cara-cara berikut ini.

  • Pertama menghapus file cache dan ruang penyimpanan dari aplikasi yang tidak digunakan.
  • Cabut izin dari aplikasi untuk berjalan secara otomatis.
  • Lakukan penghentian paksa aplikasi agar tidak bisa berjalan di latar belakang.

5. Reset Smartphone

Cara berikutnya yang dapat kalian lakukan agar terhindar dari force close adalah dengan cara mereset smartphone atau mengembalikan smartphone ke setelan pabrik. Dengan cara ini kamu agar mereset semua data dan akan merasakan performa smartphone seperti baru lagi dan terhindar force close.

Cara ini dapat kamu lakukan jika kamu sudah jengkel dengan aktivitas force close pada aplikasi yang tentunya akan membuat kamu tidak nyaman.

FAQ | Pertanyaan Tentang (Mengatasi Aplikasi Force Close)

Apa Itu Force Close?

Force close adalah suatu kejadian yang dimana sebuah aplikasi tiba-tiba tidak merespon atau tidak menanggapi, bahkan hingga keluar dari aplikasi. Kejadian seperti ini tentunya sering dialami oleh kalian para pengguna smartphone.

Mengapa Restart dapat Membantu Mengatasi Force Close?

Karena dengan melakukan restart ulang pada smartphone kalian, maka perangkat smartphone kalian akan menghapus keseluruhan file sampah dan cache yang ada. Bahkan kapasitas pada RAM akan otomatis normal kembali karena belum ada aplikasi yang dijalankan.

Seorang mahasiswa, nyambi freelance content writer. Suka dengan dunia teknologi dan gaming. Terimakasih sudah mau membaca tulisan sederhana saya di blog ini.

Artikel Menarik Lainnya: