6 Cara Mengatasi RAM Android yang Penuh dengan Mudah

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Sering mengalami pengguna RAM android yang penuh? Setiap ingin mengunduh aplikasi baru selalu saja RAM tidak mencukupi? Performa smartphone android yang kalian gunakan mengalami penurunan? Itu semua terjadi akibat penggunaan RAM android sudah penuh.

Cara mengatasi RAM android yang penuh, tentu sering menjadi pertanyaan. Apalagi penuh nya RAM android yang kalian gunakan akan membuat kinerja smartphone kalian menjadi tidak optimal atau performa yang menurun.

Cara Mengatasi RAM Android yang Penuh

Pentingnya memperhatikan RAM dari smartphone kalian agar performa pada smartphone kalian tetap terjaga. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar mengatasi RAM android yang penuh, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi RAM android yang penuh.

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Cara pertama yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi RAM android yang penuh adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak penting atau jarang kalian gunakan. Biasanya banyak dari kalian yang sering menumpuk aplikasi yang kurang penting atau jarang kalian gunakan.

Sebaiknya kalian menghapus aplikasi tersebut, karena itu akan membuat beban lebih terhadap RAM yang kalian gunakan. Karena selain aplikasi tersebut, ada data-data yang terdapat di dalam aplikasi tersebut dan memenuhi penyimpanan.

Kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama buka menu pengaturan di smartphone kalian.
  • Kemudian buka menu Apps yang ada di pengaturan.
  • Setelah itu kamu tinggal memilih aplikasi yang ingin kalian hapus.
  • Selanjutnya, kamu tinggal klik “Hapus instalan” untuk menghapus aplikasi tersebut.
  • Kemudian konfirmasi penghapusan aplikasi.

2. Hapus Cache yang Menumpuk

Cara selanjutnya yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi RAM android yang penuh adalah dengan menghapus cache yang menumpuk.

Walaupun penggunaan cache dianggap hanya menghabiskan sedikit ruang, namun jika cache yang dihasilkan dari beberapa aplikasi tentu akan membuat cache tersebut menumpuk dan penggunaan RAM bertambah. Kamu dapat menghapus cache pada setiap aplikasi dengan langkah-langkah berikut.

  • Pertama masuk ke menu pengaturan yang ada di smartphone android kalian.
  • Kemudian kamu tinggal masuk ke menu Apps yang ada di pengaturan.
  • Selanjutnya kamu tinggal memilih aplikasi yang ingin kalian hapus cache nya.
  • Setelah itu kamu tinggal klik “hapus cache”.
  • Dan ulangi hal tersebut terhadap aplikasi lainnya.

3. Pindahkan Penyimpanan Aplikasi

Cara berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi RAM android yang penuh adalah dengan memindahkan penyimpanan aplikasi. Cara ini dapat kamu lakukan dengan penggunaan kartu memori atau kartu MicroSD.

Sebelum melakukan pemindahan aplikasi, alangkah baiknya kamu menyiapkan kartu MicroSD yang memiliki kapasitas RAM yang besar agar kamu dapat memindah aplikasi dengan banyak. Berikut ini cara memindahkan aplikasi dari penyimpanan eksternal ke kartu MicroSD.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan kartu MicroSD.
  • Kemudian masukkan kartu MicroSD ke smartphone android kalian.
  • Setelah dirasa kartu MicroSD telah masuk, kamu tinggal masuk ke menu pengaturan.
  • Setelah itu kamu tinggal masuk ke menu Apps.
  • Kemudian kamu tinggal masuk ke menu “Application Manager”.
  • Selanjutnya kamu tinggal memilih aplikasi yang ingin kamu pindahkan ke kartu MicroSD.
  • Setelah itu kamu tinggal klik “Move to SD Card”.
  • Dan kamu tinggal menunggu beberapa saat hingga proses pemindahan selesai.

Penting kamu ketahui bahwa tidak semua aplikasi mendukung pemindahan ke kartu SD dan kamu tidak akan bisa menggunakan aplikasi yang sudah di pindahkan ke kartu SD jika kartu SD kalian lepas dari smartphone android kalian.

4. Menutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Mungkin dari kalian kebanyakan sering lupa untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan, padahal cara ini juga dapat dilakukan agar mengurangi penggunaan RAM. Mungkin banyak dari kalian yang merasakan bahwa performa smartphone kalian menurun akibat lama digunakan.

Nah bisa jadi semua itu terjadi akibat kalian lupa menutup aplikasi yang telah kalian gunakan. Jadi harus dipastikan kalian selalu menutup aplikasi yang kalian gunakan agar performa smartphone kalian tetap stabil.

5. Menggunakan Aplikasi Versi Ringan

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi RAM android yang penuh adalah dengan menggunakan aplikasi versi ringan yang dapat mengirit penggunaan RAM smartphone kalian.

Kamu dapat menggunakan aplikasi ringan seperti untuk aplikasi Facebook, kamu bisa gunakan Facebook Lite agar penggunaan RAM lebih ringan. Tidak hanya untuk aplikasi Facebook, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti Twitter Lite, Tiktok Lite dan aplikasi lainnya.

6. Menggunakan Aplikasi Pembersih

Salah satu cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi penggunaan RAM yang penuh adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih. Aplikasi pembersih ini biasanya sudah disediakan langsung pada smartphone kalian.

Jika kalian tidak mempunyai aplikasi pembersih di smartphone kalian, kalian bisa melakukan download aplikasi pembersihan di Play Store. Salah satu aplikasi yang dapat kalian gunakan adalah Clean Master, CCleaner dan masih banyak aplikasi pembersih lainnya.

FAQ | Pertanyaan Tentang (Cara Mengatasi RAM Android yang Penuh)

Apa Saja yang Terjadi Jika RAM Android Penuh?

Sering mengalami pengguna RAM android yang penuh? Setiap ingin mengunduh aplikasi baru selalu saja RAM tidak mencukupi? Performa smartphone android yang kalian gunakan mengalami penurunan? Itu semua terjadi akibat penggunaan RAM android sudah penuh.

Apakah Penghapusan Cache Dapat Mengurangi Penggunaan RAM?

Walaupun penggunaan cache dianggap hanya menghabiskan sedikit ruang, namun jika cache yang dihasilkan dari beberapa aplikasi tentu akan membuat cache tersebut menumpuk dan penggunaan RAM bertambah.

Artikel Menarik Lainnya: