10 Cara Mengatasi WC Mampet dan Cara Merawatnya [Mudah]

10 Cara Mengatasi WC Mampet dan Cara Merawatnya [Mudah]

WC kamu sedang mengalami mampet? Tenang, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak cara bagaimana cara mengatasi WC mampet. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

Karena tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi WC mampet begitu juga penyebabnya hingga bagaimana cara merawat WC agar tidak mengalami mampet. Yuk simak penjelasan sampai akhir.

Penyebab WC Mengalami Mampet

Kejadian WC mampet ini memang seringkali terjadi bagi kamu yang suka sembarangan membuang sampah pada aliran WC atau toilet dan hal tersebut tentunya membuat aliran closet atau WC bisa tersumbat.

Nah, perlu kalian ketahui bahwa penyebab WC mampet itu karena salurannya tertutup oleh sesuatu yang bisa menghalangi aliran yang akan masuk ke WC. Dan tentunya yang menghalangi inilah yang perlu di angkat atau dihilangkan.

Yang bisa menutupi aliran WC ini bisa saja seperti kertas, plastik atau benda lain yang sengaja atau tidak sengaja terjatuh sehingga mengganggu aliran WC.

Demikian juga bagi orang dewasa perlu hati-hati agar tidak membuat sesuatu pun yang sipatnya keras ke dalam WC.

Dan jik anak-anak yang tidak tahu perlu ada pengawasan agar tidak ada barang yang masuk ke dalam WC tersebut yang nantinya bisa menghalangi saluran air dan menyebabkan mampet.

Namun, jika semua itu sudah terlanjur terjadi. Maka kamu tidak perlu panik atau khawatir karena kami tim Mustakim Media akan menjelaskan kepada kamu beberapa cara mengatasi WC mampet.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa penjelasan di bawah ini untuk mengetahui cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Cara Mengatasi WC Mampet

Nah, setelah mengetahui apa penyebab yang menyebabkan WC mampet langkah selanjutnya kita bisa tahu bagaimana cara mengatasi WC mampet, dan berikut beberapa ulasan cara untuk mengatasinya.

Tentunya cara-cara ini merupakan cara manual yang bisa kamu coba di rumah, dikala tidak ada tukang sedot WC menggunakan barang-barang yang ada di rumah, yaitu:

1. Garam Batu

Cara mengatasi WC mampet yang pertama kamu bisa menggunakan garam batu  karena garam batu ini bisa melarutkan penyumbatan seperti kertas atau tisu. Caranya pastikan air di dalam WC benar-benar surut.

Kemudian tuangkan 500 gram garam batu ke dalam WC tuangkan sekitar 1 liter air panas ke dalamnya diamkan selama 8 jam atau semalam. Kemudian siram dengan air untuk mendorong penyumbat yang hancur ulangi hal ini hingga WC bersih dari penyumbatan.

2. Sabun Cuci Piring

Untuk cara mengatasi WC mampet selanjutnya kamu juga bisa menggunakan barang yang ada di rumah yaitu menggunakan sabun cuci piring. Berikut caranya kamu bisa tunggu hingga WC surut untuk membersihkannya.

Kemudian kamu bisa tuangkan sabun cuci piring ke dalam WC, lalu masukkan air panas supaya terjadi reaksi dengan sabun kemudian tunggu kurang lebih 20 menit, selanjutnya siram hingga bersih dan lakukan cara tersebut berulang-ulang.

3. Soda Api

Nah, selanjutnya kamu juga bisa menggunakan soda api untuk cara mengatasi WC mampet bahan ini bekerja dengan melarutkan penyumbat organik di dalam WC hanya saja jika menggunakan ini kamu perlu melindungi tangan dengan sarung tangan.

Berikut caranya, kamu bisa menggunakan sarung tangan karet, masker penutup hidung, buka jendela dan pintu toilet, kemudian pastikan air dalam WC surut kemudian tuangkan soda api ke dalam WC.

Kamu tidak perlu menambahkan air karena soda api bisa bereaksi sendiri dengan air di dalam WC, kemudian biarkan selama 10 sampai 15 menit dan periksa apakah saluran WC masih mampet dengan menyiram air ke dalamnya.

4. Gantungan Baju

Selanjutnya cara mengatasi WC mampet kamu bisa menggunakan kawat gantungan baju jika memang penyumbatnya adalah benda-benda yang keras caranya kamu cukup potong kawat gantungan baju, luruskan cara ini tidak perlu menunggu air surut.

Kemudian sebisa mungkin tarik benda keras yang menyebabkan penyumbatan, jika selesai maka siramlah dan perlu diperhatikan kawat bisa menggores porselen WC jadi gunakanlah kawat plastik.

5. Air Panas

Air panas juga dapat membantu meluruhkan kotoran atau benda asing yang menyumbat saluran WC dengan cepat caranya pun cukup mudah yaitu siapkan air panas.

Tuangkan ke seluruh pembuangan dan diamkan selama 15 menit, setelah itu, kamu akan melihat kotoran yang menjadi penyumbatan WC. Namun, hindari menggunakan air panas terlalu sering karena akan merusak saluran di dalam WC.

6. Botol Plastik

Cara mengatasi WC mampet selanjutnya adalah dengan menggunakan botol bekas. Kamu bisa siapkan botol plastik bekas dan potong sekitar 10 cm di bagian dekat dengan mulut botol

Lalu masukan ujung botol ke dalam WC, coba tekan lobang toilet agar benda terdorong masuk ke septic tank, lalu siram menggunakan air biasa lakukan cara ini berulang hingga WC benar-benar berfungsi kembali.

7. Plunger

Nah, alat ini ini merupakan alat rumah tangga terbaik sebagai mengatasi WC mampet kamu bisa pegang handle plunger dengan kedua tangan dan posisikan mangkok karet ke lobang toilet.

Pastikan terdapat air di lubang toliet, kemudian tekan tarik batang plunger ke bawah dan ke atas dengan cepat dan kuat sekitar 10-12 kali lalu tarik plunger. Jika belum berhasil ulangi 2-3 kali lagi langkah-langkah di atas.

8. Soda Kue dan Cuka

Kamu bisa pastikan air WC dalam keadaan sudah surut, lalu tuangkan bubuk soda kue ke dalam WC yang mampet, tuangkan cuka biarkan bercampur dengan soda kue, tunggulah beberapa beberapa saat hingga berbusa.

Jika sudah meluap biarka hingga beberapa menit dan setelah itu, baru bisa siram dengan air panas.

9. Pembungkus Makanan

Siapkan plastik pembungkus makanan kemudian tempelkan di atas tempat duduk WC, pastikan plastik benar-benar menempel ya, tekan tombol flush dan plastik akan mengembang dan kamu harus menekannya berulang kali.

10. Produk Pembersih

Cara mengatasi WC mampet selanjutnya kamu bisa menggunakan produk pembersih toilet seperti enzimatis dan kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang tertera di produk.

Cara Merawat WC Biar Tidak Mampet

Selain cara mengatasi WC mampet berikut beberapa cara merawat WC agar tidak mampet, diantaranya:

  • Pertama hindari membuang hal apa pun ke toilet selain urin dan feses
  • Hindari membuang tisu, cooten bud, softex atau makanan ke dalam toilet
  • Bersihkan WC secara rutin
  • Jangan menyiram banyak air jika sedang mampet
  • Jika kamu tidak mengetahui caranya kamu bisa menghhubungi penyedot WC

FAQ | Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi WC Mampet

Apa bedanya WC mampet dan penuh?

Jika WC mampet artinya salurannya tersumbat  biasanya karena membuang pembalut atau lainnya. sedangkan jika WC penuh karena daya tampung dan daya serap sudah penuh.

Berapa biaya sedot WC?

Biaya sedot WC dari penyedia swasta umumnya memiliki tarif mulai dari Rp.75.000,- sampai Rp.100.000 per meter kubik.

Artikel Menarik Lainnya: