Cara Mengatasi Word yang Terkunci dengan Mudah

Cara Mengatasi Word yang Terkunci dengan Mudah

Adakah cara mengatasi word yang terkunci dan tak bisa diedit? Tentu saja ada. Banyak cara untuk mengatasi masalah word yang terkunci tersebut. Melalui beberapa cara yang sederhana saja, proses mengatasi word yang terkunci itu bisa dilakukan dengan amat mudah.

Terkadang memang ada masalah ketika membuka file word. Termasuk file dokumen word yang terkunci sehingga tak bisa diutak – atik. Bagimana cara mengatasi masalah tersebut? Berikut ini adalah cara mengatasi word yang terkunci dan hal lain yang berkaitan dengan hal tersebut.

Mengatasi File Word yang Terkunci

Proses untuk mengatasi file word yang terkunci sebenarnya tak begitu sulit. Hanya dengan beberapa tahapan sederhana saja, mengatasi masalah file word yang terkunci itu sangatlah mudah. Ini dia beberapa cara mudah dalam mengatasi file word yang terkunci.

1. Restart Komputer

Salah cara mudah dalam mengatasi file word yang terkunci adalah dengan restart komputer atau laptop yang digunakan. Melakukan restart pada komputer itu memang jadi solusi termudah untuk mengatasi masalah dokumen word yang terkunci.

2. Periksa Koneksi Keyboard

Lakukanlah juga pemeriksaan koneksi keyboard. Pemeriksaan koneksi keyboard pada laptop atau komputer itu memang krusial. Kalau keyboard tidak kompatibel, word dari Microsoft biasanya akan terkunci. Hilangkan centang pada beberap opsi di protected view tersebut.

3. Matikan Protected View

Solusi lainnya untuk mengatasi file word yang terkunci adalah mematikan protected view. Caranya dengan pilih opsi file kemudian pilih options. Nantinya pilih trust center settings dan masuk pada bagian protected view. Setelah diubah, file word tak akan lagi terkunci.

4. Aktivasi Microsoft Office

Janganlah lupa untuk melakukan aktivasi pada Microsoft office di laptop atau komputer. Aktivasi Microsoft office ini memang penting untuk dilakukan karena ini jadi salah satu penyebab dari terkuncinya file word. Melalui aktivasi yang sesuai, masalah file terkunci bisa diatasi.

5. Ganti Format Dokumen

Mengganti format dokumen juga penting untuk mengatasi masalah file word yang terkunci. Terkadang perbedaan antara versi word yang dipakai membuat dokumen jadi terkunci. Jadi, ubahlah dulu format dokumen yang akan dibuka pada sebuah Microsoft word.

Penyebab File Word yang Terkunci

Mengetahui beberapa penyebab file word bisa terkunci itu juga penting. Memang ada sejumlah hal yang jadi penyebab utama kenapa file word bisa terkunci. Mulai dari internal Hp sampai dari eksternal. Ini dia beberapa penyebab utama kenapa file word terkunci.

1. File Dokumen Tak Kompatibel

Salah satu dari penyebab utama kenapa file word terkunci adalah file dokumen yang tak kompatibel. File yang tak selaras ini memang jadi sesuatu yang bikin file word terkunci dan tak bisa dibuka. Karena tak kompatibe itulah, file word tak bisa dibuka di sebuah laptop atau PC.

2. Word dalam Keadaan Terproteksi

File word biasanya juga berada dalam kondisi terproteksi juga jadi penyebab utama kenapa file word terkunci. Proteksi yang ada pada sebuah file word itu memang bisa diatur. Hal ini bisa membuat sebuah file bisa terkunci. Proteksi pada file word memang kerap muncul

3. Word Belum Diaktivasi

Word yang belum diaktivasi juga merupakan salah satu hal atau penyebab utama kenapa file word terkunci. Banyak laptop atau PC yang belum mengaktifkan dokumen word. Hal ini membuat file dokumen word bisa tak terbaca. Sehingga, selalu pastikan aplikasi word sudah diaktivasi.

4. Keyboard Bermasalah

Penyebab lainnya adalah keyboard yang bermasalah. Masalah pada sebuah keyboard ini memang kerap jadi biang keladi dari terkuncinya word. Karenanya, selalu periksa apakah keyboard pada laptop atau PC bermasalah atau tidak. Ini jadi hal yang krusial untuk dilakukan.

Cara Mengunci File Dokumen Word

Ada baiknya juga untuk memahami cara mengunci file dokumen word. Ada beberapa cara yang bisa diandalkan langsung untuk melakukan penguncian terhadap file dokumen word. Berikut ini adalah beberapa cara mudah dalam mengunci file dokumen word.

1. Buka File Word

Langkah awal adalah membuka file word terlebih dahulu. Pembukaan file word itu jadi hal awal yang harus dilakukan biar bisa kunci file dokumen word.

2. Pilih Info

Setelah file dokumen word terbuka, lanjutkan dengan memilih opsi info. Opsi info itu berada di bagian menu “file” di Microsoft word. Sehingga, selalu pastikan pilih menu info yang tepat.

3. Pilih Opsi Lindungi Dokumen

Saat sudah masuk ke menu info, langsung pilih opsi lindungi dokumen. Opsi perlindungan dokumen ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari masing – masing individu.

4. Atur Kata Sandi

Jangan lupa untuk melakukan pengaturan kata sandi terlebih dulu. Pengaturan kata sandi ini diperlukan biar yang mau akses dokumen tersebut akan dapatkan keamanan.

5. Simpan Dokumen

Setelah semua proses sudah dilewati, maka langkah terakhirnya adalah menyimpan dokumen. Penyimpanan dokumen ini memang jadi hal terakhir yang harus dilakukan.

FAQ | Cara Mengatasi Word yang Terkunci

Apakah file yang terkunci tak bisa diubah?

Selama file masih terkunci, pengubahan dokumen word tersebut tak bisa dilakukan.

Kenapa file word terkunci dan tak bisa diedit?

Penyebab utamanya adalah file diproteksi sehingga tak bisa diubah atau diedit.

Bisakah membuka file word terkunci secara otomatis?

Tidak bisa. File harus diatur terlebih dulu biar bisa diedit atau diubah isinya.

Apakah file word yang terkunci harus dibuka dengan password?

Biasanya memang ada file word yang baru bisa dibuka jika memasukkan password.

Artikel Menarik Lainnya: