Cara Menghapus Riwayat Transfer di BNI Mobile dan iBanking

Cara Menghapus Riwayat Transfer di BNI Mobile dan iBanking

Kamu yang punya privasi terhadap data transfer di rekening bank BNI, kamu tidak perlu khawatir karena data transaksi tersebut bisa dihapus lho. Cara menghapus riwayat transfer di BNI bisa kamu lakukan melalui aplikasi mobile banking BNI dan juga layanan internet banking BNI.

Buat kamu yang belum tahu cara hapus daftar riwayat transfer di BNI mobile ataupun internet banking BNI, baca panduan lengkapnya di artikel ini. Sudah saya tuliskan panduan lengkapnya.

Alasan Menghapus Riwayat Transfer

Sebelum kita membahas tentang cara menghapus riwayat transfer di BNI Mobile dan Internet Banking, mari kita bahas mengapa seseorang mungkin ingin melakukan hal ini.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin menghapus riwayat transfer mereka, di antaranya:

1. Privasi dan Keamanan

Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman dengan riwayat transfer mereka yang tersimpan di aplikasi perbankan. Menghapus riwayat transfer dapat menjadi langkah untuk menjaga privasi dan keamanan data finansial mereka.

2. Menghindari Kesalahan

Kadang-kadang, kita melakukan transfer ke nomor yang salah atau dalam jumlah yang salah. Dengan menghapus riwayat transfer, kita dapat menghindari kesalahan yang mungkin terjadi di masa depan.

3. Organisasi dan Keteraturan

Menghapus riwayat transfer yang tidak relevan atau sudah tidak diperlukan dapat membantu dalam menjaga keteraturan dan organisasi dalam aplikasi perbankan kita.

Cara Menghapus Riwayat Transfer di BNI Mobile

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk menghapus riwayat transfer di aplikasi king. kamu tidak akan lagi melihat transfer tersebut dalam daftar riwayat transfer kamu.

1. Buka Aplikasi BNI Mobile

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi BNI Mobile di perangkat kamu. Pastikan kamu telah mengunduh dan menginstal aplikasi BNI Mobile melalui toko aplikasi resmi yang tersedia untuk sistem operasi perangkat kamu.

2. Masuk ke Akun kamu

Setelah membuka aplikasi BNI Mobile, masukkan nomor rekening dan kata sandi kamu untuk masuk ke akun kamu. Pastikan kamu memasukkan informasi yang benar agar dapat mengakses menu utama aplikasi.

3. Pilih Menu “Riwayat Transfer”

Setelah berhasil masuk ke akun kamu, cari dan pilih menu yang bernama “Riwayat Transfer” di dalam aplikasi BNI Mobile. Menu ini biasanya dapat ditemukan di menu utama atau bagian yang serupa.

4. Pilih Transaksi yang Akan Dihapus

Di dalam menu “Riwayat Transfer,” kamu akan melihat daftar transaksi transfer yang pernah kamu lakukan melalui aplikasi BNI Mobile. Cari transaksi yang ingin kamu hapus dari riwayat transfer dan pilih transaksi tersebut.

5. Hapus Transaksi

Setelah memilih transaksi yang ingin kamu hapus, cari opsi atau tombol yang menyediakan opsi untuk menghapus transaksi tersebut.

Opsi ini mungkin berbeda-beda tergantung pada versi aplikasi BNI Mobile yang kamu gunakan. Namun, biasanya terdapat ikon berbentuk tong sampah atau kata “Hapus” yang dapat kamu pilih untuk menghapus transaksi.

6. Konfirmasi Penghapusan

Setelah memilih opsi untuk menghapus transaksi, kamu mungkin akan diminta untuk mengkonfirmasi tindakan tersebut.

Pastikan kamu membaca pesan konfirmasi dengan teliti dan pilih “Ya” atau opsi yang serupa untuk melanjutkan proses penghapusan.

7. Ulangi Langkah 4-6 Jika Perlu

Kamu dapat mengulangi langkah 4 hingga 6 untuk menghapus transaksi transfer lainnya dari riwayat transfer di BNI Mobile.

Jika kamu memiliki beberapa transaksi yang ingin dihapus, ulangi langkah-langkah tersebut sampai kamu menghapus semua transaksi yang diinginkan.

8. Periksa Riwayat Transfer

Setelah kamu selesai menghapus transaksi dari riwayat transfer di BNI Mobile, pastikan untuk memeriksa kembali riwayat transfer kamu untuk memastikan bahwa transaksi yang dihapus tidak lagi terlihat di dalam daftar.

Cara Menghapus Riwayat Transfer di Internet Banking BNI

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus riwayat transfer di layanan internet banking BNI beserta penjelasan untuk setiap poin:

1. Buka Halaman Resmi Internet Banking BNI

Pastikan kamu telah masuk ke akun internet banking kamu dengan menggunakan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) yang valid.

Akses halaman resmi internet banking BNI melalui browser web di perangkat kamu. Masukkan kredensial login kamu yang valid, yaitu username dan password yang telah kamu daftarkan sebelumnya.

2. Klik Menu “Transaksi” atau “Transaksi Saya”

Biasanya, menu ini terletak di bagian atas atau sisi layar. Di antarmuka internet banking BNI, cari menu yang berisi transaksi kamu.

Nama menu dapat bervariasi, tetapi umumnya akan ada opsi “Transaksi” atau “Transaksi Saya” yang memungkinkan kamu mengakses riwayat transaksi kamu.

3. Klik Buka Riwayat Transfer

Setelah masuk ke menu “Transaksi” atau “Transaksi Saya”, kamu akan menemukan opsi untuk melihat riwayat transfer yang telah kamu lakukan sebelumnya. Klik opsi ini untuk membuka riwayat transfer kamu.

4. Temukan Transfer yang Ingin Dihapus dari Riwayat

Di dalam riwayat transfer, temukan entri transfer yang ingin kamu hapus. Biasanya, setiap entri transfer akan dilengkapi dengan opsi atau tautan yang memungkinkan kamu untuk mengelola transfer tersebut.

5. Klik Hapus Transfer “Hapus” atau “Delete”

Setelah menemukan transfer yang ingin dihapus, cari opsi yang berkaitan dengan penghapusan transfer. Opsi ini mungkin diberi label “Hapus”, “Delete”, atau diindikasikan dengan ikon tempat sampah.

6. Konfirmasi

Setelah mengklik opsi penghapusan, layanan internet banking BNI mungkin akan meminta kamu untuk mengkonfirmasi tindakan tersebut.

Bacalah pesan konfirmasi dengan seksama untuk memastikan bahwa kamu benar-benar ingin menghapus transfer tersebut.

7. Masukkan PIN

Penjelasan: Jika diminta oleh sistem, ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengkonfirmasi penghapusan transfer. Ini mungkin melibatkan memasukkan kata sandi atau PIN tambahan sebagai langkah keamanan tambahan.

8. Data Transfer Terhapus

Setelah kamu berhasil mengkonfirmasi penghapusan transfer, layanan internet banking BNI akan secara instan menghapus transfer tersebut dari riwayat kamu.

Kamu tidak akan melihat transfer tersebut lagi ketika melihat riwayat transfer di masa mendatang.

Perhatian dan Pertimbangan Tambahan

Sebelum kamu menghapus riwayat transfer di BNI Mobile dan Internet Banking, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan:

1. Tidak Dapat Dipulihkan

Setelah kamu menghapus riwayat transfer, tidak ada cara untuk mengembalikannya. Pastikan kamu benar-benar ingin menghapus transfer tersebut sebelum melanjutkan.

2. Dampak pada Pelaporan Keuangan

Menghapus riwayat transfer dapat mempengaruhi kemampuan kamu untuk melacak dan melaporkan transaksi keuangan kamu secara akurat.

Pertimbangkan untuk menyimpan catatan transaksi secara terpisah jika kamu memerlukan dokumentasi di masa mendatang.

3. Variasi antara Aplikasi Mobile dan Internet Banking

Proses menghapus riwayat transfer mungkin sedikit berbeda antara aplikasi BNI Mobile dan Internet Banking. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan platform yang kamu gunakan.

Kesimpulan

Menghapus riwayat transfer di BNI Mobile dan Internet Banking dapat dilakukan dengan beberapa langkah yang sederhana.

Dalam artikel ini, kita telah membahas langkah-langkah tersebut secara rinci, termasuk membuka aplikasi, menavigasi ke menu Transfer, memilih riwayat transfer yang ingin dihapus, dan mengonfirmasi penghapusan.

Ingatlah untuk mempertimbangkan konsekuensi dan pertimbangan tambahan sebelum menghapus riwayat transfer, serta memverifikasi identitas kamu saat diminta.

Dengan mengikuti panduan ini, kamu dapat mengelola riwayat transfer kamu dengan lebih baik dan menjaga privasi serta keamanan data finansial kamu.

Artikel Menarik Lainnya: