Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan Permanen Dan Sementara

Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan Permanen dan Sementara

Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan Permanen dan Sementara

Efek Kemagnetan dapat menyebabkan benda punya daya tarik di setiap kutubnya. Cara menghilangkan sifat kemagnetan tentu harus dipahami lewat beberapa metodenya. Sifat magnet dapat muncul secara alami maupun buatan.

Sifat kemagnetan dapat menarik beberapa jenis benda. Daya tarik tersebut bisa hilang ketika diberi perlakuan tertentu. Cara untuk menghilangkan sifat magnet tersebut ada beberapa proses yang dibahas dalam artikel dari Tim Mustakim Media.

Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan Sementara

Menghilangkan sifat kemagnetan dilakukan agar benda tidak lagi memiliki sifat untuk bisa menarik benda lainnya. Berikut ini penjelasan lengkap satu persatu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sifat kemagnetan pada benda.

1. Membakar benda

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sifat kemagnetan yang ada pada benda adalah dengan membakarnya. Syarat untuk dapat menghilangkan sifat kemagnetan pada benda dengan cara dibakar adalah menggunakan panas melebih suhu Curie-nya sebesar 1.043 K.

Dengan proses tersebut menjadikan benda dengan sifat kemagnetan berubah paramagnetik. Munculnya sifat paramagnetik tersebut dapat menyebabkan hilangnya sifat magnet hilang sebagian maupun secara keseluruhan.

2. Memukul benda

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk bisa menghilangkan efek kemagnetan adalah memukul benda. Cara menghilangkan sifat kemagnetan ini berkaitan dengan susunan dari bahan magnet. Benda yang memiliki sifat magnet punya bahan magnet elementer yang tersusun arah sama.

Magnet elementer merupakan bagian dari benda yang memiliki sifat magnetik sehingga punya daya tarik dengan benda lain. Pemukulan bahan magnet tersebut mengakibatkan bentuk penyusun dari Magnet Elementer menjadi acak. Kondisi acak dan tidak searah menjadikan efek magnet menghilang.

3. Menjatuhkan benda

Cara ketiga yang dapat dilakukan untuk bisa menghilangkan sifat kemagnetan adalah dengan menjatuhkan benda tersebut. Sama seperti proses pemukulan benda yang memiliki sifat magnet tersebut. menjatuhkan benda akan memberikan gaya tekan.

Dengan adanya gaya tekan atau impact tersebut, bagian dari magnet elementer akan acak dan tidak searah sehingga efek kemagnetannya hilang. Cara menghilangkan sifat kemagnetan lewat dipukul dan dijatuhkan sama memiliki prinsip yang sama.

4. Mengaliri listrik arus bolak balik pada benda

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk bisa menghilangkan sifat kemagnetan adalah dengan mengaliri listrik pada benda. Aliran listrik AC atau arus bolak balik dapat menyebabkan perpindahan sifat magnet mengikuti aliran listrik bolak balik.

Adanya perpindahan sifat magnet tersebut dapat menyebabkan hilangnya sifat kemagnetan secara perlahan. Sifat magnet sendiri punya penghantar melingkar yang memiliki bentuk kumparan panjang. Aliran listrik yang akan menyebabkan perpindahan tersebut.

5. Berhentinya proses pembuatan magnet

Cara menghilangkan sifat kemagnetan lainnya adalah dengan menghentikan sifat kemagnetannya akibat berhentinya proses pembuatan magnet. Cara ini dapat kamu gunakan untuk magnet buatan sederhana seperti contohnya pada saat pembuatan elektromagnetik.

Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan Secara Permanen

Sifat kemagnetan permanen pada bahan terjadi karena pengaturan atom dan molekul dalam bahan tersebut yang menghasilkan medan magnet yang tetap.

Namun, jika kamu ingin menghilangkan atau mengurangi sifat kemagnetan permanen pada suatu bahan, terutama bahan feromagnetik, kamu dapat mencoba beberapa metode berikut:

1. Pemanasan hingga Titik Curie

Banyak bahan feromagnetik kehilangan sifat kemagnetan permanen jika dipanaskan hingga suhu yang disebut titik Curie. Titik Curie adalah suhu di mana bahan feromagnetik kehilangan kemagnetan permanen karena struktur magnetik internalnya berubah.

2. Percikan Panas atau Elektromagnet

Anda dapat mencoba memaparkan bahan yang memiliki sifat kemagnetan permanen pada percikan panas atau medan elektromagnet yang kuat. Hal ini dapat mengganggu orientasi magnetik atom dan molekul dalam bahan, sehingga mengurangi atau menghilangkan sifat kemagnetan permanen.

3. Magnetisasi Balik (Reverse Magnetization)

Menggunakan medan magnet yang kuat dengan arah berlawanan dapat membalikkan atau mengurangi magnetisasi bahan, yang kemudian dapat menghilangkan sifat kemagnetan permanen.

4. Pengaruh Gaya Getar (Vibrational Effects)

Gaya getar yang kuat atau pengaruh mekanis dapat mempengaruhi pengaturan atom dan molekul dalam bahan, sehingga mengurangi atau menghilangkan sifat kemagnetan permanen.

5. Pengaruh Pola Medan Magnet Alternatif

Menggunakan medan magnet yang berosilasi atau medan magnet alternatif dapat mengurangi sifat kemagnetan permanen bahan feromagnetik.

Memahami Sekilas Tentang Sifat Kemagnetan

Dalam menghilangkan sifat magnet, kamu juga harus memperhatikan dengan baik sekilas tentang pemahaman tersebut. Berikut ini beberapa hal yang harus dipahami dari sifat magnet yang ada pada benda.

  • Adanya sifat magnet dapat memberikan gaya tarik benda yang memiliki daya tarik dan bisa menarik benda di sekitarnya
  • Gaya magnet dapat menembus benda lain dan tetap bisa menarik benda yang tertutup benda lainnya terutama untuk gaya magnet yang besar
  • Magnet punya dua buah kutub yakni kutub selatan dan kutub utara
  • Magnet dengan arah kutub sama yang didekatkan akan saling berjauhan, sedangkan untuk kutub saling berlawanan akan tarik menarik
  • Gaya dan sifat magnet terbentuk oleh medan magnet sehingga benda di sekitar medan magnet akan mendapatkan gaya magnet
  • Penambahan energi pada benda yang mendapatkan magnet dapat menyebabkan terjadinya kehilangan sifat kemagnetan

Jenis-Jenis Magnet

Ada dua benda yang dapat memiliki magnet sebagai pemahaman penting sebelum mengerti cara menghilangkan sifat kemagnetan. Penjelasan mengenai jenis magnet tersebut dapat dipahami melalui ulasan di bawah ini.

1. Magnet Alami

Merupakan benda yang memiliki sifat magnet secara alami dan biasanya ditemukan di alam. Contoh benda yang dapat memiliki sifat magnet alami adalah bebatuan pada Gunung Ida Magnesia. Efek magnet ini tidak dapat dihilangkan seluruhnya namun hanya sebagian.

2. Magnet Buatan

Magnet yang terbentuk karena adanya campur tangan manusia dan bisa muncul secara permanen atau sementara. Contoh magnet buatan sementara contohnya dalam proses elektromagnetik sedangkan magnet buatan permanen contohnya pada pintu kulkas dan pengunci tas.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara menghilangkan Efek Kemagnetan

Apakah magnet alami dan magnet buatan permanen bisa hilang sifat kemagnetannya ?

Semua magnet dapat dihilangkan sifat kemagnetannya baik secara permanen maupun sementara dengan beberapa perlakuan tertentu.

Apakah sifat magnet yang hilang bisa muncul kembali ?

Magnet yang alami dan magnet buatan permanen biasanya akan kembali memiliki sifat kemagnetan ketika energi yang diberikan untuk menghilangkannya sudah tidak ada.

Freelancer content writer teknologi. Sangat suka dengan dunia teknologi, seperti melihat masa depan.

Artikel Menarik Lainnya: