Cara Menyinkronkan Email di HP Oppo dengan Mudah

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Bagi kamu yang membutuhkan cara menyinkronkan email di HP Oppo kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan hal tersebut pada kesempatan artikel ini.

Ada beberapa cara menyinkronkan email di HP salah satunya di HP Oppo. Dan tentunya hal ini harus dilakukan secara benar karena ada penyebab yang bisa saja menyebabkan akun kamu gagal masuk. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

Syarat Menyinkronkan Email di HP Oppo

Ketika kamu menggunakan HP baru, tentunya cara menyinkronkan email di HP Oppo merupakan hal yang wajib untuk dipahami. Sinkronisasi email dan perangkat ini akan memudahkan kamu untuk mengakses data yang sudah tersedia sebelumnya.

Dan di sisi lain, sinkronisasi juga bisa memudahkan kamu untuk menyesuaikan aplikasi dengan perangkat baru tersebut. Dan penting untuk dipahami kalau sinkronisasi ini bisa memudahkan kamu dalam penggunaan perangkat Oppo yang masih baru.

Nah, sebelum membahas bagaimana cara menyinkronkan email di HP Oppo kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja syarat yang perlu kamu persiapkan untuk bisa melakukan sinkronisasi email di HP Oppo.

1. Memiliki Akun yang Aktif

Untuk sinkronisasi pertama kamu perlu memiliki akun gmail yang aktif untuk melakukan sinkronisasi dan pastikan kamu sangat hapal dengan kata sandi dari email tersebut sehingga perlu mengingatnya dengan baik.

2. Memiliki Jaringan Internet Stabil

Nah, ini masalah sepele yang sering diabaikan, padahal terhubung ke internet merupakan elemen penting sebagai syarat gmail selalu sinkron. Oleh karena itu, pastikan bahwa perangkat android kamu benar-benar terhubung ke jaringan.

Dan pastikan jaringan kamu dalam keadaan baik satu lagi jangan lupa untuk menonaktifkan mode pesawat pada HP kamu.

3. Periksa Tempat Penyimpanan

Nah, selanjutnya kamu juga perlu menyiapkan tempat penyimpanan yang cukup karena jika penyimpanan sudah penuh maka sinkronisasi akan gagal dan membuat signifikan terhadap kinerja perangkat.

Hal ini juga akan mengakibatkan data baru tidak dapat masuk lagi dikarenakan tidak ada ruangan yang kosong lagi. oleh karena itu, coba periksa tempat penyimpanan pada perangkat kamu lalu segera hapus file atau aplikasi tidak berguna.

4. Pengaturan Sinkronisasi Gmail Harus Aktif

Selanjutnya pastikan juga pengaturan sinkronisasi pada aplikasi gmail ternyata harus aktif jadi pastikanlah pengaturan tersebut harus aktif karena jika tidak maka sinkronisasi akan gagal.

Cara Menyinkronkan Email di HP Oppo

Nah, ketika kamu hendak melakukan cara menyinkronkan email di HP Oppo ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Dan tentu saja langkah-langkahnya harus dilakukan secara sistematis agar proses sinkronisasi berjalan dengan lancar.

Setelah kami rangkum dari berbagai sumber ternyata ada dua cara sinkronisasi email HP Oppo yang mudah untuk bisa kamu lakukan. Hanya saja kamu perlu pastikan jika syarat-syarat di atas telah kamu penuhi.

Baiklah, berikut beberapa langkah cara menyinkronkan email di HP Oppo yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Cara Menyinkronkan Email di HP Oppo lewat Pengaturan

Cara pertama yang akan kami bahas adalah cara sinkronisasi melalui pengaturan ponsel. Cara ini sudah tersedia di semua perangkat Oppo, dan berikut panduan langkah-langkah yang bisa kamu ikuti, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama kamu hanya perlu membuka menu setting atau pengaturan pada HP Oppo yang kamu miliki
  • Selanjutnya kamu langsung saja masuk ke menu akun
  • Dan di sini kamu bisa langsung klik Google karena semua perangkat android mengguankan Gmail
  • Jika kamu memiliki beberapa akun pada perangkat, kamu bisa pilih salah satu akun yang hendak kamu sinkronkan dan pastikan hapal kata sandinya
  • Kalau kamu sudah di pilih langsung saja klik tiga titik yang ada di pojok kiri atas
  • Selanjutnya kamu bisa pilih menu sinkronisasi sekarang
  • Dan tunggu proses sinkronisasi email tersebut sampai selesai

Dan perlu kamu ketahui bahwa proses sinkronisasi ini akan sangat bergantung pada jumlah data yang digunakan dan kualitas jaringan internet kamu. Jika kualitasnya bagus maka cara menyinkronkan email di HP Oppo ini akan berjalan dengan sangat cepat.

2. Cara Menyinkronkan Email di HP Oppo

Nah, selain cara di atas selanjutnya kamu juga bisa menggunakan cara menyinkronkan email di HP Oppo dengan menggunakan aplikasi dan metode ini mengharuskan kamu untuk melakukannya secara manual, begini caranya:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi Gmail di perangkat masing-masing
  • Selanjutnya kamu langsung saja klik tiga garis horizontal yang ada di pojok kiri atas
  • Setelahnya kamu bisa langsung klik menu setelan
  • Dan pilih salah satu alamat email yang hendak kamu lakukan penyinkronan
  • Dan kalau sudah kamu bisa langsung mengklik opsi refresh akun
  • Jika proses refresh nya sudah selesai kamu bisa klik opsi Sync Gmail dengan data Usage
  • Dan centang menu Sync Gmail setelahnya

Dan setelah proses selesai kini akun gmail kamu sudah tersinkronisasi secara otomatis dengan aplikasi yang dipilih. Dan pastikan kamu mempraktikan cara menyinkronkan email di HP Oppo ini secara berurutan.

Karena jika tidak berurutan ada resiko kegagalan data jika sinkronisasi dilakukan secara tidak benar. Perlu kamu tahu juga cara di atas bisa kamu gunakan pada perangkat Oppo A5s, A3s, A16, A57 dan A54, dengan pengaturan berbahasa Indonesia.

Resiko Gagal Sinkronisasi Akun Email

Nah, setelah kamu mengetahui cara menyinkronkan email di HP Oppo mari kita bahas bagaimana resiko ketika gagal melakukan sinkronisasi email? Nah, perlu kamu ketahui juga bahwa ada 5 resiko yang paling umum dialami oleh pengguna ketika gagal menyinkronkan akun.

Dan berikut beberapa resiko yang akan kamu hadapi, diantaranya adalah:

  • Smartphone kamu akan sulit untuk menerima email baru yang masuk
  • Selanjutnya apliksi Gmail akan sedikit sulit untuk diakses dan membutuhkan loading yang lebih lama
  • Selain itu, akan menyebabkan seringnya email yang masuk tidak bisa dibaca sepenuhnya
  • Kamu mengirimkan email tapi email tersebut tidak bisa dikirim dan malah masuk ke kotak keluar
  • Kemudian akan muncul peringatan dari Google secara terus menerus akibar sinkronisasi yang tidak benar.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Menyinkronkan Email di HP Oppo

Apakah semua tipe HP Oppo mendukung sinkronisasi email?

Ya, semua tipe HP Oppo mendukung sinkronisasi email, namun, pastikan aplikasi email kamu sudah terpasang di HP Oppo.

Bagaimana cara mengatasi masalah sinkronisasi email di HP Oppo?

Jika kamu mengalami masalah sinkronisasi email di HP Oppo kamu pastikan koneksi internet kamu stabil dan periksa pengaturan aplikasi email kamu. Jika masalah masih berlanjut, kamu bisa menghubungi layanan pelanggan HP Oppo kamu.

Apakah saya bisa menggunakan aplikasi email yang berbeda dengan aplikasi email bawaan di HP Oppo?

Ya, kamu bisa menggunakan aplikasi email yang berbeda dengan aplikasi email bawaan di HP Oppo. Tapi, pastikan email kamu gunakan mendukung sinkronisasi.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: