Cara Pinjam Uang di Koperasi Beserta Syaratnya (Lengkap)

Cara Pinjam Uang di Koperasi Beserta Syaratnya (Lengkap)

Untuk kamu yang masih merasa bingung tentang bagaimana Cara pinjam uang di Koperasi maka kamu harus mempelajari apa yang akan kami bahas di artikel ini mengenai materi yang kamu cari.

Sebenarnya cara melakukan pinjaman di koperasi memang sangat mudah sekali asalkan kamu sudah memenuhi syarat. Dan syarat utama bisa melakukan pinjaman di koperasi adalah kamu menjadi anggota pada lembaga koperasi tersebut.

Sekilas Mengenai Koperasi

Sebelum masuk pada materi ini mengenai syarat koperasi maka kamu harus tahu dulu apa yang di maksud dengan koperasi. Seperti di ambil dari kutipan koperasi.bappen.go.id koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang – seorang demi kepentingan bersama.

Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Prinsip koperasi merupakan suatu sistem ide – ide abstrak yang merupakan petunjuk untuk membangun koperasi yang efektif dan tahan lama.

Selain itu juga prinsip koperasi di Indonesia telah di buat undang undang no. 25 tahun 1992 tentang perkoperasian. Prinsip koperasi menurut UU 25 tahun 1992 adalah Prinsip koperasi berdasarkan UU No. 17 Th. 20212.

Syarat Pinjam Uang Di Koperasi

Syarat secara umum agar bisa melakukan pinjaman di koperasi adalah dengan menjadi anggota koperasi, dan ini berlaku baik untuk jenis koperasi tunggal atau pun dalam jenis koperasi serba usaha. Dan untuk lebih jelas syarat menjadi anggota koperasi adalah sebagai berikut:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memahami bahwa anggota ini bersifat perorangan dan bentuk badan hukum
  • Membayar simpanan pokok dan simpanan wajib sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  • Menyetujui hasil keputusan rapat anggota tahunan (RAT), dengan arahan rapat mengenai anggaran koperasi berupa, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART), dan ketentuan yang berlaku lainnya di dalam koperasi

Setelah kamu masuk dan menjadi anggota koperasi maka hak kamu mengenai kemajuan koperasi, kamu berhak melakukan pinjaman terhadap koperasi tersebut asalkan kamu cooperative setelah mendapatkan pinjaman demi menjaga stabilitas keuangan koperasi secara bersama.

Namun dalam mengajukan pinjaman ada beberapa syarat yang harus kamu siapkan. Dan syarat pinjaman ke koperasi diantaranya:

  • Tentunya merupakan Anggota Koperasi
  • Mengisi formulir/ Proposal pengajuan pinjaman dana yang tersedia
  • Melampirkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk pinjaman dan diatas 50 juta rupiah
  • Melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) suami -istri dan surat Nikah, jika menikah dan jika belum menikah melampirkan KTP penjamin seperti Orang tua/ Wali
  • Melampirkan Kartu keluarga (KK), rekening listrik, slip gaji, dan buku pensiun (Jika di perlukan)
  • Juga mempersiapkan beberapa berkas berharga seperti BPKB, surat kepemilikan tanah, sertifikat deposito, dan lain sebagainya yang sifatnya menjamin dana untuk keperluan bisnis
  • Proposal pengajuan pinjaman dana, berisi tujuan penggunaan dana yang didapat nantinya

Pada dasarnya persyaratan pinjam uang ke koperasi memang ada dua jenis persyaratan yaitu dokumen pribadi dan dokumen barang jaminan yang berharga, tentunya selain menjadi keanggotaan di koperasi.

Produk yang Bisa di Biayai Koperasi

Seperti yang sudah di bahas di atas yaitu mengenai payung hukum yang jelas untuk koperasi maka ada beberapa 2 jenis koperasi yang memang membiayai untuk kegiatan mendorong usaha baik sendiri atau juga perorangan dengan maksud kekeluargaan.

Dan berdasarkan jenis pembiayaan yang di sebutkan dalam Undang udang tentang prinsip koperasi adalah sebagai berikut ini:

  • Apabila koperasi menyelenggarakan satu fungsi maka disebut koperasi tunggal (single purpose cooperative)
  • Apabila Koperasi yang menyelenggarakan lebih dari satu fungsi maka disebut koperasi serba usaha ( multi purpose cooperative)

Jadi koperasi merupakan sebuah lembaga yang di bangun bersama dengan prinsip kekeluargaan. Dengan memberdayakan kemampuan keluarga demi memajukan pertumbuhan ekonomi secara sejara bersama dengan melakukan simpan pinjam.

Cara Pinjam Uang Di Koperasi

Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara mengajukan pinjaman di koperasi, maka kamu tinggal ikuti langkah – langkah di bawah ini. Namun sebelum kamu mengikuti langkah – langkahnya yang sangat penting harus kamu persiapkan mengenai persyaratan nya.

Dan jika semua dokumen dan berkas yang di butuhkan sudah kamu siapkan, maka langkah – langkah mengajukan pinjaman di koperasi adalah sebagai berikut ini:

  • Silahkan siapkan berkas persyaratan seperti KK, KTP dan berkas pendukung lainnya
  • Selanjutnya serahkan proposal pengajuan pinjaman dana yang berisi tujuan penggunaan Dana yang telah kamu buat
  • Dan jika kamu mengajukan pinjaman bisnis, maka kamu harus datang langsung ke kantor koperasi bersangkutan
  • Proposal pinjaman dana yang harus kamu buat nantinya akan di periksa oleh pengurus koperasi. Untuk mempertimbangkan isi proposal yang kamu ajukan apakah sesuai dengan prosedur pinjaman yang telah ditetapkan
  • Dan jika proposal pinjaman dana kamu di setujui, maka pencairan pinjaman dan lama pengembalian akan disesuaikan berdasarkan kesepakatan yang telah dituangkan di dalam akad pinjaman koperasi
  • Terakhir menyetujui kontrak mengenai bagi hasil dan cicilan tiap bulan yang harus di bayar

Mengajukan pinjaman ke koperasi tentunya sangat mudah sekali asalkan syarat utama sudah kamu penuhi yaitu menjadi anggota pada koperasi tersebut. Dan memang dikalangan generasi milenial kurang di kenal padahal banyak sekali keunggulan jika kamu perhatikan saat menjadi anggota koperasi.

Keuntungan Pinjam Uang Di Koperasi

Jika kamu tertarik akan melakukan pinjaman ke koperasi, maka tentunya kamu akan mendapat keunggulan atau manfaat yang bisa kamu rasakan, karena koperasi bergerak seperti layaknya perbankan ada proses simpan pinjam.

Dan berikut ini beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan setelah menjadi anggota koperasi:

  • Akan mendapatkan modal usaha yang mudah di dapat bagi anggota koperasi dan pinjaman akan di berikan bagi pelaku usaha yang baru akan buka usaha atau usaha mikro
  • Dengan menjadi anggota di koperasi maka pinjaman uang di koperasi tentunya akan sangat mudah sekali di dapatkan asalkan sudah memenuhi dokumen persyaratan pengajuan pinjaman ke koperasi
  • Dengan membentuk atau adanya koperasi tentunya akan dapat meningkatkan kesejahteraan untuk masyarakat sosial dengan kegiatan yang produktif dan berkesinambungan
  • Koperasi merupakan tempat penyimpanan uang yang aman selain dari Bank. Dengan menyimpan uang di koperasi maka kamu akan mendapat bunga deposit yang lebih tinggi daripada menyimpan uang di Bank
  • Bunga pinjaman di Koperasi di hitung dengan mengacu pada kesepakatan bersama dan akan diketahui oleh semua anggota koperasi
  • Adanya koperasi dengan prinsip mengacu pada kekeluargaan tentunya dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat karena adanya simpan pinjam dan aturan deposito.

Akhir Kata

Tertarik bukan untuk melakukan pinjaman ke koperasi? Jika kamu tertarik, maka kesimpulan pembahasan di atas mengenai cara pinjam uang di koperasi adalah sebagai berikut ini:

  • Sudah menjadi Anggota pada koperasi tersebut
  • Menyiapkan syarat secara dokumen seperti data identitas
  • Menyiapkan persyaratan yang menjadi jaminan pinjaman
  • Mengajukan pinjaman dalam bentuk proposal

Dan itu lah kesimpulan pinjam uang di koperasi dengan mudah. Semoga apa yang tekah kami sampaikan bermanfaat untuk kamu semua. Dan akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: