Cerita Fabel Hewan Singkat yang Menarik Banget

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Cerita fabel hewan singkat akan kamu temukan dalam artikel ini sebagai rekomendasi cerita saat waktu bersama anak tercinta baik sebelum tidur atau saat waktu santai. Cerita fabel adalah cerita yang menggambarkan manusia tapi dengan tokoh hewan dan di senangi anak-anak.

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui beberapa contoh cerita fabel hewan singkat yang unik dan menarik di bawah ini.

Cerita Fabel hewan Singkat dan Menarik

Dalam artikel dikisahkan kurang lebih 7 judul cerita fabel hewan singkat yang bisa kamu baca, diantaranya:

1. Anjing yang Serakah

Seekor anjing terlihat sedang mencuri sepotong daging. Setelah berhasil, ia berlari secepat mungkin menghindari kejaran pemilik daging sampai mengarah ke sebuah sungai. “hahaha, aku berhasil membawa daging segar untuk makan malam” kata si anjing sambil girangnya.

Ketika melewati jembatan di sungai, anjing itu melihat di bawah ada anjing lain yang membawa sepotong daging juga. Dan anjing ini berpikir ingin mencuri daging milik lainnya sehingga ia berkhayal bisa membawa pulang dua potong daging.

Lalu anjing itu menggonggong dan menyerang anjing lain hingga potongan daging miliknya terlepas dari gigitan dan jatuh ke dalam air. Dan tersadar kalau anjing lain yang ia lihat adalah bayangannya sendiri di permukaan air sungai.

“Oh, tidak! Aku ceroboh sekali. Kenapa aku begitu bodoh sampai menghilangkan daging buruanku” kata anjing itu menyesal.

2. Cerita Fabel Hewan Singkat Bebek Buruk Rupa

Dikisahkan seorang petani memiliki seekor bebek. Bebek ini melahirkan sepuluh telur dan semuanya menetas. Namun, dari sepuluh bebek, ada satu yang wajahnya berbeda dengan induk dan warnanya abu-abu.

Setiap hari, bebek abu-abu ini harus hidup menderita karena diolok-olok bebek lain. karena sedih, bebek ini pun meninggalkan peternakan dan lari ke sungai dengan bertemu dengan angsa putih yang sangat cantik.

Bebek ini berusaha tidak menghiraukan angsa itu karena terlalu sedih diejek bebek lain. saat berlari menyeberangi sungai dia tanpa sengaja melihat bayangannya sendiri di sungai.

Betapa terkejutnya bebek ini, ternyata wajahnya kini berubah menjadi angsa yang cantik. Ia baru menyadari kalau selama ini dirinya bukanlah itik jelek tapi angsa yang cantik.

3. Semut dan Belalang

Suatu hari, ada seekor belalang yang sedang bersantai melihat semut lewat sambil membawa biji jagung ke sarangnya. Dan belalang itu lalu meminta semut bergabung bersamanya untuk bersenang-senang.

Semut menolak dan memberi tahu belalang bahwa dia sedang bersiap mencari makanan untuk cadangan musim dingin. Di musim dingin, makanan akan langka dan sulit di cari. Belalang mengabaikan cerita semut karena dia tidak mau repot.

Akhirnya musim dingin pun tiba dan belalang tidak memiliki makanan untuk bertahan hidup. Ia kesusahan bertahan hidup di musim dingin. Sedangkan semut justru menikmati dalam kehangatan di sarangnya.

4. Kelinci Sombong dan Kura-Kura

Cerita fabel hewan singkat selanjutnya ada kisah kelinci yang sombong dan kura-kura. Suatu hari, kelinci bertemu dengan kura-kura yang begitu lambat dalam berjalan ia pun mulai menyombongkan diri dan mengolok-ngolok kura-kura.

Kura-kura berusaha tidak mempedulikan ucapan kelinci. “Setiap hewan bergerak dengan langkahnya sendiri, saya mungkin lambat tetapi saya bisa pergi kemana saya dan mau saya bahakn bisa mencapai tujuan lebih cepat dari kamu.” Kata si kura-kura.

Kelinci tidak percaya dengan perkataan kura-kura. Dia pun menantang kura-kura lomba lari keduanya pun setuju untuk lomba lari. Dan saat lomba kelinci berlari kencang memimpin dan meninggalkan kura-kura di belakang.

Dan ia beristirahat sejenak. Tanpa sadar kelinci justru tertidur lelap dan tak mengetahui bahwa kura-kura sudah melewatinya. Dan saat bangun kelinci kaget karena kura-kura sudah sampai garis finish.

5. Persahabatan Singa dan Tikus

Singa merupakan raja hutan yang dikenal menakutkan. Tidak ada binatang di hutan yang berani mendekati singa atau berada di sarangnya. Suatu hari, si tikus penasaran dengan sarang singa, ia pun diam-diam datang ke sarang singa untuk melihatnya.

Tiba-tiba singa mengetahui keberadaan tikus dan menangkapnya. Tikus merasa ketakutan dan meminta maaf kepada singa.

Si singa akhirnya melepaskan tikus dan membiarkannya bebas. Tikus sangat berterimakasih pada singa dan berjanji akan membalas kebaikannya itu suatu hari nanti.

Hingga pada suatu hari, giliran singa yang terjebak masalah, singa ditangkap oleh jaring pemburu di hutan. Ia meraung tidak berdaya hingga tikus mendengarnya. Dan tikus berlari dengan cepat dan membantu singa dengan menggigit jaring-jaring tersebut.

Sehingga si singa bisa melepaskan diri dan singa sangat berterimakasih kepada tikus tersebut dan dari kejadian tersebutlah akhirnya singa dan tikus menjalin persahabatan dengan baik.

6. Si kancil Mencuri Timun

Cerita fabel hewan singkat selanjutnya mari kita bahas di kancil mencuri timun. Suatu hari hutan sedang dilanda musim kemarau panjang yang membuat makanan habis. Kancil pun kebingungan karena tidak mendapat makanan dan terpaksa ke luar hutan.

Saat berjalan keluar hutan, kancil tiba-tiba menemukan ladang timun yang besar, seketika muncul keinginannya untuk melahap semua timun-timun tersebut dan ide untuk mencuri pun muncul.

Diam-diam kancil memakan timun-timun di ladang tanpa sepengetahuan Pak Tani. Dan ai terbiasa melakukan hal itu sehingga timun Pak Tani semakin sedikit. Namun, tibalah ia diketahui oleh Pak Tani yang marah dan memasang orang-orangan sawah.

Si kancil tahu bahwa ada orang-orangan sawah ia pun bersembunyi dan menunggu orang itu pergi. Namun, meski sudah lama menunggu tidak kunjung pergi juga dan akhirnya kancil pulang tanpa membawa timun.

7. Tupai yang Sombong

Di suatu hari di hutan hiduplah seekor tupai yang sombong ia sering sekali mengejek binatang lainnya di hutan, salah satunya kura-kura dan kancil. Ketika kura-kura dan kancil sedang asik bermain menangkap bola, tanpa sengaja bola yang ia lemparkan tersangkut ke pohon di samping mereka.

Namun, mereka berdua kebingungan bagaimana mengambil bola tersebut, tiba-tiba tupai keluar dari balik pohon sambil meloncat kesana kemari dan berkata “Hahaha, kasian sekali kalian!” ujarnya.

Tupai kemudian mengambil bola yang tersangkut. Namun, ketika kura-kura meminta bola tersebut, tupai malah mengejeknya dan menyombongkan diri. Sampai akhirnya kancil dan kura-kura pun memilih pulang karena bosan.

Lalu si kancil yang kesal berkata bahwa bola tersebut direlakan untuk tupai dan tupai yang terkejut mendengar teriakan itu jadi tidak konsentrasi hingga ia tergelincir dan jatuh ke kubangan air hujan akhirnya badannya penuh lumpur.

Dan sedangkan bolanya dia mbil oleh kura-kura dan kancil kembali dan mereka tertawa bersama-sama melihat tupai yang basah kuyup dan penuh lumpur.

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai 7 cerita fabel hewan singkat yang bisa menjadi rekomendasi kamu untuk bercerita kepada si buah hati di waktu senggang.

Artikel Menarik Lainnya: