Ciri HP Terkena Virus dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Perlu kita pahami bahwa virus merupakan hal yang berbahaya bagi setiap perangkat elektronik, baik komputer hingga handphone. Dan tentunya hal ini akan berdampak buruk pada performa ponsel kamu bahkan bisa mengancam data pribadi.

Lantas bagaimana ciri HP terkena virus? Agar bisa berhati-hati dan cepat menanganinya? Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana caranya secara lengkap.

Virus dan Jenis-Jenisnya

Ada berbagai cara virus bisa masuk ke perangkat yang kamu gunakan salah satunya dengan file dari pihak ketiga, atau file tidak aman yang bisa dari musik, video dan jenis file lainnya.

Dan hal ini bisa saja ponsel yang sedang berbagi tersebut sedang terkena virus. Virus sendiri adalah sebuah program yang dirancang oleh hacker untuk merusak sistem pada perangkat. Dan perlu kamu ketahui virus ini ternyata banyak macamnya.

Sebelum mengetahui bagaimana ciri HP terkena virus alangkah baiknya kamu simak terlebih dahulu jenis-jenis virus yang perlu diketahui sebagai bentuk kewaspadaan, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Malware

Virus ini bekerja dengan mengambil alih akses perangkat, dan bertujuan untuk mencuri informasi pribadi, mengirim pesan teks, hingga melakukan tindakan ekstrim lainnya.

2. Adware

Adware virus yang disematkan dalam iklan ke halaman web atau aplikasi yang bisa menimbulkan kerusakan.

3. Spyware

Nah, selain malware atau adware ada juga spyware jenis virus ini bertujuan untuk memantau aktivitas korban yang digunakan untuk bertujuan yang tidak baik.

4. Trojan Horese

Trojan horse bekerja dengan cara menyambungkan sistem ke aplikasi pada ponsel untuk yang dapat mengganggu sistem operasi ponsel kamu.

5. Ransomware

Jadi, jenis virus ini bekerja dengan cara mengunci file maupun aplikasi dari HP pelaku akan meminta imbalan agar file atau aplikasi tersebut bisa terbuka kembali.

Ciri HP Terkena Virus

Nah, setelah kamu mengetahui jenis-jenis virus selanjutnya mari kita bahas bagaimana ciri HP terkena virus. Dan bagi kamu yang belum mengetahuinya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai, berikut beberapa ciri yang perlu kamu ketahui:

1. HP Sering Mati Sendiri Saat Menerima Telepon

Nah, ciri HP terkena virus pertama bisa HP sering mati sendiri saat menerima panggilan, maka bisa jadi HP kamu telah terkena virus. Virus bisa menyebabkan jaringan ponsel terganggu atau pulsa berkurang meski jarang digunakan.

2. Performa HP Menurun

Ciri HP terkena virus selanjutnya kamu akan mendapatkan HP kamu terasa lemot meski tidak ada aplikasi yang dibuka. Jika hal ini terjadi segeralah instal antivirus pada ponsel.

3. Pemakaian Paket Data yang Berlebihan

Jika pemakaian paket data melonjak secara tiba-tiba bisa jadi pelaku menggunakan paket data kamu untuk menjalankan program virus pada ponsel yang kamu gunakan dan itu merupakan salah satu ciri HP terkena virus.

4. Baterai Cepat Habis

Program virus yang berjalan secara diam-diam pada HP akan membuat baterai menjadi cepat habis waktu yang sangat singkat itu juga merupakan ciri HP terkena virus.

5. Banyak Iklan Mengganggu

Salah satu jenis virus yang diwaspadai adalah adware. Jenis virus ini akam membuat ponsel kamu muncul iklan tidak penting. Dan itu juga merupakan salah satu ciri HP terkena virus.

6. Adanya Peringatan Mengenai Virus

Selain ciri di atas berikutnya ciri HP terkena virus kamu akan menerima adanya peringatan mengenai virus atau sudah terinfeksi virus dan lain sebagainya.

7. Software Antivirus Tidak Berfungsi

Selanjutnya jika HP kamu sudah terkena virus secara parah maka sofwate antivirus yang kamu gunakan jadi tidak berfungsi atau berjalan dengan baik lagi,

8. Adanya Penurunan Ruang Penyimpanan

Jika kamu merasa tidak menyimpan banyak aplikasi tapi penyimpanan ruang terus penuh sudah dipastikan itu juga merupakan salah satu ciri HP terkena virus dan kamu harus segera menanganinya.

9. Perangkat Berhenti Berfungsi/ Tidak Berfungsi

Dan jika virus telah menyebar ke seluruh isi perangkat maka dipastikan perangka tyang kamu gunakan akan berhenti berfungsi atau tidak berfungsi sama sekali dan tentunya hal ini sudah tidak mempan dengan antivirus lagi.

Kamu harus cepat melakukan tindakan reset atau factory reset sehingga smeua data hilang sekalian dengan virus-virusnya.

Cara Mengatasi HP Terkena Virus

Nah, setelah mengetahui ciri HP terkena virus langkah selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara mengatasi HP yang terkena virus. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menangani HP terkena virus.

Dan berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk bisa mengatasi HP yang terkena virus pastikan ikuti langkah di bawah ini dan jangan ada yang terlewat. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti, diantaranya adalah:

1. Pastikan Mengaktifkan Google Play Protect

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengaktifkan Google Play Protect kamu bisa buka di Google Play Store. Dan lanjutkan dengan mengetuk ikon profile dan berikutnya klik project> kemudian klik settings dan aktifkan atau matikan scan with play protect.

2. Update Perangkat Android & Keamanan

Dan langkah selanjutnya jangan lupa untuk update ponsel saat sudah tersedia, jika noifikasi pembaruan dimatikan. Kamu bisa masuk ke settings> system> syste, update.

Dan untuk langkah berikutnya akan terlihat status update untuk dilanjutkan dan berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti, diantaranya adalah:

  • Buka aplikasi settings
  • Klik security
  • Cek untuk update untuk ketersediaan pembaruan keamanan dan klik Google Security Chekup
  • Sementara pada Google Play System, ketuk Google Play Syste, update
  • Dan ikuti langkah yang ditujukan selanjutnya

3. Hapus Aplikasi Tidak terpercaya

Langkah selanjutnya kamu perlu menghapus atau unistal aplikasi yang tidak penting, tidak terpercaya atau sumbernya dari pihak ketiga kamu bisa ikuti cara di bawah ini:

  • Klik settings
  • Kemudian klik Apps & notification
  • Klik See All Apps
  • Klik aplikasi yang ingin di uninstal
  • Dan klik Unisntal

4. Lakukan Chekup Keamanan

Dan untuk cara mengatasi HP yang terkena virus kamu perlu melakukan chekup keamanan dan berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk cara mengatasi dengan cara ini, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama pada ponsel atau tablet android dan buka browser web seperti chrome
  • Mask ke myaccount.google.com/security-chekup
  • Dan untuk memperbaiki masalah keamanan di akun kamu dan ikuti langkah yang ada diantaranya adalah

Demikian penjelasan mengenai ciri HP terkena virus sekaligus untuk cara mengatasinya semoga apa yang tim Mustakim Media sampaikan dapat bermanfaat dan bisa membantu kamu yang sedang mencari informasi ini.

FAQ| Pertanyaan Seputar Ciri HP Terkena Virus

Bagaimana cara memperbaiki HP yang terkena virus?

Kamu bisa mengisntal anti virus, unistal aplikasi mencurigakan, perbarui sistem, menghindari kunjungan situs web tidak aman dan backup data.

Rekomendasi aplikasi anti virus yang bagus?

Kamu bisa gunakan Avast, Avira, Bitdefender, ESET, Malwarebytes Security dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apa ciri-ciri virus trojan?

Perangkat menjadi lambat, karena virus ini menghabiskan banyak sumber daya komputasi atau ruang penyimpanan.

Artikel Menarik Lainnya: