15 Contoh Aplikasi Pengolah Kata Selain MS Word

Kamu yang memerlukan aplikasi pengolah kata untuk membantu pekerjaan kamu sepertinya kamu butuh beberapa aplikasi di bawah ini untuk contoh aplikasi pengolah kata yang paling rekomended dan pastinya akan kamu butuhkan.

Aplikasi di bawah ini tidak hanya pengolahan kata saja melainkan membuat dokumen, mengedit, menyalin, atau mencetak file yuk simak penjelasan di bawah ini untuk penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Aplikasi Pengolah Kata?

Jadi, pengolah kata ini adalah perangkat atau program perangkat lunak yang mampu membuat, menyimpan, dan mencetak dokumen teks. Dan memungkinkan pengguna menulis dan memodifikasi teks, menampilkan di layar, menyimpan secara elektronik dan mencetaknya.

Perangkat lunak pengolahan kata adalah salah satu teknologi paling umum di dunia. Yang memungkinkan pengguna membuat resume dan surat pengantar, korespondensasi bisnis, posting blog, novel dan banyak lagi lainnya.

Dan umumnya pengolah kata adalah aplikasi komputer yang diunduh ke sejumlah komputer tertentu. Tetapi sering koputasi cloud menjadi lebih umum sama halnya pengolah kata di berbasis browser.

Dan tentunya akan memiliki fitur yang lebih canggih dan program yang cukup banyak dari program tradisional dan menawarkan fleksibilitas dan kemampuan berkolaborasi secara real time.

Contoh Aplikasi Pengolah Kata

Berikut beberapa contoh aplikasi pengolah kata yang paling kamu butuhkan saat melakukan pengolahan kata untuk pelajaran, pekerjaan atau lainnya, diantaranya adalah:

1. Microsoft Word

Contoh aplikasi pengolahan kata yang pertama kamu perlu aplikasi microsoft word yaitu aplikasi pengolahan kata yang paling banyak digunakan di zaman sekarang ini. karena mampu memenuhi kebutuhan pembuatan dokumen.

Dan jika kamu ingin membeli lisensinya secara resmi, kamu sebagai pengguna bisa mengunjungi website resemi di microsoft.com.

2. Google Docs

Tampilan interfice Goole Docs tidak jauh berbeda dengan microsoft word. Dan perangkat lunak ini juga sangat tidak kalah populer karena bisa di pasang di berbagai teknologi elektronik, baik PC maupun smartphone.

Dan adapun beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah menyedikaan menu yang cukup lengkap dan tampilannya mudah digunakan, tidak hanya itu, dokumen yang dikerjakan pada perangkat ini bisa dibagikan dengan link khusus.

3. WPS Office

Selanjutnya contoh aplikasi pengolah kata kamu juga perlu memiliki WPS Office aplikasi ini bahkan sudah banyak di unduh oleh para penggunannya.

Selain itu, fitur-fitur yang tersedia di dalamnya sangat beragam, mulai dari word, PDF, Spreedsheet, WPS AI, Cloud, dan masih banyak lagi lainnya sehingga cukup lengkap.

4. Openoffice Writer

Kemudian kamu juga perlu memiliki Openoffice Writer yaitu aplikasi pengolah kata yang bisa di unduh secara gratis dan fitur ini juga tersedia cukup lengkap dan tentunya bisa menunjang pekerjaan kamu yang berkutat dengan pengolahan kata.

5. NotePad

Notepad termasuk aplikasi pengolahan data legendaris yang hadir sepaket dengan sistem operasi windows. Notepad bisa juga dipakai untuk membuat teks sederhana yang tidak membutuhkan format tambahan.

Dan tentunya biasanya, perangkat lunak ini juga lebih sering dipakai untuk menulis catatan meeting agar semakin mudah.

7. Office Suite

Selanjutnya contoh aplikasi pengolahan kata lainnya kamu juga bisa menggunakan Office Suite. Office sute ini adlaah perangkat pengolah kata besutan mobysistem yang mampu mempermudah penggunanya dalam menulis atau mengedit file.

Di aplikasi ini terdapat dua versi Office Suite yang bisa kamu pilih yakni aplikasi berbayar dan juga aplikasi gratisan.

8. Word Perfect

Kemudian kamu juga bisa mencoba Wordperfect yaitu salah satu aplikasi pengolah kata yang populer digunakan di berbagai kalangan. Dan aplikasi ini digunakan memiliki fitur-fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit dokumen teks dengan mudah dan efisien.

Dimana aplikasi ini memiliki tampilan yang user friendly dan sangat rekomendedselain itu, kemampuannya dalam menangani dokumen panjang dengan baik juga dukungan yang kuat untuk berbagai format file.

9. Zoho Writer

Contoh aplikasi pengolah kata selanjutnya kamu juga bisa menggunakan Zoho Writer yaitu aplikasi pengolah kata yang sangat berguna untuk membuat dan mengedit dokumen dengan mudah, kemampuan menambahkan gambar, tabel dan grafik.

10. Star Office Writer

Aplikasi ini sangat berguna untuk pengolahan kata dan memiliki banyak fitur untuk membuat, mengedit dan memformat dokumen dengan cara efisien. Keunggulan aplikasi ini bekerja dengan berbagai format seperti DOC, RTF dan PDF.

Selain itu menawarkan berbagai fitur pembuatan dokumen yang canggih, isian otomatis, pengaturan format dan tata letak dokumen.

11. WordGraph

Contoh selanjutnya ada Wordgraph aplikasi ini menyediakan berbagai fitur untuk membuat, menyunting, pembuatan tabel, grafik dan gambar. Selain itu, pengejaan otomatis dan tata letak halaman yang memudahkan pengguna dalam menyusun dokumen dengan rapi.

12. WriteMonkey

Contoh aplikasi pengolah data selanjutnya kamu bisa menggunakan WriteMonkey tampilan yang bersih dan minim gangguan sehingga pengguna bisa fokus untuk menggunakan fitur-fitur di dalamnya.

13. Joeffice

Selanjutnya ada Joeffice yaitu aplikasi pengolah kata yang cukup berguna untuk membuat, mengedit, memformat dan dokumen teks, tabel juga grafi sesuai kebutuhan dilengkapi dengan fitur pengecekan ejaan dan tata bahasa yang membantu agar tidak tyfo.

14. Drop Box Paper

Kemudian aplikasi selnajutnya ini bisa digunakan untuk membuat dokumen dan catatan, atau artikel dengan mudah, dan aplikasi ini juga memiliki antarmuka yang user-friendly sehingga memudahkan pengguna.

15. iWorks Pages

contoh aplikasi pengolah kata selnajutnya bisa menggunakan iWorks Pages disini kamu bisa membuat, mengedit, seperti suratm brosur, kartu ucapan dan lain sebagainya.

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai contoh aplikasi pengolah kata yang cukup rekomended untuk kamu gunakan. Semoga bermanfaat

Artikel Menarik Lainnya: