5 Contoh Cerpen Singkat Anak Sekolah Berbagai Tema

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Pada kesempatan kali ini artikel ini akan membahas beberapa cerpen singkat anak sekolah kamu yang sedang mencari rekomendasi cerpen tentang anak sekolah kamu bisa simak artikel ini sampai selesai ya!

Contoh Cerpen Singkat Anak Sekolah

Untuk lebih memahami seperti apa bentuk cerpen singkat berikut ada 5 cerpen singkat anak sekolah yang di ambil dari berbagai sumber di simak ya!

1. Cerpen Singkat Anak Sekolah Pertama

Hujan Di Pagi Hari

Pagi hari ini tidak seperti biasanya diluar cukup hujan turun begitu deras. Padahal sudah waktunya berangkat ke sekolah. Andi yang masih menunggu hujan itu reda di samping jendela.

Ibu menawarkan untuk Andi libur karena khawatir Andi bisa kehujanan dan jatuh sakit. “Tidak apa-apa, libur dulu, izin tidak masuk sekolah, kalau kamu tak sekolah guru pasti memaklumi,” tawar ibu.

Meskipun Andi sangat tergoda tapi masih ragu. “Kalau aku tidak sekolah, aku tidak bisa belajar dong” jawab Andi.

“Di Sekolah lebih seru, terus ada guru yang membimbing . Aku ingat kata ayah kalau mau meraih cita-cita kita harus lawan rintangan yang ada di depan, apalagi ini Cuma hujan” jelas Andi lagi.

Ibu pun tersenyum tampak bangga. “Baiklah kalau begitu, ibu antar kamu ke sekolah ya. kita pakai payung supaya tidak basah kuyup.” Ujar Ibu.

Dan akhirnya Andi dan Ibunya mulai berangkat ke Sekolah dan melawan rasa malas demi meraih cita-cita.

2. Cerpen Singkat Anak Sekolah Kedua

Meminta Lebih Baik dari Mencuri

Hari ini aku sedang ada tugas kuliah dan kembali ke rumah untuk membawa beberapa masalah yang ketinggalan. Dan tanpa sadar aku melihat ibu yang seperti sedang mencari-cari sesuatu  dan akun mencoba menanyakannya.

Dan ibuku ternyata sedang mencari uang kembalian belanja tadi pagi dan setelah dicari tidak ketemu akhirnya aku pergi dulu ke warung untuk membeli beberapa permen karena hari ini akan ngantuk.

Dan aku melihat adik ku ada di sana sedang jajan. “De kamu main ke sini emang di kasih uang sama ibu? Kamu kamu lagi di hukum gak di kasih uang jajan hari ini? “Oh, jangan-jangan kamu ambil uang ibu ya?

“i,,ii,, iya kak, aku ambil uang ibu tapi gak banyak kok cuma 5 ribu aja” jawab adiknya dengan ketakutan.

“Ayo pulang, nanti jelasin sama ibu” dan ia pun menurut dengan mengikuti kakaknya dari belakang”

Dan sesampainya di rumah sang kaka membicarakan itu dengan ibunya dan ibunya langsung menasehatinya sebaik mungkin.

“De, ibu lebih menghargai kamu meminya ke ibu, sekalipun kamu sedang dihukum. Daripada mencuri seperti ini kan tidak baik,’ Kata ibu sambil mengelus rambut adik.

Dan sang adik hanya tertunduk malu dengan rasa bersalah yang terpampang dari wajahnya. Dan akhirnya ia meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

3. Cerpen Singkat Anak Sekolah Ketiga

“Bersih Bersih Kelas”

Setiap hari jumat SMA Tunas Harapan selalu mengadakan kegiatan positif bersih-bersih, Rudi yang merupakan ketua kelas untuk menghimbau kepada seluruh temannya untuk bersih-bersih dan sedikit tegas kepada teman-temannya.

Namun, teman-temannya dengan senang hati melakukannya karena mereka tahu itu semua untuk kebaikan kita semua.

“Hari ini guru akan masuk ke ruang kelas. Jika guru melihat ruang kelas yang tidak bersih, maka jam pulang akan ditunda. Kalau kalian ingin cepat pulang, ikut bantu bersih-bersih jangan ada hanya duduk saja” ucap Rudi dengan tegas.

Dan tidak kurang dari 10 menit ruangan menjadi bersih dan rapi dan saat ruangan itu dikunjungi guru dan merasa takjub dengan ruangan yang rapi dan bersih.

Dan sebagai apresiasi karena telah membuat ruang kelas menjadi bersih, ibu guru mengizinkan anak-anak kelas tersebut pulang dan mereka pun berteriak senang dan mereka bergegas pulang.

4. Cerpen Singkat Anak Sekolah Keempat

Contekan di Saat Ujian

Hari anak-anak sekolah mengikuti ujian akhir semester namun bukannya belajar sebelum berangkat sekolah Yadi malah sibuk membuat contekan.

Dan kring bel sekolah pun berbunyi itu tandanya semua siswa harus masuk ke ruangan dan mulai mengerjakan ujian.

Saat salah satu guru menjadi pengawas ia mencoba bertanya kepada Yadi. “”Yadi, apakah kamu sudah belajar?” dengan tegas Yadi pun menjawab “Sudah dong Pak” dengan sangat yakin ia bisa menjawab semua ujian dengan benar.

Saat di menit-menit awal tidak ada hal yang mencurigakan dan 10 menit berikutnya Yadi mulai membuka contekannya dengan sangat hati-hati. Namun, sayang usaha Yadi untuk mencontek gagal karena guru pengawas telah mengambil contekan tersebut.

Yadi yang awalnya terlihat santai, kini mulai panik dan bingung. Karena ia memang tidak belajar sehingga ia tidak bisa mengerjakan nilai ujian dengan baik. dan saat pembagian nilai, dia mendapat nilai yang paling rendah.

Dan Yadi snagat menyesal dengan tingkahnya yang malas-malasan saat menjelang ujian dan malah sibuk membuat contekan.

5. Cerpen Singkat Anak Sekolah Kelima

Lupa Waktu Karena Membaca

Rini merupakan siswi yang kutu buku di sela istirahat ia akan menyempatkan diri untuk membaca apa pun yang ia temukan.

Dan serasa bacaannya mulai habis ia pergi ke perpustakaan sekolah dan mencoba mencari buku-buku dan mulai membaca ada satu buku yang membuat ia tertarik dan membacanya dengan sangat lama.

“Petualangan Dunia Ajaib” dan tanpa sadar Rini telah menghabiskan waktu istirahatnya bahkan ia tidak tahu bel masuk kembali kapan dan ini sudah masuk ke bel pulang.

Dan saat bel itu berbunyi Rini sangat terkejut. Ternyata ia sudah lama berada di perpustakaan dan akhirnya ia tidak masuk di jam pelajaran terakhir namun meski begitu ia sangat puas karena dengan membaca akan menemukan hal baru dan benar-benar membuatnya bahagia

Artikel Menarik Lainnya: