Contoh Globalisasi Bidang Budaya

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Contoh globalisasi bidang budaya merupakan bukti nyata bahwa tidak sedikit yang mengadopsi budaya luar di bawa ke Indonesia, atau juga sebaliknya. Hal ini dikarenakan adanya budaya dari tiap masing – masing negara yang sekiranya menarik dan unik.

Apalagi Indonesia dikenal dengan Negara yang memiliki keberagaman budaya tentunya bisa menjadi menarik perhatian banyak Negara, begitu pun sebaliknya. Untuk itu didalam artikel Media Mustakim, akan membahas mengenai Globalisasi Budaya dengan penjelasannya.

Pengertian Globalisasi Bidang Budaya

Sebelum masuk pada init dari pembahasan, langkah awal yang harus kamu pahami tentunya mengenai pengertian globalisasi bidang budaya. Dan penjelasan yang kami uraikan ini kami dapatkan dari beberapa sumber yang terpercaya.

Seperti kami ambil dari halaman id.wikipedia.org Globalisasi bidang budaya adalah penyebaran gagasan, makna, dan nilai ke seluruh dunia dengan cara tertentu untuk memperluas dan mempererat hubungan sosial.

Prosesnya terjadi dengan ditandai oleh konsumsi budaya bersama yang dibantu oleh internet, media budaya masyarakat, dan perjalanan luar Negeri. Konsumsi budaya bersama turut mendorong pertukaran barang dan kolonisasi yang menyebarkan budaya ke seluruh dunia.

Contoh Globalisasi Bidang Budaya

Seperti yang sudah dibahas di atas mengenai globalisasi budaya tentunya masuk nya budaya atau adanya pertukaran budaya bukat tanpa penyebab. Tentunya ada penyebab yang mempengaruhi-nya. baik karena media sosial maupun karena adanya tour luar negeri.

Dan pengaruh tersebut sudah bisa dirasakan dan dilihat dari kebiasaan masyarakat yang berubah dari kebiasaan lokal. Untuk itu berikut ini contoh globalisasi bidang budaya yang bisa kita lihat dan rasakan.

1. Filem Anime dari Jepang

Jauh sebelum munculnya demam K-pop, anime Jepang menjadi salah satu media hiburan yang sering menghibur masyarakat di berbagai negara termasuk Indonesia. Menjamurnya budaya anime di Indonesia dikarenakan banyak nya festival jejepangan yang diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia.

Dan yang mengikuti festival tersebut di ketahui yaitu para penggemar anime maupun pecinta pop culture.

2. Kebiasaan Mendengarkan Musik barat

Sudah bukan rahasia lagi dan tidak bisa dielakan mengenai pecinta musik barat, hal ini disebabkan banyak penggemar di seluruh dunia. Umumnya, musik barat dinyanyikan dalam bahasa Inggris, sehingga dapat menjadikan alternatif bagi orang yang ingin mempelajari bahasa tersebut dengan cara lebih menyenangkan.

3. Orang Luar Negeri Tertarik Belajar Gamelan

Contoh globalisasi bidang budaya yang berikutnya, adalah banyaknya orang luar negeri yang tertarik untuk mengambil pendidikan informal atau kursus dalam belajar gamelan. Gamelan adalah alat musik khas Indonesia yang memiliki keunikan karena dimainkan secara rombongan.

Umumnya, gamelan dimainkan dengan pagelaran wayang, ciri – ciri globalisasi di bidang budaya juga mempengaruhi aspek kehidupan lainnya, seperti berkembangnya dunia peristiwa karena banyaknya turis asing yang berkunjung ke negara lain.

4. Budaya Korea Yang Mendunia

Contoh globalisasi bidang budaya selanjutnya yaitu mendunia-nya budaya korea. seperti di lansir dari halaman kumparan.com yang mengutip dari buku Map for Learning Korea: Belajar Bahasa Korea Lewat Lirik Lagu BTS oleh Asfara (2022) bahwa;

Korea selatan menjadi negara trend center dalam berbagai aspek kehidupan, baik dari segi dunia hiburan, kuliner, fashion, kecantikan dan masih banyak lagi. Dan penyebab mudahnya budaya Korea dikenal dan digunakan oleh masyarakat global adalah karena tersosialisasikan secara eksplisit melalui K-Pop dan drama Korea.

Dampak Positif Globalisasi Bidang Budaya

Dengan munculnya Globalisasi bidang budaya tentu harus disikapi dengan serius karena memang akan adanya dampak positif dan negatif untuk negara itu sendiri. Dan jika tidak dipersiapkan dari pengaruh globalisasi maka bisa bisa akan berdampak buruk.

Namun dampak yang muncul terdapat pula dampak positif yang bisa diambil seperti penjelasan dari jurnal, yang di ambil dari halaman lemhannas.go.id, Dampak positif dari globalisasi budaya tersebut diantaranya adalah;

  • Perubahan tata nilai dan sikap masyarakat yang semula irasional menjadi rasional
  • Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam ber-aktivitas
  • Dan mendorong untuk berpikir lebih maju dan tingkat kehidupan yang lebih baik

Dampak Negatif Globalisasi Bidang Budaya

Selain dampak positif yang akan di dapat dari pengaruh globalisasi bidang budaya, tentunya dampak negatif-nya pun akan dapat dirasakan. Adapun dampak negatifnya diantaranya; berkembangnya sifat individualis karena berdampak turunnya ketahanan budaya bangsa.

Selain dampak tersebut jika dilihat dari segi nilai, pengaruh globalisasi budaya memberikan berdampak nyata seperti;

  • Orang menjadi Individualis
  • Rasa gotongroyong yang menurun
  • Sifat kekeluargaan menurun
  • Rasa nasionalisme menurun
  • Tidak ada semangat bela negara
  • Gaya hidup tidak sesuai dengan adat ketimuran
  • Mulai memudar-nya sikap sopan santun
  • Cara berbicara yang dipadukan dengan bahasa asing
  • Masyarakat menjadi lebih bebas dalam bergaul
  • Sistem mata pencaharian berubah ke Industri

Upaya Menghadapi Globalisasi Dalam Bidang Budaya

Untuk menghadapi globalisasi dalam bidang budaya, tentunya harus ada upaya yang dilakukan. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi globalisasi di bidang budaya adalah;

  • Menyaring setiap budaya asing yang masuk ke Indonesia untuk kemudian diadaptasi dan digunakan bersama – sama
  • Mempromosikan budaya asli Indonesia ke kancah internasional untuk menumbuhkan rasa cinta budaya Indonesia
  • Menyukai dan mengunakan produk – produk asli Indonesia
  • Mempererat persatuan dan kesatuan antar warga Indonesia yang memiliki budaya beragam untuk bersatu melindungi budaya asli Indonesia agar tidak luntur terbawa arus globalisasi juga tidak hilang karena diklaim negara lain
  • Mematenkan setiap budaya Indonesia serta memublikasikannya agar tetap terjaga dan menjadikan masyarakat Indonesia bangga memilikinya
  • Berpengang teguh pada nilai religius, spiritual, dan memupuk rasa kebhinekaan agar Indonesia tetao berjaya dengan budayanya
  • Meningkatkan kualitas nilai keimanan dan moralitas masyarakat

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai contoh globalisasi bidang budaya dapat disimpulkan bahwa;

  • Pengertian globalisasi bidang budaya adalah penyebaran gagasan, makna, dan nilai ke seluruh dunia dengan cara tertentu untuk memperluas dan mempererat hubungan sosial.
  • Contoh globalisasi bidang budaya yaitu; Film anime dari jepang; Kebiasaan mendengar musik barat; Orang luar Negeri tertarik belajar gamelan; Budaya korea yang mendunia
  • Dampak positif dari globalisasi yaitu dapat mengenal dan mempelajari budaya luar atau juga sebaliknya
  • Dampak negatif dari globalisasi bidang budaya yaitu terkikis-nya kebiasaan budaya lokal
  • Upaya menghadapi globalisasi dalam bidang budaya; dengan memperkuat kebiasaan budaya lokal

Artikel Menarik Lainnya: