Contoh Qada dan Qadar Beserta Penjelasannya (Lengkap)

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Banyak sekali contoh qada dan qadar yang terjadi di kehidupan kita hal ini karena kita tidak bisa lepas dengan yang namanya kuasa Allah SWT. Tersirat nya Qada dan qadar setiap manusia itu sudah ada sejak jaman ajali dimana manusia masih dalam kandungan.

Dan jika kamu belum bisa menyadari atau mengetahui mengenai contoh yang termasuk qada dan qadar, maka di artikel ini media Mustakim akan membahas nya. Untuk kamu yang sedang mencari materi nya maka dibawah ini

Pengertian Qada dan Qadar

Sebelum masuk pada pembahasan inti mengenai contoh qada dan qadar, maka langkah awal yang harus kamu perhatikan dan harus kamu ketahui ya tentunya mengenai arti dari qada dan qadar itu sendiri. Agar pembahasan nya sangat mudah dipahami.

Orang muslim tentunya sudah mengetahui bahwa qada dan qadar adalah rukun iman, dan merupakan rukun iman yang ke-6. Dan hal ini sudah harus ditanamkan sejak usia dini, untuk menjadi sebuah keyakinan dalam hati. Dan tahukah kamu apa yang dimaksud dengan qada dan qadar.

Dikutip dari buku paket PAI & BP, SMP IX Bab 8 revisi edisi 2018. Qada artinya hukum, keputusan, kehendak. Sedang Qadar adalah Kepastian, ukuran, perwujudan kehendak. Sedang secara istilah ialah

  • Qada adalah Ketetapan Allah terhadap segala sesuatu sejak zaman ajali &
  • Qadar adalah Perwujudan kehendak Allah SWT

Hukum Meyakini Qada dan Qadar dalam Islam

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai qada dan qadar yaitu merupakan rukun iman yang ke-6. Dan iman kepada qada dan qadar merupakan ungkapan sehari – hari dan lebih dikenal dengan istilah takdir jika dikalangan masyarakat.

Allah berfirman dalam Qs. Ar-Ra’d/8) “Segala sesuatu itu di sisi Allah adalah dengan ketentuan takdir. Dan dalam konsep kehidupan sehari – hari di masyarakat kata tersebut di kenal dengan istilah Takdir. Dan bagi setiap muslim wajib beriman kepada qada dan qadar.

Dan meski pada dasarnya semua takdir sudah ditentukan oleh Allah SWT, namun manusia tetap harus memiliki peran atau di wajibkan beriktiar agar bisa merubah takdir yang sudah di tentukan. Takdir bisa berubah hanya dengan cara Berdoa, dan berbuat Kebaikan.

Contoh Qada dan Qadar

Setelah kamu mengetahui penjelasan mengenai Qada dan qadar maka sekarang masuk pada pembahasan inti mengani contoh qada dan qadar dan ini tentunya berlaku untuk semua manusia yang ada di dunia ini.

Adapun contoh qada dan qadar adalah sebagai berikut ini;

1. Contoh Qada

Qada merupakan keputusan, hukum, dan Kehendak Allah SWT, maka yang telah di tetapkan oleh Allah SWT adalah sebagai berikut ini;

  • Jodoh
  • Mati atau Umur
  • Bahagia
  • Celaka Rezeki
  • Kelahiran
  • Penampilan Fisik
  • Jenis Kelamin

2. Contoh Qadar

Sementara qadar adalah kepastian, ukuran, perwujudan dan juga kehendak Allah SWT untuk setiap takdir manusia. Dan yang menjadi contohnya yaitu;

  • Miskin dan Kaya
  • bodoh dan Pintar
  • Sakit dan sehat
  • Mempunyai keahlian atau sklil dan yang tidak
  • Rajin dan Malas
  • Bahagia dan sedih

Dan perlu kamu ketahui bahwa semua itu tentunya Allah SWT sudah putuskan dan manusia memiliki peran di dalam nya yaitu diwajibkan untuk berikhtiar agar segalanya bisa berubah lebih baik seperti miskin agar menjadi kaya atau berusaha sehat disaat sakit dan seterusnya.

Dan takdir tersebut bisa di ubah sesuai dengan upayanya, seperti dalam penjelasan mahad.uin-antasari.ac.id bahwa takdir seseorang bisa berubah dengan dua hal

  • Karena Doa nya
  • Karena kebaikan yang selalu ia perbuat

Hikmah Iman Kepada Qada dan Qadar

Banyak sekali manfaat yang bisa di ambil setelah meyakini terhadap qada dan qadar. Seperti diambil dari buku paket PAI Kls IX hal 167 revisi 2018. Bahwa hikmah dari menanamkan sikap iman kepada qada dan qadar adalah sebagai berikut ini;

1. Menenangkan Jiwa

Ketenangan jiwa adalah kunci utama untuk meraih berbagai keridhoan Allah. Dan orang yang meyakini terhadap qada dan qadar nya allah akan mendapatkannya. Hal ini karena ia akan merasa senang dan menerima dengan ikhlas atas semua ketentuan dan ketetapan dari Allah SWT.

Didalam jiwanya tidak akan ada rasa khawatir yang berlebihan karena ia memiliki keyakinan bahwa Allah akan memberikan yang terbaik atas apa yang ia kehendaki untuk hambanya.

2. Senantiasa berikap Sabar dan Syukur

Orang yang beriman kepada qada dan qadar akan senantiasa bersyukur atas apa yang telah Allah berikan dan kehendaki. Hal ini karena ia yakin bahwa didalam hatinya cukup atas pemberian dari Allah SWT. dan akan memiliki rasa sabar disaat ditimpa musibah, karena musibah untuk penebal iman seseorang.

Rasa syukur dan sabar tentunya di wujudkan dengan sikap yang di tunjukkan oleh seseorang yang tentunya memiliki keimanan terutama ketika mengimani terhadap qada dan qadar.

3. Menumbuhkan Sifat Optimis

kegagalan tentunya bukan menjadi sebuah halangan bagi orang yang memiliki keimanan terhadap qada dan dan qadar. Dan pastinya ia memiliki keyakinan akan ada pembelajaran yang sangat berharga dari kegagalan tersebut, dan menjadi jalan untuk lebih meningkatkan semangat untuk meraih harapan.

Sifat optimis ini akan muncul dengan sendirinya dan tidak akan banyak mengeluh karena tertanam dalam dirinya bahwa Allah lah yang akan memberi yang terbaik untuk nya meski dengan memberikan kegagalan disaat itu.

4. Menjauhkan diri dari Sifat Sombong

Dengan tertanamnya keyakinan qada dan qadar di dalam hatinya maka ia tidak akan memiliki rasa sombong karena segala sesuatu kehendak Allah SWT dan akan kembali kepadanya. Dan ia akan tetap memiliki sikap rendah hati.

Kesimpulan

Dari uraian di atas mengenai contoh qada dan qadar maka dapat disimpulkan bahwa;

1. Qada dan qadar adalah sebuah keputusan dan kepastian yang allah SWT berikan

2. Hukum mengimani terhadap qada dan qadar adalah wajib

3. Hikmah Iman Kepada Qada dan Qadar

  • Menenangkan jiwa
  • Senantiasa bersikap sabar dan Syukur
  • Menumbuhkan sifat Optimis
  • Menjauhkan diri dari sifat sombong

Semoga penjelasan yang telah media Mustakim sampaikan bermanfaat. Akhir kata saya ucapkan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: