Contoh Resume dan Review Jurnal Beserta Penjelasannya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Bagi kamu yang merupakan seorang pelajar tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jurnal. Jurnal secara sederhana bisa dipahami sebagai sebuah karya tulis ilmiah di tulis dengan orientasi akademik.

Dan jurnal ini boleh di resume atau di riview. Bagi kamu yang belum tahu bagaimana contoh resume dan riview jurnal kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana caranya secara lengkap.

Apa Itu Jurnal?

Sebelum membahas bagaimana contoh resume dan review jurnal kamu pahami dulu apa itu jurnal. Jadi jurnal ini ini adalah buku catatan harian yang merujuk pada catatan harian pribadi.

Misalnya jurnal ilmiah maka isinya membahas sebuah bidang ilmu tertentu, jurnal adalah tulisan yang dibuat oleh orang yang kompeten dalam bidangnya, dan diterbitkan oleh sebuah instansi maupun lembaga.

Artikel yang ditulis untuk jurnal biasanya akan di review oleh pakar di bidang studi tertentu sesuai dengan topik yang ditulis dalam artikel.

Artikel jurnal biasanya terdiri dari beberapa bagian seperti judul abstrak, kata pengantar, kajian pustaka, metodologi, hasil analisis, diskusi dan implikasi penelitian. Dan terkadang juga disertai dengan usulan agenda riset lanjutan dan rekomendasi.

Jenis-Jenis Jurnal

Nah, ada 6 jenis jurnal yang perlu kamu ketahui dan berikut beberapa jenis jurnal dengan penjelasannya lengkap.

1. Jurnal Penelitian

Jurnal penelitian adalah sebuah laporan peneliti tentang hasil penelitian yang telah di lakukan secara ilmiah. Dan biasanya laporan jurnal penelitian dimasukan dalam terbitan kumpulan jurnal bersama-sama dengan laporan peneliti lainnya.

2. Jurnal cetak

Jurnal cetak adalah salah satu macam jurnal yang ditulis oleh seorang atau kumpulan peneliti dan lantas disebarluaskan melalui media cetak. Jurnal cetak ini kebanyakan telah digantikan oleh keberadaan jurnal online atau e-journal.

3. Jurnal Elektronik

Yaitu jurnal yang digunakan untuk menggambarkan sebuah publikasi berkala yang diterbitkan dalam bentuk digital yang akan ditampilkan di layar komputer.

4. Jurnal Nasional

Dimana jurnal nasional adalah sarana penerbotan artikel bersifat nasional (publikasi ilmiah nasional).

5. Jurnal Internasional

Jurnal internasional jurnal yang yang naskah-naskahnya bersifat internasional. oleh karena itu, bahasa yang digunakan adalah bahasa internasional yaitu Inggris, Prancis, Cina, dan Rusia.

6. Jurnal Internasional Bereputasi

Jurnal ini adalah jurnal yang memenuhi kriteria jurnal internasional dengan kriteria tambahan terindeks oleh database internasional.

Contoh Resume dan Review Jurnal

Perlu kamu ketahui bahwa resume dan review ini merupakan hal yang berbeda. Review sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya mengulang atau melihat dan jika di satunya melihat ulang atau mengulas.

Sedangkan Resume Jurnal, yaitu adalah resume ikhtisar dan meringkas sementara itu, kata ikhtisar bermakna pemandangan secara ringkas yang penting-penting saja atau ringkasan.

Kata merangkum bermakna menyatukan (merangkai) pokok pokok pembicaraan atau uraian dan sebagainya dalam bentuk pokok saja.

Dengan demikian resume adalah wujud rangkuman atau ringkasan yang diambil dari karangan (dalam hal jurnal) yang awalnya panjang jadi lebih ringkas.

Contoh Resume Jurnal

1. Identitas Jurnal

Judul Jurnal : BUMI (Budaya Merdeka Indonesia)

Judul Penelitian: Relevansi Budaya Populer dan Budaya Modern

Volume: Vol.7 No,18 2020

Tahun : 2020

Penulis: Rika, Satya

2. Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah jurnal ini adalah berdasarkan pengamatan keterkaitan antara budaya populer atau sering disebut juga sebagai budaya masa dan budaya modern.

Meski keduanya memiliki relevansi apalagi jika melihat trend budaya massa sebagai wujud selera atau keinginan masyarakat yang di dukung oleh kuantitas atau jumlah massa yang menyukainya.

Ternyata wujud dari budaya populer ini mampu mewakili budaya masa kini atau budaya modern. Serta munculnya pertanyaan mengenai sesungguhnya mana yang lebih dulu mempengaruhi?

Apakah budaya massa atau budaya modern? Pertanyaan terkait hal tersebut sangat perlu dijawab mengingat kecenderungan masyarakat dalam melakukan banyak hal berdasarkan tren budaya massa.

3. Tujuan Penulisan Jurnal

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah:

  • Mendeskripsikan bentuk-bentuk budaya populer atau budaya massa
  • Mendeskripsikan bentuk bentuk budaya modern
  • Dan mendeskripsikan relevansi antara budaya populer dan budaya modern
  • Metode

Metode yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan kualitatif  dengan memanfaatkan deskripsi dan kata-kata dari pengamatan terhadap perilaku. Sementara itu, metode pemerolehan data dilakukan dengan teknik wawancara.

4. Hasil Penelitian

Penelitian mengenai budaya populer dan budaya modern membuktikan adanya relevansi antara keduanya. Disebutkan melalui data yang telah di olah bahwa masyarakat cenderung untuk menyukai budaya modern terlebih dahulu.

Kecenderungan inilah yang kemudian membentuk budaya populer dengan kata lain budaya populer terbentuk oleh budaya modern.

5. Kesimpulan

Penulis menyimpulkan ada beberapa poin bahwa budaya populer akan selalu beriringan dengan budaya modern. Kecenderungan di masyarakat membuktikan bahwa ternyata masyarakat akan lebih dulu mengikuti budaya modern hingga nantinya terbentuk ketertarikan masyarakat terhadap budaya modern.

6. Kelebihan

  • Penggunaan teori yang sangat berkorelasi dengan data
  • Mampu menemukan teori yang sangat cocok dengan ketersediaan data dan topik yang sedang diangkat

7. Kekurangan

  • Penggunaan bahasa pad jurnal masih kurang padu
  • Kurang memanfaatkan aspek kohesi dan koherensi

Contoh Review Jurnal

Judul Jurnal : penggunaan Makian Sebagai Ekspresi Negatif Masyarakat

Penulis: Ananda Kusuma

Publikasi : Prosiding Nasional Diksi Negeri

Reviewer : Santi Sumiati

Critical Review

Artikel dalam jurnal ini sudah dapat mendeskripsikan judul penelitian sesuai dengan tujuannya mulai dari pendahuluannya hingga penutup, cara penyajian penulis terhadap data dan hasil penelitian dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca.

Terlebih lagi dalam penggunaan teori yang dapat diterapkan dengan baik sesuai dengan bagaimana teori tersebut mampu memaparkan data. Pembahasan mengenai makian dari waktu ke waktu memang sangatlah luas.

Namun, keseluruhan pembahasan tersebut tidak dapat diakomodir oleh satu penelitian saja. terlebih lagi satu penelitian hanya menggunakan satu teori sebagai dasar dalam meneliti data.

Oleh karena itu, penelitian ini masih perlu diadakan penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan persoalan makian.

Satu hal yang disayangkan dalam artikel tersebut adalah terdapat banyak kesalahan dalam penulisan istilah asing, dan tentunya hal ini menjadi poin kekurangan yang perlu dilakukan perbaikan ke depannya.

Selain itu, pada bagian akhir atau penutup muncul pernyataan yang sebelumnya tidak pernah disebutkan seharusnya penutup atau simpulan berisi hal-hal yang terdapat dalam hasil dan pembahasan sehingga tidak ada penyampaian ulang.

Perbedaan Resume dan Review Jurnal

  1. Perbedaan pertama resume jurnal kamu tidak diharuskan memahami 100% isi jurnal dan bisa meringkas poin-poin penting dari jurnal tersebut sehingga lebih singkat dan padat. Sedangkan review perlu memahami isi jurnal
  2. Selain itu, di dalam resume kamu tidak perlu menyertakan pendapat pribadi mengenai isi jurnal sedangkan review wajib kamu menyertakan pendapat kamu mengenai isi jurnal tersebut.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai contoh resume dan review jurnal semoga apa yang tim kami sampaikan dapat bermanfaat dan membantu kamu yang sedang mencari informasi ini.

Artikel Menarik Lainnya: