Contoh Rumah Minimalis Modern

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Buat kamu yang sedang mencari contoh rumah minimalis modern dengan model dan bentuk sederhana namun selain keindahan juga memiliki fungsi, tentunya menjadi sebuah keinginan bagi kita yang memiliki cita – cita memiliki rumah sendiri.

Dan mungkin saja di artikel yang Media Mustakim buat ini bisa kamu jadikan salah satu referensi disaat kamu akan membuat rumah minimalis namun terkesan tidak ketinggalan model. Untuk itu yu lihat – lihat artikel nya hingga pada akhir pembahasan.

Rumah Minimalis Modern

Memiliki ciri khas unik untuk sebuah rumah tentunya harus di desain sedemikian rupa, apa lagi jika terbatas lahan dan biaya tentunya harus berfikir keras bagaimana cara membangun rumah cukup dengan budget dan keadaan lahan yang dimiliki.

Untuk solusinya tentu menggunakan konsep rumah minimalis modern. Seperti dikutip dari poltektegal.ac.id, rumah minimalis modern adalah gaya rumah yang menampilkan elemen seperlunya, sesimpel mungkin namun tetap elegan.

Ciri utama untuk rumah minimalis adalah kepolosan dengan tidak menambahkan profil, ornamen, serta unsur – unsur dekiratif maupun garis – garis lengkung. Dengan kata lain, rumah dengan gaya ini menampilkan sederhana namun tidak meninggalkan kesan modern.

Contoh Rumah Minimalis 1 Lantai

Contoh rumah minimalis yang pertama yaitu bentuk rumah dengan menggunakan 1 lantai saja dengan di desain secara minimalis. Rumah minimalis satu lantai ini memang tak perlu memiliki lahan yang luas karena didalamnya membuat ruangan dengan fungsi nya dan tidak besar.

Desain rumah minimalis ini bisa kamu buat dengan cukup memiliki ruang tamu, ruang keluarga, dua kamar tidur, ruang makan, dapur dan kamar mandi.

Contoh Rumah Minimalis 2 Lantai

Yang kedua untuk contoh rumah minimalis bisa kamu gunakan desain dengan membuat 2 lantai. Tentu jika kamu membuat rumah minimalis dengan menggunakan 2 lantai akan banyak ruangan yang bisa kamu manfaatkan sesuai dengan kebutuhannya dan fungsinya.

Dengan membangun rumah 2 lantai akan bisa menyimpan banyak barang – barang yang diperlukan. Agar rumah dapat didesain secara minimalis, maka pembagian ruang dalam setiap lantainya harus dilakukan dengan cepat.

Contoh Rumah Minimalis Pakai Kolam Renang

Untuk contoh rumah minimalis yang selanjutnya bisa kamu membangun kolam renang di sekitaran rumah, baik itu di depan belakang, atau samping. Tentunya bisa disesuaikan dengan keindahan dan kenyamanan rumah yang kamu bangun.

Dengan adanya kolam di sekitaran rumah minimalis tentunya akan menunjukan wahana dan rumah yang terlihat mewah serta elegan dipandang nya.

Contoh Rumah Minimalis Gunakan Pagar

Yang selanjutnya contoh rumah minimalis yang bisa kamu bangun tentunya dengan menggunakan pagar di depan rumah, namun menggunakan pagar tentunya harus menggunakan warna dan gaya yang senada dengan rumahnya.

Tentunya dengan adanya pagar rumah akan menambah keamanan dibalik keindahan. Dan tetap akan terlihat elegan.

Contoh Rumah Minimalis Tipe 21

Untuk kamu yang kan membangun rumah minimalis bisa kamu buat rumah minimalis tipe 21. Rumah minimalis tipe 21 adalah rumah dengan luas bangunan 21 meter persegi, misalnya 6 m x 3,5 m. Rumah minimalis tipe ini dapat dipadukan dengan tanah seluas 6 m x 10 = 60 m dan 6 m x 12 m = 72 m2.

Rumah minimalis tipe 21 mengutamakan biaya yang terjangkau dengan 1 kamar tidur, 1 ruang tamu, dan 1 kamar mandi sehingga cocok digunakan oleh pasangan muda.

Contoh Rumah Minimalis model Luar

Contoh rumah minimalis selanjutnya yaitu dengan mengikuti konsep gaya luar dan kamu bisa mengikuti seperti model rumah skandinavia. Gaya rumah skandinavia sering kali menjadi ide untuk yang ingin membuat rumah karena gaya yang menonjol konsepnya kesederhanaan.

Banyak sekali elemen yang digunakan untuk memperindah dan menambah estetika bentuk rumah yang dibangun dengan memikirkan keselarasan bentuk maupun warna.

Contoh Rumah Minimalis Modern Tipe 36

Contoh rumah minimalis modern selanjutnya menggunakan konsep rumah tipe 36. Rumah tipe 36 meter persegi, misalnya 6 x 6 meter. Adapun penggunaan lahan-nya dapat dipadukan dengan tanah seluas 60 m persegi maupun 72 m persegi sehingga disebut rumah tipe 36/60 atau 36/72.

Rumah tipe ini pada umumnya memiliki desain pada umumnya 2 kamar tidur, ruang tamu dan ruang keluarga serta 1 kamar mandi.

Prinsip Rumah Minimalis Modern

Tentunya membangun rumah minimalis modern bukan sembarang, pasti ada prinsip dasar yang menjadi gagasan dalam membangunnya. seperti kutipan dari detik.com prinsip rumah minimalis modern yang paling utama adalah form follow function atau bentuk mengikuti fungsi.

Dan aturan ini bertolak belakang dengan bangunan gaya klasik yang kaya akan ragam ornamen. Bentuk ruang yang dianggap paling fungsional dan efisien adalah bentuk – bentuk kotak atau persegi panjang.

Setiap elemen bangunan dalam gaya rumah ini benar – benar ditampilkan sesuai dengan fungsinya. Keindahan sebuah bangunan akan lahir sendiri dari kesederhanaan-nya atau disebut Less is more.

Karakteristik Rumah Minimalis Modern

Rumah minimalis tentunya memiliki karakter tersendiri. Seperti dikutip dari halaman detik.com rumah minimalis modern setidaknya memiliki empat karakteristik yang membedakan dengan model rumah pada umumnya, yang diantaranya;

  • Karakteristik rumah minimalis modern memiliki desain dan tata ruang yang sederhana
  • Karakteristik rumah minimalis modern menekankan fungsi dalam penggunaannya dekorasi dan furnitur, baik dari segi interior maupun eksterior
  • Karakteristik rumah minimalis memiliki pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik
  • Terakhir karakteristik rumah minimalis minim dekorasi agar hunian terlihat lebih panjang

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat Media Mustakim jelaskan mengenai contoh rumah minimalis modern. Semoga menjadi salah satu model yang bisa kamu gunakan saat kamu akan membeli atau membuat rumah.

Artikel Menarik Lainnya: