Contoh Sambutan Ketua KPPS yang Baik dan Benar

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang sekarang bertugas menjadi ketua dan anggota KPPS selamat bertugas ya. nah, bagi yang sedang mencari beberapa contoh sambutan ketua KPPS kamu bisa simak artikel ini.

Kita ketahui bahwa pelantikan ketua dan anggota KPPS sudah dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2024 dan ketua PPS tentunya telah membuat kelompok KPPS. Dan nanti ketua KPPS sebelum hari H kegiatan biasanya akan melakukan sambutan terlebih dahulu.

Tujuan Sambutan Ketua KPPS

Teks sambutan KPPS dalam acara pelantikan memiliki tujuan dan manfaat yaitu untuk memberikan pengantar dan pembukaan resmi pada acara pelantikan dan pembukaan resmi pada acara pelantikan.

Hal ini akan menciptakan suasana yang tepat dan menunjukan keseriusan dari pemilihan. Dan dalam kesempatan kali ini ketua KPPS terpilih akan menggunakan sambutannya untuk menyampaikan terima kasih kepada hadirin  yang telah hadir.

Dan sambutan ini berfungsi untuk menyampaikan komitmen dan tanggung jawab KPPS dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemilihan umum. Hal ini menciptakan kepercayaan masyarakat terhadap proses pemilihan yang akan dilaksanakan.

Ketua KPPS menggunakan sambutannya untuk mengajak kerjasa dan dukungan dari seluruh pihak yang terkait dan membimbing serta memotivasi semua pihak terlibat agar proses pemilihan dapat berjalan dengan sukses dan sesuai.

Contoh Sambutan Ketua KPPS

Berikut beberapa contoh sambutan ketua KPPS yang bisa menjadi rekomendasi kamu yang sedang mencarinya, yaitu:

1. Contoh Sambutan Ketua KPPS Satu

Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh

Salam sejahtera bagi kita semua, hadirin pelantikan KPPS pemilu 2024

Yang Saya hormati Bapak/Ibu jajaran PPS, yang saya hormati Ibu/Bapak Kepala Desa… yang saya hormati, juga hadirin pelantikan KPPS Pemilu tahun 2024 ini yang saya banggakan.

Alhamdulillah, mari kita ucapkan puji dan syukur kepad Allah AWT. Berkat rahmat dan nikmat-Nya kita sekarang dapat berkumpul di sini untuk menghadiri acara pelantikan ketua KPPS semoga nikmat sehat selalu menyertai kita semua.

Terimakasih Bapak/Ibu hadirin yang telah mempercayakan saya sebagai salah satu ketua KPPS tahun ini. dimana telah kita ketahui bahwa momen ini merupakan ajang demokrasi negara kita.

Oleh sebab itu, sekiranya kita harus berlaku transparan, adil serta jujur. Berhubungan dengan itu, saya yang dipercayakan tugas sebagai ketua harus mengingatkan agar pelaksanaan pemilu di TPS bisa berjalan lancar.

Hadirin sekalian, mari bersama-sama kita jadikan momen penting untuk menghadirkan pemilu yang berintegrasi serta profesional. Untuk itu, saya sebagai jajaran KPPS memberikan aksi nyata demi memberikan fasilitas pemilihan yang terbaik.

Selain membantu para pemilih, kami juga akan bertindak netral dalam penghitungan agar tak terjadi kesalahpahaman yang memecah integrasi kemudian melaporkan berita acara demi kebaikan kita semua.

Oleh sebab itu, kami memohon kepada seluruh hadirin serta para pemilih yang sekiranya hadir untuk bekerjasama dengan kami. Semoga kita semua diberikan kesabaran dan keikhlasan dalam menjalankan salah satu program demokrasi nanti.

Sekian yang dapat saya sampaikan. Jika ada kelebihan kata, saya ucapkan mohon maaf. Dan seandainya masih ada yang kurang mohon di maklumi.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

2. Contoh Sambutan Ketua KPPS Dua

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul di acara pelantikan KPPS tingkat desa ini.

Saya sebagai ketua KPPS dengan rendah hati ingin menyampaikan sambutan dalam kesempatan yang berharga ini.

Terlebih dahulu, izinkan saya sampaikan rasa terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh hadirin yang telah hadir dalam acara pelantikan ini. keberadaan kita di sini merupakan bukti nyata dukungan dan komitmen kita bersama.

Untuk melakukan tugas demokratis dalam sistem pemerintahan kita. Dan sebagai ketua KPPS, saya merasa terhormat dan bertanggung jawab atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kami untuk mengemban tugas penyelenggaraan pemilihan umum tingkat desa ini.

Kami menyadari bahwa tugas ini bukanlah perkara mudah, namun dengan semangat kebersamaan dan tanggung jawab yang tinggi, saya yakin kita dapat melaksanakan tugas ini dengan baik.

Pelaksanaan pemilihan umum tingkat desa/kelurahan memiliki peran yang sangat penting dalam memilih pemimpin yang akan mewakili kepentingan masyarakat. oleh karena itu, kami sebagai penyelenggara akan berkomitmen untuk menjalankan tugas dengan baik.

Kami juga mengajak seluruh pihak terutama para calon dan tim sukses, untuk bersama-sama menjaga suasana yang kondusif selama proses pemilihan berlangsung.

Selain itu, kami akan senantiasa berkoordinasi dengan pihak terkait seperti aparat keamanan, panitia pemilihan, dan semua pihak yang terlibat, guna memastikan bahwa setiap tahap pemilihan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya menyampaikan pesan agar kita semua dapat menjaga sportifitas dan sikap demokratis selama proses pemilihan berlangsung.

Terakhir, saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjadikan pemilihan umum ini sebagai momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan keberkahan dalam setiap langkah kita.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3. Contoh Sambutan Ketua KPPS Tiga

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT. Yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Sehingga dapat berkumpul di tempat ini dalam pelantikan KPPS.

Salah satu penyelenggaraan pemilu yang memiliki strategis adalah KPPS. Yaitu kelompok pemungutan suara di TPS pada hari pemilihan.

KPPS juga bertanggungjawab untuk mengawasi proses pemilu di TPS, menghitung suara, dan membuat berita acara hasil penghitungan suara. Oleh karena itu, KPPS perlu memiliki kompetensi, kapasitas, dan kemandirian tinggi.

KPPS harus mampu menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. KPPS harus netral, integritas dan kepercayaann publik. Maka dari itu saya sebagai ketua KPPS mengajak semua pihak terkait untuk bekerjasama.

Bekerjasama untuk sama-sama menyukseskan pemilu tahun 2024 ini. saya mengajak para pihak terkait untuk berkoordinasi dengan pihak terkait seperti aparat keamanan, panitia pemilihan, dan semua pihak yang terlibat.

Hal ini tentunya guna memastikan bahwa setiap tahap pemilihan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Semoga pemilu tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman. Dan damai dan semoga pemilu 2024 dapat mencerminkan aspirasi dan kehendak rakyat Indonesia di seluruh pelosok negeri ini.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya. Mohon maaf bila ada salah-salah kata dalam penyampaian sambutan ini dan itu mutlak kekurangan dari saya dan jika ada kelebihannya itu kuasa dari Tuhan yang Maha Kuasa.

Sekian dan terimakasih

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa contoh sambutan ketua KPPS yang bisa menjadi rekomendasi kamu yang ingin memberikan sambutan dan semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya.

Artikel Menarik Lainnya: