Contoh Toleransi Antar Umat Beragama

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Jika kamu sedang mencari contoh toleransi antar umat beragama maka akan sangat mudah kamu temukan karena toleransi antar umat beragama bisa kamu lihat pada sikap menghargai, menghormati, dan menerima perbedaan antara individu atau kelompok dalam keyakinan, pendapat dan kepercayaan.

Indonesia merupakan Negara yang sangat beragam, baik budaya, adat, suku, kepercayaan, agama dan lainnya. Namun tnggi-nya sikap toleransi di Indonesia menjadi bukti terbentuknya persatuan dan kesatuan Negara. Dan berikut ini kita bahas mengenai toleransi dan penjelasannya.

Pengertian Toleransi

Sebelum masuk pada pembahasan utama mengenai contoh toleransi antar umat beragama, Media Mustakim akan sedikit memberikan pengertian mengenai arti dari toleransi itu sendiri. yang di ambil dari penjelasan yang terpercaya.

Seperti menurut KBBI Toleransi adalah sikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan), pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakukan, dan sebagainya) yang berbeda dan atau yang bertentangan dengan pendirian.

Selain itu menurut ke MENDIKDAS Toleransi adalah merupakan sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

Contoh Toleransi Antar Umat Beragama di Sekolah

Setelah kamu memahami mengenai toleransi antar umat beragama maka berikut untuk yang mencerminkan sikap toleransi antar umat beragama ketika kamu sebagai seolah pelajar. Atau contoh sikap toleransi antar umat beragama di sekolah.

1. Tidak membeda Bedakan Teman

Contoh sikap yang pertama yang mencerminkan sikap toleransi antar umat beragama di sekolah yaitu tidak membeda – bedakan teman yang berbeda agama dengan kita. Namun tetap rukun dan menjalin hubungan yang baik dengan kita tanpa melihat latar belakang agamanya.

2. Tidak Melakukan Perundungan (Bully)

Contoh yang kedua yaitu tidak melakukan perundungan (Bully) kepada teman yang berbeda agama. Dan memang perundungan merupakan perbuatan yang tercela. Dan perundungan dilarang bukan hanya untuk yang berbeda agama, sesama agama pun sangat dilarang.

3. Saling Membantu Meski Berbeda Keyakinan

Contoh yang ketiga saling membantu meski berbeda keyakinan dalam Agama. Karena tidak sedikit masalah yang muncul hanya karena berbeda keyakinan beragama. Sehingga mengucilkan teman yang berbeda agama dengan kita.

Namun dengan memahami toleransi maka meski teman kita berbeda agama maka tetap kita harus membantu teman jika dalam keadaan membutuhkan bantuan.

4. Menghargai dan Menghormati Teman Meski Beda Keyakinan

Contoh terakhir yang mencerminkan sikap toleransi antar umat beragama di sekolah yaitu menghargai dan menghormati teman yang berbeda keyakinan. Seperti cara berdoa, melakukan ibadah dan sebagainya. Hal ini tentu kita harus bisa menghargai dan menghormati kebiasaan atas perbedaannya.

Contoh Toleransi Antar Umat Beragama di Lingkungan Masyarakat

Contoh yang kedua mengenai sikap toleransi antar di lingkungan Masyarakat, media Mustakim memberikan 4 Contoh terhadap toleransi umat beragama untuk lingkungan Masyarakat. Dan berikut ini contoh – contohnya

1. Membiarkan Melakukan Ibadah Sesuai Keyakinan Dengan Aman

Contoh yang pertama yaitu dapa menghormati kepada umat yang berbeda agama disaat melakukan ibadah yang sesuai dengan keyakinan nya masing masing. Dan buat mereka nyaman dalam melakukan ibadahnya jangan sampai kita mengganggunya.

Menghargai bisa berupa tidak mengajak yang berbeda waktu ibadah untuk bergabung, tidak melakukan usil saat berlangsungnya ibadah yang dilakukan oleh orang yang berbeda agama, dan membuat nyaman baik dilingkungan atau saat melakukan ibadah.

2. Tidak Memaksa Orang Lain berpindah Kayakinan

Contoh yang kedua yang mencerminkan sikap toleransi antar umat beragama yaitu tidak memaksa orang lain yang berbeda keyakinan dengan kita. Atau membiarkan mereka melakukan ibadahnya sesuai dengan apa yang diyakininya. Dan dapat menghargai perbedaan antara kita dan mereka.

3. Tidak melakukan Diskriminasi Dengan Orang yang Berkeyakinan Minoritas

Contoh yang ketiga sikap yang mencerminkan toleransi antar umat beragama yaitu tidak melakukan diskriminasi terhadap umat yang berbeda agama namun masih minoritas.Namun bisa membuat suasana aman dan nyaman meski mereka memiliki keyakinan minoritas.

4. Menghormati Keyakinannya

Contoh yang terakhir sikap yang mencerminkan toleransi antar umat beragama yaitu dengan cara menghormati atas apa yang diyakininya masing – masing. Dan membiarkan mereka melakukan peran kebaikan sesuai dengan keyakinannya.

Selanjutnya tidak menyakiti perasaan mereka yang berbeda terhadap keyakinan-nya.

Contoh Toleransi Antar Umat Beragama di Indonesia

Terakhir contoh sikap toleransi yang tercermin di Indonesia mengenai toleransi antar umat beragama memang sungguh banyak, dan mirip dengan toleransi yang dilakukan di lingkungan masyarakat. Namun mengenai contohnya sebagai berikut ini;

1. Tidak Memandang Rendah dan Menyalahkan Agama Yang Berbeda

Contoh yang pertama cerminan dari sikap toleransi antar umat beragama tidak pernah memandang rendah dan menyalahkan hanya karena perbedaan dalam agama, dengan menghindari mulai dari sikap, komentar, dan lain sebagainya yang dapat memecah belah persatuan.

2. Melaksanakan Ajaran Agama Dengan Baik

Contoh sikap yang kedua yang mencerminkan sikap toleransi antar umat beragama yaitu melakukan ibadah dengan baik sesuai dengan keyakinan nya masing masing. Jika kamu seorang muslim maka lakukan ibadah sesuai dengan ajarannya, dan jika kamu menganut agama Kristen maka lakukan sesuai ajaran yang baik dan seterusnya.

3. Menghormati Agama Yang di Yakini Oleh Orang Lain

Contoh toleransi antar umat beragama selanjutnya yaitu menghormati agama yang diyakininya oleh orang lain. Ketika bertemu dengan orang yang percaya dengan keyakinan yang berbeda dengan mu maka jangan langsung kamu menghardik mereka.

Hormati bahwa ada alasan mengapa mereka percaya dalam menganut agamanya tersebut. Apalagi jika kamu mengganggu atau merusak peribadahan mereka, meremehkan hingga menghina simbol agama mereka, tapi yang harus kamu lakukan yaitu menghormati mereka.

4. Tidak Memaksakan Keyakinan Agama

Contoh cerminan sikap toleransi antar umat beragama terakhir yaitu tidak memaksa keyakinan agama yang mereka anut karena adanya perbedaan agama. Karena sudah jelas berbeda agama tentunya adany perbedaan pandangan yang dianut oleh masing masing.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai contoh toleransi antar umat beragama yang bisa Media Mustakim sampaikan. Dari penjelasan tersebut poin – poin penting yang dapat disimpulkan yaitu sebagai berikut ini;

  • Toleransi Beragama adalah sikap saling menghargai antar umat beragama
  • Contoh sikap toleransi antar umat beragama dapat di tunjukkan di
    • Lingkungan sekolah
    • Lingkungan Masyarakat
    • Dan di Negara tercinta Indonesia

Semoga pembahasan yang kami sampaikan bermanfaat untuk kamu semua dan akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: